GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 15 Menit 23 Detik 

Mengenal Teknik Analisis Data Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 26-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/252da557895ecb87d03409ce0a0e30de_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data deskriptif kualitatif adalah salah satu teknik atau metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang lebih menekankan pada pengamatan fenomena dan memerlukan insting yang tajam dari peneliti. Penelitian kualitatif biasanya memposisikan manusia sebagai alat penelitian dengan melakukan analisis data secara induktif dan lebih mementingkan proses daripada hasil penelitian. Disini metode deskriptif digunakan jika penelitian yang dilakukan berkaitan dengan peristiwa-peristiwa yang sedang berlangsung dan berkenaan dengan kondisi masa sekarang.

Teknik analisis data deskriptif dapat digunakan pada penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif. Walaupun dapat digunakan pada kedua jenis penelitian tersebut namun cara penerapannya pun tetap berbeda karena jenis datanya sudah beda dan tidak bisa jika diperlakukan dengan cara analisis yang sama. Sebagai contoh, pada penelitian kuantitatif analisis data deskriptif biasanya menggunakan statistika deskriptif sehingga dapat menampilkan nilai mean, modus, median, maksimum, minimum, dan lain-lain. Sedangkan pada penelitian kualitatif teknik analisis data deskriptif yang diterapkan adalah menganalisis, menggambar dan meringkas berbagai kondisi. Kali ini, DQLab akan membahas mengenai bagaimana sih cara kerja teknik analisis data dalam penelitian kualitatif khususnya dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Yuk, simak pembahasannya dibawah ini!


1. Analisis Data Deskriptif

Teknik Analisis Data

Pada penelitian kualitatif rumusan masalah biasanya diambil dari studi kasus yang akan diteliti. Terdapat beberapa teknik pengumpulan data kualitatif antara lain melalui wawancara, kuesioner atau pengamatan secara langsung. Teknik analisis data deskriptif pada penelitian kualitatif ini berupa proses menganalisis, menggambarkan dan meringkas kejadian atau fenomena dari data yang diperoleh melalui proses wawancara maupun pengamatan langsung ke lapangan. Data biasanya disajikan dalam bentuk grafik atau tabel. Adapun tujuan dari analisis deskriptif kualitatif adalah untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam mengenai kejadian berbagai fenomena yang diteliti.


Baca juga : Cara Implementasi Teknik Analisis Data dalam Pengambilan Keputusan


2. Data Kualitatif

Contoh Data Kuantitatif

Contoh Data Kualitatif

Tinggi Badan

Rating Kepuasan

Berat Badan

Jenis Kelamin

Durasi Lampu Lalu Lintas

Lulus atau Gagal

Usia

Warta Mata

Jarak Planet

Transkrip Wawancara

Harga Barang

Kategori Hewan

Temperatur

Deskripsi Temperatur (Panas dan Dingin)


Data adalah poin penting dalam penelitian yang berisikan informasi berupa gambaran kejadian yang diteliti. Data terdiri dari dua jenis yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif merupakan data yang disajikan dalam bentuk verbal seperti lisan atau kata-kata bukan dalam bentuk angka sehingga tidak dapat dihitung secara langsung. Data kualitatif bertujuan untuk menjelaskan secara detail mengenai kualitas yang terukur pada objek tertentu atau penelitian yang berkaitan dengan hubungan sebab-akibat, dan lain-lain. Data kualitatif disebut juga sebagai data kategorikal dimana dapat disusun secara kategoris berdasarkan sifat atau atribut dari suatu hal. Contoh penelitian kualitatif adalah penelitian yang berisi mengetahui kualitas pelayanan kesehatan terhadap jumlah pengunjung dan kesehatan warga sekitar.


3. Karakteristik Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan berdasarkan latar belakang alamiah dengan instrumennya adalah manusia baik penelitian sendiri atau dengan bantuan orang lain. Pada penelitian kualitatif peneliti diberi kesempatan untuk menyampaikan ide pikirannya dengan tetap berdasar pada teori tertentu. Karakteristik dari penelitian kualitatif antara lain memiliki latar ilmiah dengan sumber data yang langsung kepada objek penelitian, batasan penelitian berupa fokus studi, menggunakan kriteria khusus untuk ukuran keabsahan data, cara analisis data dilakukan secara induktif, serta mengumpulkan data selain angka berupa data deskriptif seperti kata-kata atau gambar.


4. Teknik Pengumpulan Data Kualitatif

Qualitative Data

Sesuai dengan jenis penelitiannya, penelitian kualitatif tentunya menggunakan data kualitatif. Data kualitatif dapat diperoleh melalui beberapa teknik pengumpulan data antara lain seperti wawancara, yaitu dengan cara tanya jawab langsung oleh peneliti kepada narasumber. Kemudian teknik kedua adalah dengan cara observasi, yaitu dengan cara melakukan pengamatan langsung terhadap objek penelitian. Teknik lainnya adalah dengan dokumentasi, teknik ini dapat digunakan sebagai pelengkap dari teknik wawancara dan observasi.


Baca Juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Yuk, Belajar Teknik Analisis Data di DQLab!

Teknik analisis data merupakan salah satu skill yang harus dikuasai saat ini, terutama bagi para praktisi data maupun akademis dan peneliti. Dengan menguasai teknik analisis data tentunya hasil analisis data akan lebih valid. Dasar-dasar dari teknik analisis data tentunya dapat kita pelajari di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Cara bergabung dengan DQLab cukup mudah loh, kamu bisa langsung saja sign up di DQLab.id dan nikmati semua modul gratisnya!


Penulis : Salsabila MR

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!