[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 33 Menit 6 Detik 

Menjadi Hal Wajib Untuk Dikuasai Ketika Berkarir di Bidang Data, Kenali Analisis Data Lebih Dalam!

Belajar Data Science di Rumah 02-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f59fd37ebda30005010ac72a5ccb6eb4_x_Thumbnail800.png

Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat kita juga harus beradaptasi dengan keadaan. Jika dulu kita memahami bahwa data hanyalah kumpulan daftar yang berbentuk angka, maka saat ini jenis data sudah beragam. Selain itu, data yang dihasilkan oleh manusia saat ini sangatlah banyak, sehingga analisis data sudah pasti dibutuhkan karena tidak mungkin kita mengecek datanya satu persatu untuk memahami kondisi yang sedang terjadi.

Analisis data tentunya merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kita yang sudah sering bermain dengan data. Bahkan hal ini menjadi skill wajib yang harus dikuasai jika ingin bekerja di bidang data. Pasalnya, dengan adanya analisis data dapat membantu kita untuk memahami karakteristik dari data. Selain itu, hasil analisis data bisa mendasari proses pengambilan keputusan sehingga masalah yang sedang kita hadapi dapat diselesaikan dengan solusi yang bijak, efektif, dan efisien.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai analisis data secara lebih lengkap, penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Pengertian Analisis Data

Analisis data merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mengolah satu atau lebih dataset untuk mendapatkan informasi. Sebelum diolah data akan melalui proses cleansing terlebih dahulu, dimana data - data yang terlihat tidak valid akan dibersihkan, kemudian akan diseragamkan formatnya agar lebih mudah untuk diolah. Tujuan pengolahan sendiri adalah untuk data bisa menjadi lebih mudah untuk dipahami sehingga bisa menjadi salah satu alat yang mendasari pengambilan keputusan.

Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data

2. Analisis Data Kuantitatif

Analisis data kuantitatif merupakan proses pengolahan data yang berbentuk angka. Skala data yang termasuk data kuantitatif adalah Interval dan Rasio. Analisis data kuantitatif kemudian terbagi menjadi dua, yaitu Analisis Deskriptif dan Analisis Inferensia. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan keadaan data, seperti nilai maksimal, minimal, dll. Analisis ini akan sangat membantu ketika data yang digunakan memiliki volume yang sangat besar. Sedangkan analisis inferensial merupakan analisis dengan menggunakan rumus statistik, dimana data yang ada hanyalah sampel. Hasilnya akan digunakan untuk menggeneralisir kesimpulan untuk semua populasi.

3. Analisis Data Kualitatif

Berbeda dengan analisis kuantitatif, analisis ini merupakan analisis untuk data yang bukan angka. Data ini termasuk ke dalam skala Nominal dan Ordinal. Analisis Kualitatif kemudian terbagi menjadi tiga macam, yaitu analisis konten, analisis naratif, dan analisis wawancara. Analisis konten digunakan untuk memahami tema secara keseluruhan pada data kualitatif. Sementara analisis naratif digunakan untuk membuat ide atau gagasan dapat dikomunikasikan kepada bagian terkait, misalnya kepuasan karyawan saat bekerja, kepuasan pelanggan, dll. Selanjutnya analisis wawancara digunakan untuk menganalisis interaksi yang terjadi saat adanya komunikasi dengan orang lain, dalam hal ini komunikasi yang terjadi adalah antara responden dan pewawancara.

Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis : Gifa Delyani

    Editor : Annissa Widya


    Postingan Terkait

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!