JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 10 Jam 36 Menit 49 Detik

Mengenal Statistik: Senjata Rahasia Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 01-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-03-2023-09-30-115447_x_Thumbnail800.jpg

Apakah kalian pernah mendengar kata "statistik" sebelumnya? Statistik sebenarnya adalah salah satu alat paling kuat yang digunakan oleh Data Analyst. Statistik merupakan tools untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat bagi suatu pihak. Dengan metode statistik yang benar, maka insight yang dihasilkan akan optimal.


Kata statistik diartikan sebagai nilai numerik yang dapat menggambarkan properti tertentu dari kumpulan data. Metode statistik berguna untuk mendapatkan parameter yang digunakan dalam sebuah analisis. Metode ini banyak digunakan oleh Data Analyst untuk mengolah data.


Tapi jangan khawatir, dalam artikel ini, DQLab akan membahas konsep statistik dengan bahasa yang mudah dipahami. Mari kita mulai perjalanan mengenal "Statistik untuk Data Analyst."


1. Pengertian Dasar Statistik

Statistik adalah cara untuk mengumpulkan, mengorganisir, menganalisis, dan memahami data. Dalam dunia Data Analyst, statistik membantu kita menjawab pertanyaan-pertanyaan penting seperti, "Apa yang bisa kita pelajari dari data ini?" atau "Bagaimana kita bisa membuat keputusan berdasarkan data ini?" Dengan kata lain, statistik membantu kita menggali wawasan dari data dan membuat keputusan yang lebih baik.


Statistik dibagi menjadi dua jenis utama: statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk merangkum dan menggambarkan data, seperti menghitung rata-rata atau membuat grafik.


Sementara statistik inferensial digunakan untuk membuat prediksi atau kesimpulan berdasarkan data yang telah kita amati. Dengan menggunakan kedua jenis statistik ini, seorang Data Analyst dapat mengeksplorasi data dengan lebih mendalam.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Rata-Rata, Median, dan Modus: Pengukuran Pusat

Salah satu konsep statistik dasar adalah pengukuran pusat data, yang mencakup rata-rata, median, dan modus. Rata-rata adalah nilai tengah dari sekelompok data, sementara median adalah nilai tengah ketika data diurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar. Modus adalah nilai yang paling sering muncul dalam data.


Misalnya, jika kita memiliki data berikut: 2, 3, 5, 5, 7, 9, 10, maka rata-ratanya adalah 6, median adalah 6, dan modusnya adalah 5. Konsep-konsep ini membantu kita memahami sebaran data dan karakteristiknya.


3. Deviasi Standar: Pengukuran Variabilitas

Data Analyst

Deviasi standar adalah alat statistik yang digunakan untuk mengukur sejauh mana data tersebar dari rata-ratanya. Semakin besar deviasi standar, semakin besar variabilitas dalam data. Ini membantu Data Analyst untuk memahami apakah data sangat bervariasi atau relatif stabil. Deviasi standar sangat berguna dalam mengukur risiko dan ketidakpastian dalam analisis data.


4. Distribusi Normal: Pola Klasik dalam Data

Data Analyst

Distribusi normal, juga dikenal sebagai kurva lonceng, adalah pola yang seringkali ditemui dalam data. Ini memiliki bentuk simetris dengan nilai tengah yang sama dengan rata-ratanya.


Data yang mengikuti distribusi normal dapat memudahkan analisis statistik, dan banyak teknik statistik didasarkan pada asumsi bahwa data berdistribusi normal.


5. Uji Hipotesis: Membuat Kesimpulan Statistik

Data Analyst


Uji hipotesis adalah teknik statistik yang digunakan untuk menguji apakah perbedaan dalam data itu signifikan atau hanya kebetulan. Seorang Data Analyst dapat menggunakan uji hipotesis untuk membuat kesimpulan berdasarkan data yang mereka miliki.


Misalnya, apakah ada perbedaan yang signifikan antara dua kelompok data? Uji hipotesis membantu kita menjawab pertanyaan semacam ini.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Jadi, teman-teman, sekarang kalian tahu bahwa statistik adalah senjata rahasia yang digunakan oleh Data Analyst untuk memahami data dan membuat keputusan yang cerdas. Jangan takut untuk mempelajari lebih lanjut tentang statistik, karena ini adalah alat yang sangat berguna dalam dunia analisis data.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login