PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 48 Menit 22 Detik

Mengoptimalkan Rutinitas Harian dengan Data Science

Belajar Data Science di Rumah 12-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-05-2024-06-13-104537_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, apakah kalian sudah pernah mendengar istilah data science? Data science atau ilmu data merupakan kombinasi dari berbagai macam bidang ilmu. Siapapun memiliki peluang untuk belajar data science baik itu para pemula maupun orang yang sudah memiliki pengalaman. Penerapan data science dalam keseharian juga seringkali kita jumpai secara sadar maupun tidak. Apakah kalian ingin tahu apa saja contoh penerapan data science dalam kehidupan sehari-hari? Yuk kita akan mengenali lebih lanjut di artikel berikut ini!


Data science adalah sebuah bidang ilmu kekinian yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Bagaimana tidak, data science ini berperan penting di berbagai bidang terutama di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini. Seperti yang telah kita ketahui kini telah banyak big data yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Namun big data ini perlu diolah lebih lanjut dengan menggunakan bantuan dasar-dasar ilmu data science. Lalu kira-kira apa saja peranan data science dalam keseharian?


1. Asisten Virtual

Asisten virtual adalah salah satu profesi yang banyak diminati saat ini. Pekerjaan bisa dilakukan dengan jarak jauh dan bersifat fleksibel. Asisten virtual mengerjakan berbagai macam pekerjaan seperti mengelola email,. membuat jadwal, data entry, dan masih banyak lainnya. Asisten virtual ini menggunakan dasar ilmu data science. Proses pengerjaan tugasnya pun juga menggunakan data science.

Data Science

sumber: cmlabs


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Strategi Promosi

Strategi promosi adalah lakah, tindakan atau taktik yang digunakan untuk meningkatkan promosi terhadap suatu produk baik berupa barang atau jasa. Strategi promosi ini merupakan suatu poin penting dalam pemasaran untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan meminimalisir kerugian.


Data science pun memiliki peran dalam proses penentuan strategi promosi. Dengan mengetahui data penjualan serta diolah dengan penerapan ilmu data science, maka akan diketahui beberapa insight seperti produk yang paling diminati, yang jarang diminati, sasaran usia, dll. Dengan mengetahui beberapa hal terkait di atas, maka pengguna akan sangat terbantu dalam menentukan strategi promosi.

Data Science

sumber: iBrand


3. Riwayat Pemesanan

Setiap transaksi jual beli yang dilakukan dalam marketplace memiliki catatan riwayat pemesanan atau riwayat pembelian. Hal ini memberikan beberapa manfaat seperti mengetahui produk apa saja yang pernah dibeli sehingga memudahkan pengguna jika ingin membelinya lagi. Selain itu dengan adanya riwayat pemesanan, beberapa produk serupa dengan yang pernah dicari atau dibeli biasanya akan muncul sebagai rekomendasi produk. Bagaimana? penerapan data science telah kita rasakan dalam keseharian bukan?


4. Diagnosa Medis

Perkembangan machine learning tidak hanya berdampak dalam bidang teknologi saja, melainkan dalam bidang kesehatan pula. Salah satu contohnya adalah penerapan machine learning untuk diagnosa penyakit dengan menggunakan citra medis. Hal ini membantu hasil diagnosa menjadi lebih tepat.


Selain itu machine learning juga dapat membantu mengidentifikasi penyakit, memprediksi respons terhadap terapi, dan menyediakan rekomendasi perawatan yang lebih akurat, memantau kondisi pasien secara jarak jauh, pengobatan kanker dengan terapi gen, mendeteksi dini penyakit menular, memantau kesehatan ibu hamil dan janin, serta pemberian edukasi kesehatan secara personalisasi.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data science atau ilmu data adalah ilmu kekinian dan contoh penerapannya telah banyak kita gunakan. Data science ini bisa dipelajari oleh siapapun dengan berbagai latar belakang pendidikan. Kamu bisa coba belajar data science mulai dasar di 


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login