PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 10 Menit 28 Detik 

Mengulik Fungsi SQL JOIN Table Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 04-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3e6bc1218f85ad8a5a1236ac7dd62cb2_x_Thumbnail800.jpg

Segala sesuatu yang berhubungan dengan database, pasti akan berkaitan dengan SQL. Pasalnya, SQL merupakan bahasa umum yang digunakan untuk mengakses database, termasuk pada proses pendefinisian seperti membuat database, menambahkan tabel, proses modifikasi data; seperti menambahkan input data, menampilkan data, mengupdate, dan lain sebagainya.


Dalam SQL, kita menggunakan fungsi JOIN untuk menggabungkan data dari dua tabel atau lebih berdasarkan kolom dengan nilai yang cocok namun tetap memiliki hubungan. Penggabungan tabel ini akan sangat berguna bagi praktisi data jika data yang ingin dilihat tersedia di dalam beberapa tabel yang berbeda.

 

Tapi tahukah kamu bagaimana caranya menggunakan bahasa SQL agar data dari tabel yang berbeda bisa digunakan secara bersamaan? Nah, pembahasannya akan kita bahas dalam artikel berikut ini. Yuk, simak pembahasannya!


1. Mengenal SQL JOIN Table

sql 

JOIN merupakan salah satu fungsi yang ada di SQL yang digunakan untuk penggabungan tabel melalui kolom atau key tertentu dimana memiliki nilai terkait untuk mendapatkan satu set data dengan informasi lengkap.


Pada bahasa SQL, operasi JOIN atau penggabungan antar tabel ini merupakan perintah dasar yang sangat penting pada database relasional. Gunanya adalah untuk mendukung perancangan database yang baik. Jika kita ingin menghasilkan output data yang valid, menjamin integritas data dan meminimalisir duplikasi data.


Contoh penggunaan JOIN ketika kita ingin menggabungkan table User dan table Order. Table User dapat dilakukan JOIN terhadap table Order karena pada table Order terdapat kolom “id” yang berhubungan dengan kolom “id” pada table User. Berikut ilustrasinya.


sql


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Jenis JOIN dalam SQL

Dalam SQL terdapat beberapa tipe JOIN untuk menggabungkan tabel, diantaranya adalah:

  • Left JOIN

    sql

    Left Join merupakan tipe join yang menampilkan semua data yang ada di tabel pertama dan tabel kedua akan menyesuaikan data tabel pertama.


  • Inner JOIN



    Inner Join adalah jenis join yang menampilkan irisan dari kedua tabel atau data yang sama-sama ada di kedua tabel.


  • Right JOIN


    sql

    Right Join hampir mirip dengan konsep yang digunakan oleh left join, dimana semua data yang ada pada tabel kedua akan ditampilkan, sementara data di tabel pertama akan mengikuti tabel kedua.


  • Full JOIN


    sql

    Full Join/Outer Join merupakan tipe join yang menampilkan semua data yang ada, baik dari tabel pertama maupun tabel kedua.


3. Mengapa JOIN SQL Dibutuhkan?

Digunakan untuk Menghindari Redundansi

Fungsi JOIN adalah untuk menghubungkan satu tabel dengan tabel lainnya. Kenapa penggunaan JOIN pada SQL itu penting? Penggunaan join memperbolehkan kalian untuk mengambil data dari beberapa tabel dengan menggunakan satu query. 


JOIN sangat diperlukan karena rancangan tabel pada sistem biasanya sudah di normalisasi untuk menghindari redudansi pada data. Pada bahasa pemrograman SQL, operasi JOIN antar tabel merupakan operasi dasar pada database yang sangat penting.


Digunakan untuk Memperkaya Data

Dalam proses analisis data, terkadang data yang tersedia dalam satu tabel saja belum mampu untuk menghasilkan insight yang bisa menjawab permasalahan yang ada. Sehingga tidak jarang praktisi data dituntut untuk menggabungkan beberapa tabel data, baik dalam database yang sama maupun database yang berbeda.


Tujuannya adalah agar sumber data yang diolah menjadi lebih “rich”. Semakin lengkap data yang kita miliki tentu akan membuat insight yang dihasilkan semakin jelas, sehingga pembuatan keputusan bisa dilakukan dengan tepat.


4. Contoh Studi Kasus SQL JOIN Table

Sebagai contoh kasus, jika kita memiliki dua tabel yang satu bernama ms_item_warna dan tabel lainnya bernama ms_item_kategori yang dapat dilihat pada gambar berikut:

SQLsql


Selanjutnya, kita ingin mengetahui informasi apakah barang atau item tersebut termasuk ke dalam kategori sayuran atau buah. Dengan demikian, kita dapat menggabungkan kedua tabel tersebut sehingga kita mendapatkan informasi lengkap terkait nama barang, warna dan kategori barang.


Untuk menggabungkan kedua tabel tersebut dapat dilihat pada syntax dan output berikut:

sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Setelah memahami cara penggunaan JOIN yang ada di SQL, kamu bisa mulai mengeksplorasi hal lainnya seperti penggunaan GROUP BY, ORDER BY, HAVING, dan masih banyak lagi hal-hal fundamental lainnya dari SQL.


Eits, kamu gak perlu bingung harus belajar SQL dimana karena DQLab juga menyediakan modul SQL yang sangat cocok bagi pemula karena membahas hal-hal yang bersifat fundamental. Agar bisa mengaksesnya, kamu cukup berlangganan untuk menjadi member premium di DQLab.id


Yuk, tunggu apa lagi? Sekarang giliran mu!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :