Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS
SIGNUP GRATIS

Mengulik Satu Persatu Parameter String Split Python

Belajar Data Science di Rumah 05-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bf165fb998eaf20d0eb8a517222d9d6a_x_Thumbnail800.jpeg

Pada Python sendiri terdapat berbagai macam operasi yang dapat digunakan untuk melakukan manipulasi data (data manipulation). Salah satu operasi yang dipakai adalah fungsi split pada Python. Fungsi split dipakai untuk melakukan pengolahan data dalam bentuk teks. 


Bicara soal tipe data, Python memiliki berbagai macam tipe data yang salah satunya adalah tipe data teks. Tipe data teks ini dapat dideklarasikan sebagai sebuah string dengan mengapitnya menggunakan tanda kutip satu ataupun tanda kutip dua.


Seperti yang disebutkan di atas, Python dilengkapi dengan salah satu fungsi yang bisa digunakan untuk proses manipulasi data string. Fungsi split akan sering kita gunakan ketika ingin membagi teks yang panjang menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan. Simplenya, fungsi split mengembalikan string sebagai list.


Kira-kira apa saja parameter yang dipakai dalam melakukan pemisahan pada data string? Kapan fungsi split dipakai dalam data string? Jika kalian penasaran, kali ini DQLab berikan penjelasan mengenai penggunaan fungsi string split dalam bahasa pemrograman Python.


1. Fungsi String Split() Python

Metode String Python Split() mengembalikan daftar semua kata dalam string, menggunakan str sebagai pemisah (pemisahan pada semua spasi jika dibiarkan tidak ditentukan), secara opsional membatasi jumlah pemisahan menjadi num.


Jika kamu pernah mengerjakan rangkaian string split Python yang digunakan untuk menggabungkan atau menggabungkan string yang berbeda menjadi satu, fungsi split akan melakukan kebalikannya.


Fungsi memindai melalui string dan memisahkannya ketika menemukan pemisah yang telah ditentukan sebelumnya. Namun, jika fungsi tidak menemukan pemisah yang ditentukan, fungsi tersebut menggunakan spasi putih secara default. Sekarang, kita bisa coba praktekkan fungsi split dengan spasi tanpa mendefinisikan maxsplit. Kita bisa menuliskan spasi diantara tanda petik atau separatornya seperti berikut:


Python


Baca juga : Praktek Coding Python Live Code Editor Anti Ribet


2. Mengapa kita Membutuhkan Split di Python?

Fungsi Split mengembalikan daftar kata setelah memisahkan string atau baris dengan bantuan string pembatas seperti karakter koma (,). Ada beberapa alasan mengapa kita membutuhkan operasi split pada Python.


Beberapa manfaat menggunakan fungsi Split dengan Python sebagai berikut:

  • Metode ini berguna dalam situasi di mana kamu perlu memecah string besar menjadi string yang lebih kecil.

  • Jika pemisah tidak ada dalam fungsi split, spasi putih dianggap sebagai pemisah.

  • Fungsi split membantu untuk menganalisis dan menyimpulkan kesimpulan dengan mudah.

  • Split pada Python ini juga berguna dalam decoding string dienkripsi dalam beberapa cara.


3. Separator

Parameter ini menginstruksikan Python di mana untuk memutuskan string. Ini berfungsi sebagai pembatas dan string dipisahkan tergantung pada pemisah yang telah ditentukan sebelumnya. Ini opsional yang berarti jika pemisah tidak ditentukan dalam split, fungsi tersebut menggunakan spasi putih sebagai pemisah default. Namun, jika pemisah ditentukan sebagai nilai string, outputnya akan berupa string kosong.


Pada contoh ini kita akan menggunakan frasa menggunakan beberapa nama dan akan dipisah dengan menggunakan separator “dan”. Perhatikan contoh di bawah ini:


Python

Python

4. Maxsplit

Selanjutnya adalah maxsplit. Parameter ini menentukan berapa kali string dapat diputus. Parameter ini juga opsional dan nilai defaultnya adalah -1 yang menunjukkan bahwa tidak ada batasan berapa kali string dapat dipisah.


Jika maxsplit tidak didefinisikan dalam fungsi split, seluruh string dipindai dan Python memisahkannya setiap kali pembatas ditemukan. Berikut adalah contoh dari penggunaan maxsplit di angka 2:


Python


Maka pada outputnya kita akan melihat bahwa kalimat yang ada akan dibagi menjadi 3 bagian, dimana dua kata awal akan dipisah, sementara sisanya akan digabungkan. Untuk lebih lengkapnya kita bisa lihat di output berikut ini:


Python


5. Return

Parameter return berguna untuk mengembalikan  daftar string setelah fungsi split memecah string dengan pemisah yang ditentukan.


Baca juga : Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


Selain fungsi split yang digunakan untuk memisahkan data string, ada berbagai fungsi lain pada Python yang digunakan untuk data manipulation, data cleaning, data visualization, dan analisis data lainnya.


Yuk perdalam skill Python kamu bersama DQLab! Pelajari berbagai library dan fungsi Python dengan menulis script codenya secara langsung dengan live code editor dari DQLab.


Klik button di bawah ini atau Sign Up melalui DQLab.id untuk mengakses Free Module ‘Introduction to Data Science’ with Python untuk mencoba live code editor dari DQLab yang bisa diakses secara gratis, kapan pun, dan di mana pun!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :