3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 4 Jam 2 Menit 43 Detik

Menggali Skill Data Engineer di Era Big Data 2024

Belajar Data Science di Rumah 02-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-04-2024-02-03-092440_x_Thumbnail800.jpg

Dalam kisaran evolusi teknologi saat ini, data tidak hanya menjadi komoditas, melainkan juga kekuatan pendorong di balik pengambilan keputusan strategis. Dan di tengah gemuruh data ini, peran seorang Data Engineer menjadi sangat signifikan dalam memastikan data tersebut dapat diakses, diproses, dan diinterpretasikan dengan efisien.


Data Engineer tidak hanya mengelola data, mereka merangkai fondasi teknologi untuk memastikan kelancaran aliran data dari berbagai sumber ke sistem yang dapat diolah. Dengan berbagai macam keterampilan yang dibutuhkan, skill Data Engineer memiliki peran penting dalam menciptakan dan mempertahankan arsitektur data yang kokoh.


Artikel ini bertujuan untuk membahas peran krusial seorang Data Engineer dan bagaimana pemahaman mendalam tentang teknologi Big Data menjadi pondasi utama dalam mengembangkan skill yang sangat dicari di dunia data science, khususnya di tahun 2024.


Mari kita telaah bagaimana penerapan teknologi Big Data memengaruhi skill Data Engineer dan mengapa keterampilan ini menjadi begitu dicari di tengah arus besar revolusi data.


1. Pentingnya Pemahaman Big Data

Dalam dunia data engineering, pemahaman tentang teknologi Big Data bukanlah sekadar nilai tambah, tetapi menjadi suatu keharusan. Hadoop, sebagai framework penyimpanan dan pemrosesan data berskala besar, memungkinkan Data Engineers untuk mengelola dan menganalisis data dalam jumlah yang sangat besar. Kemampuan ini menjadi pondasi bagi pengembangan skill Data Engineer yang handal.


Selanjutnya, Spark dan Flink, yang merupakan framework pemrosesan data real-time, memberikan dimensi baru dalam mengatasi tantangan data yang cepat dan berubah-ubah. Dengan memahami prinsip-prinsip dasar dan keunggulan setiap teknologi Big Data, seorang Data Engineer dapat lebih lincah dalam merancang solusi untuk kebutuhan pemrosesan data yang semakin kompleks.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Menguasai Bahasa Pemrograman Terkait Big Data

Data Engineer

Selain memahami teknologi Big Data, bahasa pemrograman juga menjadi kunci utama dalam skill Data Engineer. Python, Scala, dan Java adalah contoh bahasa pemrograman yang umum digunakan dalam lingkup Big Data. Seorang Data Engineer yang mahir dalam salah satu atau bahkan semua bahasa ini dapat lebih efektif dalam mengembangkan dan mengelola skrip pemrosesan data serta mengoptimalkan kinerja sistem Big Data.


Keahlian dalam bahasa pemrograman menjadi modal penting dalam mempermudah integrasi berbagai komponen sistem Big Data dan membuat alur kerja pemrosesan data menjadi lebih efisien. Ini sekaligus menunjukkan fleksibilitas seorang Data Engineer dalam menyesuaikan diri dengan berbagai kebutuhan proyek.


3. Keterampilan Database dan SQL

Data Engineer

Skill Data Engineer tak lepas dari kemampuan bekerja dengan basis data. Mengetahui cara mengelola dan mengoptimalkan database, serta memiliki keahlian dalam menggunakan SQL untuk ekstraksi dan manipulasi data, adalah langkah-langkah kritis dalam membangun karir sebagai Data Engineer.


Dalam konteks Big Data, familiaritas dengan database distribusi seperti Cassandra, MongoDB, dan Hive, serta keahlian dalam menguasai bahasa SQL yang kompleks, akan memberikan keunggulan kompetitif bagi seorang Data Engineer. Ini akan mempermudah mereka dalam mengakses dan memanipulasi data yang tersebar di lingkungan Big Data.


4. Pengalaman Cloud Computing

Data Engineer

Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan layanan cloud menjadi semakin umum dalam menyimpan dan mengelola data. Oleh karena itu, pengalaman dalam menggunakan platform cloud seperti AWS, Google Cloud, atau Microsoft Azure menjadi nilai tambah yang signifikan bagi seorang Data Engineer.


Kemampuan untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengoptimalkan solusi Big Data di lingkungan cloud adalah salah satu skill yang sangat dicari. Pemahaman mendalam tentang layanan cloud, termasuk penyimpanan, komputasi, dan manajemen data, dapat membantu seorang Data Engineer memilih solusi yang paling efisien untuk setiap proyek yang dihadapinya.


5. Kemampuan Kerja Tim dan Komunikasi

Skill teknis bukanlah satu-satunya aspek penting dalam menjadi seorang Data Engineer yang sukses. Kemampuan bekerja secara efektif dalam tim dan berkomunikasi dengan pemangku kepentingan lainnya juga menjadi faktor penentu kesuksesan karir.


Seorang Data Engineer seringkali harus berkolaborasi dengan Data Scientist, Analis Data, dan profesional IT lainnya. Oleh karena itu, kemampuan untuk menyampaikan ide, memahami kebutuhan bisnis, dan berkontribusi dalam pemecahan masalah bersama menjadi keterampilan yang sangat dihargai. Membangun hubungan kerja yang baik dan menjadi penghubung antara teknis dan non-teknis adalah suatu kelebihan tersendiri.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Jika Anda tertarik memasuki dunia yang menarik dan dinamis sebagai seorang Data Engineer, mari bergabung dalam kursus Data Engineering di DQLab.


DQLab bisa menjadi pilihan terbaik kalian untuk memperdalam skill yang dibutuhkan data engineer. Mengapa harus DQLab?

  • Tersedia modul gratis yang bisa diakses sehingga kalian memiliki gambaran struktur modul pembelajaran yang dirancang.

  • Tidak hanya menyediakan pembelajaran bahasa pemrograman Python, DQLab juga dilengkapi pembelajaran R, SQL, dan Excel.

  • Modul pembelajaran disusun sistematis dengan dimulai dari teori atau konsep sampai praktik.

  • Dilengkapi dengan studi kasus beragam industri sehingga kalian terlatih mengaplikasikan data science dimanapun.

  • Tidak perlu install aplikasi coding, karena DQLab menyediakan Live Code Editor yang memudahkan pemula untuk memahami data science.

  • Adanya komunitas dan mentor berpengalaman yang akan membantu kalian ketika kesulitan selama proses belajar.


Bahkan modulnya sudah diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Wah, tunggu apa lagi nih? Dengan keunggulan di atas, kalian akan siap menjadi praktisi data profesional. Yuk, segera berlangganan dan mulai perdalam pemahaman di bidang data. Sahabat DQ tinggal Sign Up di website!



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :