Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Mengetahui Day to Day Data Warehouse Engineer

Belajar Data Science di Rumah 16-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-04-2023-06-16-165520_x_Thumbnail800.jpg

Data engineer merupakan profesi yang kian diminati dalam ranah industri data. Banyak spesialisasi karir yang bisa dipilih bagi kamu yang berminat untuk menjadi seorang data engineer. Salah satu karir yang bisa kamu masuki adalah data warehouse engineer yang masih satu kerabat dengan data engineer. 


Pada dasarnya, data warehouse adalah suatu sistem yang mengelola data untuk mendukung aktivitas business intelligence khususnya analitik. Fungsi utama data warehouse yaitu untuk melakukan kueri dan analisis pada data historis dalam jumlah besar. Data yang ada di warehouse diekstraksi dari berbagai sumber seperti file log aplikasi dan aplikasi transaksi.


Tujuan dari data warehouse adalah untuk memusatkan dan mengkonsolidasikan data dalam jumlah besar dari berbagai sumber. Kemampuan analisis data warehouse memungkinkan organisasi untuk mengekstrak wawasan bisnis yang berharga dari data bisnis untuk meningkatkan pengambilan keputusan. 


Lalu, apa saja day to day jobdesc dari data warehouse Engineer. Yuk, simak penjelasan berikut!


1. Data Warehouse Engineer

Data Warehouse Engineer merupakan salah satu profesi yang bertugas untuk membangun arsitektur data warehouse, desain dan implementasi dari data warehouse environment termasuk desain dan administrasi database, proses ETL (Extract, Transform, Load) untuk mengekstraksi data dari sumber seperti database OLTP atau sistem operasional ke dalam lingkungan Data Warehouse, membuat paket ETL dengan alat seperti Informatica PowerCenter atau Talend; merancang desain OLAP cube dengan alat seperti IBM Cognos TMI atau Oracle Essbase; mengelola metadata.


data engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Peran & Tanggung Jawabnya 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tanggung jawab dari seorang data warehouse engineer:

data engineer

  • Mereka bertanggung jawab untuk merancang model data dan mendefinisikan model logis dan fisik

  • Mereka juga mengembangkan dan membuat jadwal untuk data warehouse yang baru

  • Mereka terlibat dalam merancang, mengembangkan, dan memelihara data warehouse dari arsitektur analitik untuk memenuhi analisis bisnis dan kebutuhan pelaporan suatu perusahaan


3. Skill Data Warehouse Engineer

Untuk menjadi seorang data warehouse engineer yang handal dan mumpuni, beberapa skill pastinya patut untuk kamu kuasai. Berikut adalah daftar dari skill yang harus dimiliki oleh Data Warehouse Engineer:

  • SQL: Seorang Data Warehouse Engineer menggunakan SQL untuk membuat dan memelihara data warehouse yang merupakan basis data besar yang menyimpan informasi dari berbagai sumber, mereka juga menggunakan SQL untuk meminta data dari warehouse yang ada ini.


data engineer

  • ETL: Tools ETL biasanya diperlukan untuk mengekstrak data dari berbagai sumber seperti flat files, basis data relasional, file XML, dan layanan web. ETL telah dirancang untuk menyederhanakan proses pemindahan data dari satu sistem ke sistem lainnya. Data Warehouse Engineer bertanggung jawab untuk merancang dan memelihara data warehouse yang menyimpan informasi tentang operasi bisnis dan organisasi.


  • Python: bahasa yang sangat cocok untuk melakukan analisis data, perselisihan data, dan visualisasi data. Hal ini digunakan oleh data warehouse engineer untuk mengotomatiskan tugas. Python memiliki banyak keunggulan dibandingkan bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Ruby, atau C++ di bidang Data Warehouse karena dapat digunakan untuk menulis script yang terlibat dalam proses membangun data warehouse.


  • Relational Cloud Database: Relational cloud database adalah salah satu jenis data warehouse yang dikenal sebagai cloud-native. Basis data cloud relasional untuk developer dan engineer dapat digunakan dalam menyimpan, mengelola, dan menganalisis data dalam jumlah besar.


    Basis data cloud digunakan untuk developer data warehouse dalam menyediakan solusi End-to-End yang memungkinkan suatu organisasi untuk menyimpan, mengelola, dan menganalisis data terstruktur maupun atau tidak terstruktur baik dalam jumlah besar dari sumber apa pun pada skala apa pun. Beberapa database cloud contohnya Snowflake, Amazon Redshift, dan BigQuery.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


4. Cara Menjadi Data Warehouse Engineer

Apabila kamu ingin menjadi seorang data warehouse engineer, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengantongi sertifikasi maupun membuat resume untuk memperlihatkan kemampuan dan skill yang kamu miliki. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa skill-skill yang berkaitan dengan data warehouse akan sangat membantu meraih karir dalam bidang data warehouse engineer. 


Disini kamu bisa mengambil sertifikasi basis data seperti Oracle atau Microsoft SQL Server bisa jadi sangat berguna. Memiliki sertifikasi tentunya sangat penting dan menjadi nilai tambah kandidat untuk rekruter saat sesi interview

data engineer


Jadi bagaimana sahabat DQLab? kalian sudah mendapatkan gambaran tugas dan job description dari Data Warehouse Engineer? Nah, kalian bisa banget loh buat curi start menjadi seorang data engineer handal dengan belajar bersama DQLab


DQLab sendiri merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT & mengutamakan pembelajaran praktik langsung yang dapat diterapkan di dunia nyata. 


Kapan lagi kan belajar sambil chat bareng layaknya platform ChatGPT? Dijamin bakalan seru abis. Yuk, langsung aja belajar bareng di DQLab! 

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login