Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Metode Analisis Penelitian Kualitatif di Bidang Sosial

Belajar Data Science di Rumah 19-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4de6b157e992cf8753bab5721dfedc50_x_Thumbnail800.jpg

Penelitian kualitatif adalah penelitian eksplorasi yang digunakan untuk memahami alasan atau pendapat suatu individu. Selain itu, penelitian ini merupakan penelitian berbasis pasar yang berfokus pada bagaimana cara memperoleh data kualitatif melalui percakapan. Tujuan percakapan ini adalah untuk memahami masalah utama dan mengembangkan ide dan metode untuk penelitian kuantitatif di masa mendatang. Metode penelitian kualitatif banyak digunakan dalam bidang ilmu sosial.

Penelitian kuantitatif menggunakan data non numerik, seperti data teks, video, audio, gambar, dan lain sebagainya untuk memahami konsep, pendapat, maupun pengalaman responden. Penelitian ini dapat digunakan untuk mengumpulkan insight yang mendalam mengenai suatu masalah dan menghasilkan ide-ide baru. Penelitian kualitatif merupakan antonim dari penelitian kuantitatif. Jika penelitian kualitatif menggunakan data non numerik, maka lain halnya dengan penelitian kuantitatif yang menggunakan data numerik. Seperti yang telah dijelaskan di awal, penelitian kualitatif banyak digunakan dalam bidang ilmu humaniora dan sosial. Pada dunia perkuliahan, mata kuliah yang banyak menggunakan penelitian kualitatif adalah antropologi, sosiologi, pendidikan, ilmu kesehatan, sejarah, dan lain sebagainya. Ada banyak metode yang bisa digunakan dalam penelitian kualitatif. Pada artikel kali ini, DQLab akan menjelaskannya untukmu, jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!

1. Metode Etnografi

Etnografi adalah cabang antropologi yang memberikan penjelasan ilmiah mengenai masyarakat dan budaya. Metode ini adalah salah satu teknik penelitian kualitatif yang paling populer dan banyak digunakan.Tujuan metode etnografi adalah untuk menjelaskan karakteristik budaya dengan cara mengidentifikasi aspek dan variabel budaya dengan meninjau literatur yang ada dalam lingkungan responden dan mengumpulkan data melalui observasi dan interaksi dengan objek. Saat menggunakan metode etnografi, peneliti harus masuk ke dalam lingkungan responden untuk berinteraksi agar peneliti memahami tujuan, motivasi, tantangan, dan budaya si responden. Hambatan penggunaan metode ini adalah adanya perbedaan nilai sosial dan bahasa antara si responden dengan peneliti. Selain itu, adanya interpretasi dari pihak luar juga dapat menimbulkan kebingungan. Oleh karena itu, peneliti harus melakukan proses validasi data sebelum mempresentasikan hasil analisisnya.

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!

2. Metode Naratif

Metode penelitian naratif merupakan metode penelitian yang membutuhkan waktu cukup lama untuk mengumpulkan data karena membutuhkan informasi yang jelas bagaimana urutan suatu kejadian hingga dapat dibentuk cerita yang saling berhubungan dan mendukung. Saat menggunakan metode ini, peneliti akan melakukan wawancara mendalam dengan narasumber dan membaca berbagai dokumen. Proses wawancara memakan waktu yang relatif lama, bahkan bisa dilakukan dalam rentang waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan tahunan. Metode ini bertujuan untuk mengumpulkan data dalam bentuk cerita yang berkesinambungan dengan outputnya adalah cerita pendek dengan tema atau masalah tertentu.

3. Metode Fenomenologi

Kata fenomenologi berarti studi mengenai suatu fenomena, seperti peristiwa, situasi, atau pengalaman. Metode ini adalah pendekatan ilmiah terbaik untuk mendeskripsikan sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, oleh karena itu, metode ini berfokus pada pengalaman subjektif. Untuk mendapatkan data, peneliti harus melakukan wawancara, kunjungan ke lokasi kejadian, observasi, survei, dan membaca dokumen. Selain itu, peneliti juga harus menilai bagaimana perasaan responden yang digunakan untuk memvalidasi temuannya.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Galuh Nurvinda

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!