FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 37 Menit 10 Detik 

Metode Machine Learning Data Science untuk Media Intelligence

Belajar Data Science di Rumah 08-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ade7737068bb303e465731d287ed36a4_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning adalah salah satu teknologi yang paling banyak diadaptasi di berbagai sektor industri. Hal ini karena machine learning bisa mengotomatisasi pekerjaan berulang sehingga perusahaan bisa menghemat sumber daya manusia dan pengeluaran. Machine learning banyak digunakan oleh data scientist untuk membantu perusahaan mendapatkan data, mengolah data, dan memberikan insight serta suggestion yang lebih akurat berdasarkan data lapangan.


Machine learning dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu unsupervised learning, supervised learning, dan reinforcement learning. Unsupervised learning adalah algoritma yang tidak membutuhkan data training sehingga algoritma akan memetakan output tanpa bantuan label.


Sedangkan algoritma supervised learning adalah kebalikan dari algoritma unsupervised learning. Algoritma ini membutuhkan data training untuk membuat label yang akan memetakan output dan data testing untuk menghitung akurasi model. 


Salah satu industri yang mulai memanfaatkan machine learning adalah industri media, baik media cetak, media online, maupun social media. Di era teknologi modern produksi data khususnya data social media berkembang sangat signifikan sehingga machine learning akan mempermudah pekerjaan di bidang media. Apa saja yang bisa dikerjakan oleh machine learning? Yuk kita simak bersama!


1. Mengidentifikasi Entitas Artikel 

Salah satu hal penting dalam media adalah nilai sentimen dari audience. Dengan bantuan machine learning perusahaan media bisa menilai bagaimana pemikiran pembaca mengenai suatu konten atau artikel. Dengan begitu, perusahaan bisa melihat bagaimana pemikiran audience terhadap tokoh, peristiwa, dan lain sebagainya di suatu konten.

machine learning


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Mengidentifikasi Influencer yang Relevan dengan Klien

Influencer adalah salah satu sarana atau media yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mendatangkan audience. Dengan bantuan machine learning, perusahaan bisa  memilah influencer yang tepat berdasarkan preferensi dan penilaian audience.

machine learning


3. Rekomendasi Konten

Fitur rekomendasi merupakan salah satu teknologi yang dikembangkan berdasarkan machine learning dan artificial intelligence. Teknologi ini akan membantu perusahaan untuk mendorong konten agar dilihat lebih banyak audience dengan cara merekomendasikan konten tersebut berdasarkan tampilan dan perilaku audience seperti konten-konten yang sebelumnya pernah dibaca atau ditonton oleh audience.

machine learning


4. Improvement

Machine learning akan membantu perusahaan untuk mempelajari media sosial yang lebih baik, mulai dari segi visual, gambar, mengenali logo, orang, dan item dengan bantuan citra. Improvement ini akan membantu perusahaan mengembangkan fitur sesuai dengan perkembangan zaman.

machine learning


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Ingin memperdalam machine learning? Atau tertarik berkarir di dunia data science? Yuk persiapkan dirimu bersama DQLab! Mulai belajar coding, machine learning, statistika, dan bahasa pemrograman dengan modul dari DQLab dan nikmati suasana belajar menyenangkan anti ribet.


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL “Introduction Data Science” dengan R dan Python serta rasakan experience unik menggunakan live code editor dari DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :