FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 35 Menit 16 Detik 

Mengenal Python, Pemrograman Favorit Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 28-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b9ab7fef67d71bedce88adae6a0aaf65_x_Thumbnail800.jpg

Sebagai salah satu bahasa yang sering digunakan oleh data scientist, python merupakan salah satu skill teknis yang wajib kamu miliki. Python juga dikenal sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi yang powerfull bagi para programmer yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk pengembangan website, Internet of Things, game hingga data science.


Itu alasan yang mendasari mengapa python memiliki penggemar fanatik. Jadi, tidak ada alasan bagi kamu meskipun masih tergolong pemula untuk mulai belajar python. Karena saat ini kamu berada di artikel yang tepat untuk kamu yang ingin belajar python gratis pula. 


Untuk mulai mempelajari segala sesuatu adalah dari fundamental atau konsep dasarnya, begitu pula jika kamu ingin belajar python. DQLab menyediakan modul python fundamental hingga advanced untuk data science. Dimana dalam modul tersebut kamu akan mempelajari mulai dari dasar-dasar python, struktur bahasa pemrograman python, perulangan, function hingga modul atau package yang sering digunakan untuk visualisasi data atau untuk membuat pemodelan machine learning, secara bertahap. 


Semua itu bisa kamu dapatkan sekaligus dalam kelas persiapan dan kelas penerapan industri DQLab, tak hanya materi-materi berkualitas tapi kamu juga dapat merasakan kumpulan mini project yang semakin mengasah skill kamu. Penasaran? Tapi sebelum itu, simak artikel ini sampai selesai ya!


1. Sekilas Tentang Python

data scientist

Untuk belajar python dasar kamu bisa menikmati free modul DQLab yaitu Modul introduction to data science with python ini bisa dibilang sangat bersahabat untuk dipelajari oleh pemula. Kamu akan menerima materi-materi fundamental bahkan sebelum mulai ngoding kamu juga akan dikenalkan tentang bahasa pemrograman python. 


Dengan menerapkan narasi yang mudah dipahami dan komunikatif, rasanya akan membantu kamu dalam memahami materi-materi yang akan disuguhkan nantinya. 


Di materi pertama kamu akan dikenalkan tentang python yang merupakan bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general purpose programming dan termasuk dalam kategori high level programming language yang berbasis object dan fungsional.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Tipe Data Python

data scientist

Tipe data merupakan suatu media atau memori pada komputer untuk menampung sebuah informasi. Secara khusus, tipe data merupakan format data storage yang dapat mengandung jenis atau rentang nilai tertentu. Saat program komputer menyimpan data dalam bentuk variabel, setiap variabel harus diterapkan tipe data tertentu. 


Tiap bahasa pemrograman memiliki tipe data yang memiliki fungsi masing-masing, python sendiri memiliki tipe data yang cukup unik bila dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain. Berikut adalah tipe data dari bahasa pemrograman tertentu:


3. Struktur Syntax Python

data scientist

Modul intrudoction DQLab ini sangat bersahabat untuk pemula, karena sebelum kamu mulai untuk ngoding kamu akan diperkenalkan terlebih dahulu dengan struktur sintaks dalam python itu seperti apa. 


Adapun struktur sintaks dalam python adalah sebagai berikut: 

  • Statements yaitu, suatu instruksi yang diberikan secara baris per baris

  • Variabels yaitu, digunakan untuk menampung atau bertindah sebagai wadah untuk data atau informasi yang kamu miliki

  • Literals yaitu, suatu simbol yang dapat kamu gunakan untuk mengisi suatu variabel

  • Operators yaitu, simbol yang digunakan untuk mengubah nilai suatu variabel dengan menggunakan satu atau lebih variabel dan literal

  • Reseverd word yaitu, kumpulan kata yang memiliki makna khusus, seperti true, false for, dan return.

  • Whitespace, yang mana dalam python spasi dan tab memiliki arti yang bisa mempengaruhi program dan bisa juga disebut sebagai indentasi, dan 

  • Comments, yang merupakan sekumpulan teks yang tidak mempengarhui hasil sebuah program. Jangan khawatir, kamu tidak perlu menghafal semua itu karena semua ada di dokumentasi python.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Library Python

data scientist

Sama seperti istilahnya yaitu library yang artinya perpustakaan, python juga memiliki library yang menyimpan sekumpulan kode-kode yang dapat digunakan dalam sebuah program yang akan kamu buat. Library juga bisa berisi dokumentasi, data konfigurasi, template pesan, kelas, nilai dan sebagainya. 


Dalam bidang data science, ada salah satu library yang cukup populer, yakni library python. Library python sangat memainkan peran yang sangat vital dalam hal machine learning, data science, visualisasi data, hingga aplikasi manipulasi gambar dan data. Saat ini, terdapat sekitar lebih dari 137.000 library python yang mengeliminasi kebutuhan untuk menulis kode dari awal.


Segera asah kemampuan Data Scientist kamu sekarang! Jangan khawatir yuk, bergabung bersama DQLab dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science onlinedi DQLab  waktu belajar kamu akan lebih fleksibel dan tentunya dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Kamu bisa mulai dengan free modul DQLab yang bertajuk Introduction to Data Science with Python and R dan dapatkan free sertifikat. Caranya mudah banget, cukup buat akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS.

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :