BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 4 Menit 32 Detik 

Menulis Rumus Excel Secara Simpel, Intip 4 Tipsnya Yuk

Belajar Data Science di Rumah 03-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0b1e880d58ff103a436ef2d6cdc759f3_x_Thumbnail800.png

Rumus Excel merupakan salah satu fitur powerful yang dimiliki oleh microsoft excel untuk mengidentifikasi hubungan antara nilai dalam cell spreadsheet, melakukan perhitungan matematis menggunakan nilai-nilai yang ada pada cell, dan menampilkan nilai yang dihasilkan dalam cell yang telah kita pilih. Uniknya, rumus-rumus dasar seperti penambahan, pengurangan, persentase, pembagian, rata-rata, perkalian, bahkan format tanggal dan waktu dapat diaplikasikan dengan mudah dan cepat. Selain itu, Excel juga dapat mempercepat berbagai pekerjaan seperti untuk pelaporan dan analisis data.


Bayangkan, seorang finance staff yang setiap hari bergelut dengan ribuan angka dan operasi matematika masih harus menggunakan buku, pulpen, dan penggaris untuk membuat tabel dan merekap semua income dan outcome. Betapa melelahkannya pekerjaan staff tersebut jika harus memasukkan setiap angka demi angka dan membuat tabel dengan penggaris secara manual. Belum lagi saat ia harus menghitung berapa profit yang didapatkan. Ia akan sangat kesulitan jika harus menghitung menggunakan kalkulator. Selain itu, peluang human error juga lebih tinggi sehingga ia harus mengulangi pekerjaannya lagi. Sulit sekali, kan! Tapi tenang, sekarang finance staff tersebut bisa memanfaatkan excel untuk mempercepat pekerjaannya. Ia bisa menggunakan berbagai rumus untuk menghitung profit, gap income, bahkan menghitung proyeksi profit untuk beberapa tahun mendatang. Tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa cara untuk menulis rumus di excel. Apa saja cara tersebut? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Menulis Langsung pada Cell 

Cara paling mudah untuk menuliskan rumus adalah dengan mengetikkan langsung pada cell. Penulisannya dimulai dengan mengetikkan tanda sama dengan dan diikuti dengan nama rumus excel. Jika kita tidak hafal keseluruhan nama rumus, jangan khawatir! Excel cukup pintar kok! Kita perlu menuliskan beberapa huruf depan dan excel akan menampilkan semua rumus yang mengandung huruf-huruf tersebut.

Coba perhatikan gambar di atas, setelah kita menuliskan beberapa huruf, akan muncul pop-up yang berisi daftar rumus yang mengandung huruf-huruf yang kita tulis plus penjelasan dari rumus tersebut. Keren ya!


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Menggunakan fitur Insert Formula pada Function Tab

Cara kedua untuk menuliskan rumus excel adalah dengan menggunakan fitur insert formula. Apa bedanya? Dengan menggunakan fitur ini kita memiliki kontrol penuh terhadap fungsi yang kita insert. Cara menggunakan fitur ini cukup mudah, kita tinggal pilih menu formula di menu bar, lalu pilih insert function pada menu bar. Setelah itu akan muncul pop-up berisi berbagai rumus dan kamu bisa pilih rumus yang kamu butuhkan. Simple, bukan?


3. Memilih Rumus di Formula Tab

Jika diperhatikan, selain ada fitur insert function, di menu bar formulas juga ada rumus-rumus lain yang sudah dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Fitur pengelompokan rumus ini digunakan untuk mempercepat pemilihan rumus sesuai tujuan kita. Setiap kelompok berisi beberapa rumus, kamu bisa coba satu persatu untuk mengeksplor fungsi ini. Tapi, bagaimana jika fungsi yang kita cari tidak ada? Tenang, kita bisa klik fitur more function dan akan ada kotak dialog yang berisi semua fungsi.


4. Menggunakan Fitur AutoSum

Tahukah kamu jika rumus operasi dasar matematika disimpan secara otomatis oleh excel? Yap! Fitur AutoSum merupakan fitur excel yang membantu kita untuk menemukan rumus operasi dasar matematika, seperti menghitung total, rata-rata, nilai minimum dan maksimum, dan lain sebagainya. Fitur ini terletak di menu home dan lokasinya berada di sisi kanan pada kolom editing.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Mengolah Data Menggunakan Excel

Excel merupakan salah satu tools yang banyak digunakan untuk mengolah data. Salah satu alasannya adalah karena tools ini memiliki fitur yang yang lengkap dan powerful. Namun, karena banyaknya fitur-fitur yang ada pada excel, terkadang sulit untuk mempelajari semua rumus olah data secara otodidak. Yuk belajar berbagai rumus olah data yang banyak digunakan di dunia industri bersama DQLab! Klik button di bawah ini untuk bergabung bersama DQLab dan nikmati berbagai modul excel sebagai pedoman untuk belajar agar belajar kamu lebih fokus dan terstruktur! Selamat mencoba!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :