Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Mengenal Rumus IF Excel dan Fungsinya di Dunia Kerja

Belajar Data Science di Rumah 25-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a931e5358ceb339b55803f632eeb9367_x_Thumbnail800.png

Sebagai salah satu software yang memiliki peran penting dalam dunia kerja, Excel menjadi aplikasi favorit bagi praktisi data. Excel memiliki berbagai kegunaan didalamnya, seperti mengolah, menganalisis, meringkas data, melakukan perhitungan seperti aritmatika ataupun matematika, membuat catatan keuangan dan anggaran serta fungsi lainnya. 


Memiliki berbagai kegunaan, Excel juga menjadi software yang tidak lepas dari rumus yang membantu mempermudah proses pengoperasiannya. Salah satu rumus populer Excel adalah IF. Rumus IF sering digunakan dan menjadi salah satu rumus dasar yang wajib sahabat data pahami, khususnya untuk dunia kerja nantinya.


Kali ini, DQLab akan mengajak kamu untuk memahami Rumus IF pada Microsoft Excel serta pentingnya rumus tersebut di dunia kerja. Yuk pahami dan pelajari penjelasan dibawah ini!



1. Berkenalan Dengan Rumus IF Excel

Excel merupakan software dari Microsoft yang bisa membantu kamu untuk mengolah data secara otomatis, dari mulai data yang menggunakan perhitungan dasar sampai penggunaan fungsi yang lebih kompleks. 


Saat menggunakan Excel, ada berbagai rumus yang wajib kamu kuasai untuk membantu pekerjaanmu. Salah satunya adalah Rumus IF. Rumus ini termasuk dalam kategori fungsi logika (logical function) pada Excel dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Pada umumnya, Rumus IF digunakan untuk melakukan pengecekan, membandingkan hingga menentukan pilihan ketika suatu kondisi telah terpenuhi. Singkatnya, rumus satu ini digunakan untuk mengecek suatu kondisi data.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi Rumus IF

Pada umumnya, Rumus IF digunakan untuk melakukan pengecekan, membandingkan hingga menentukan pilihan ketika suatu kondisi telah terpenuhi. Dengan menggunakan rumus IF, kamu bisa membuat perbandingan logis tersebut dengan melakukan uji terhadap suatu kondisi. Jika kondisi tersebut terpenuhi akan memberikan hasil berupa True (Benar) dan jika tidak terpenuhi akan memberikan hasil False (Salah).


Sahabat data dapat melakukan perhitungan dan pengolahan data secara lebih mudah dengan menguasai rumus IF.


3. Formula Umum yang Digunakan

Rumus IF digunakan ke dalam berbagai kondisi seperti tunggal dan ganda. IF tunggal memiliki kegunaan untuk membandingkan nilai pada satu kondisi saja atau satu logical test. Formula yang digunakan =IF(logical_test, [value_if_true], [value_if_false])


IF ganda atau yang dikenal sebagai Nested IF Function adalah kondisi dimana fungsi rumus tersebut dimasukkan ke dalam fungsi IF yang lain. Argumen yang digunakan pada IF ganda adalah KondisiTerpenuhi dan KondisiTidakTerpenuhi atau bisa pada kedua kondisi sekaligus., Formula yang digunakan saat menggunakan rumus ini adalah: 


IF(logical_test1;kondisi_benar1;(IF(logical_test2; kondisi_benar2; kondisi_salah2))


Selain tunggal dan ganda, Rumus IF bisa digunakan hingga puluhan tingkat atau cabang loh sahabat data!. Saat menggunakan Rumus IF bertingkat, fungsi IF Excel akan bekerja sebagai argumen dari rumus IF lainnya. Dapat dikatakan fungsi IF ini memberikan kondisi atau logical test lebih dari satu. Formula yang digunakan pada IF bertingkat akan disesuaikan dengan argumen yang kamu gunakan. 


Kegunaan dari rumus IF bertingkat pada Excel adalah sangat berguna untuk membantu kamu dalam membuat sebuah rumus dalam mencari nilai berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah diberikan.



4. Pentingnya Rumus IF di Dunia Kerja

Seperti penjelasan fungsi Rumus IF sebelumnya, dunia kerja khususnya praktisi di bidang data, sangat perlu untuk menguasai Excel dalam melakukan pekerjaan mereka.  Beberapa hal penting yang dapat dilakukan dengan menguasai rumus IF adalah mempercepat pengolahan data perusahaan dan  alat pembuatan laporan dalam bentuk sederhana hingga kompleks. Dengan menggunakan rumus IF, kamu dapat melakukan perhitungan dan pengolahan data secara lebih mudah. Hal tersebut yang menyebabkan rumus IF ini menjadi salah satu rumus populer dan sering digunakan di Microsoft Excel.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Belajar Data Science Bersama DQLab!

Yuk belajar Data Science secara fun, aplikatif, dan praktis bersama DQLab. Caranya gampang tinggal sign up di DQLab.id dan nikmati berbagai modul gratis untuk kamu pelajari. 


Kamu bisa langsung akses module “Introduction to Data Science” atau “Introduction Data Science With Python or R” kemudian menyelesaikan module tersebut untuk mendapatkan sertifikat GRATIS serta reward yang tentunya sangat menarik dari DQLab


Bersama DQLab siapa saja bisa belajar data!


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!