Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Mengenal Rumus Excel Dasar Yang Sering Digunakan Saat Mengolah Data

Belajar Data Science di Rumah 22-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ea31c782f035aac60299329938228991_x_Thumbnail800.png

Sebelum mengenal rumus excel dasar, baiknya mengenal tentang excel. Microsoft Excel adalah tools dalam bentuk spreadsheet yang digunakan untuk mengolah angka. Excel termasuk dalam package Microsoft Office seperti Word, Power Point, dan lainnya dengan fungsi unggulannya masing-masing. 


Excel biasanya digunakan untuk mengolah data numerik. Excel banyak digunakan karena mudah dipelajari dan dipahami. Fungsi-fungsi yang disediakan Excel mendukung tugas tersebut. Pada Excel juga tersedia rumus-rumus yang membantu proses komputasi. Yuk, simak pembahasannya dibawah ini mengenai rumus-rumus dasar pada Excel yang sering digunakan.


1. Rumus Dasar Excel

Rumus dasar di Excel digunakan untuk melakukan perhitungan-perhitungan dasar seperti mencari rerata, jumlah data, dan sebagainya. Dalam Excel terdapat kolom untuk menuliskan rumus tersebut. Adapun fungsi yang digunakan yaitu SUM untuk menghitung total nilai, AVERAGE untuk menghitung rata-rata nilai, MIN untuk mencari nilai terkecil, MAX untuk mencari nilai terbesar, dan COUNT untuk menghitung banyaknya nilai pada suatu range data. 

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Perhitungan Logika Dengan Excel

Selain perhitungan dasar, dengan Excel juga bisa melakukan perhitungan logika. Perhitungan logika merupakan proses perhitungan berdasarkan pada kondisi tertentu yang dibuat. Dalam Excel disediakan fungsi IF untuk mendukung proses ini. Format yang dapat dituliskan yaitu IF(tes_logika, nilai_if_true, nilai_if_false). Penggunaan fungsi IF juga dapat didampingi dengan fungsi pembanding seperti = (sama dengan), < (kurang dari), > (lebih dari), <= (lebih kecil sama dengan), >= (lebih besar sama dengan), dan <> (tidak sama dengan). Nilai_if_true akan dijalankan jika logika benar sedangkan nilai_if_false akan dijalankan jika logika salah.


3. Fungsi Khusus Pada Excel

Selain fungsi yang sudah dibahas sebelumnya, pada Excel juga terdapat fungsi khusus untuk melihat data secara vertikal dan horizontal (lookup function). Fungsi yang disediakan ada HLOOKUP untuk melihat data secara vertikal dan VLOOKUP untuk melihat data secara horizontal. HLOOKUP mengambil data dari suatu array dimana range data ada di baris pertama. VLOOKUP mengambil data dari suatu array dimana range data ada di kolom pertama. 

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!