Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Metode untuk String Split Menggunakan Python

Belajar Data Science di Rumah 28-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e47730d37ba978a2c6600a30dd1c5ee1_x_Thumbnail800.jpeg

Fungsi manipulasi string di Python digunakan untuk memecah string yang lebih besar menjadi beberapa string yang lebih kecil. Fungsi tersebut dikenal dengan fungsi split. Fungsi split mengembalikan string sebagai list. Fungsi ini digunakan setiap kali ada kebutuhan untuk memecah string atau baris yang lebih besar menjadi beberapa string kecil. Selain itu, fungsi split masih berfungsi jika pemisah atau delimiter tidak ditentukan dengan mempertimbangkan white space sebagai pemisah untuk memisahkan string atau garis tertentu.


Selain dengan fungsi split, ada cara lain yang bisa digunakan. Namun, memerlukan code yang lebih panjang dan beberapa cara memerlukan library tambahan. Meski demikian, bagi script code yang relatif kompleks penggunaan cara yang lebih rumit ini lebih efektif karena beberapa code memiliki variabel data yang cukup banyak. Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk membagi string menjadi beberapa bagian? Yuk kita simak cara-caranya berikut ini!


1. Penulisan Umum Split

Secara umum fungsi split ditulis sebagai berikut.

Python

  • Separator adalah komponen yang menentukan pemisah yang akan digunakan saat memisahkan string. Komponen ini bersifat optional. Secara default (jika komponen tidak diisi) maka fungsi akan secara otomatis menggunakan spasi sebagai pemisah.

  • Maxsplit juga bersifat opsional. Komponen ini digunakan untuk menentukan berapa banyak split yang harus dilakukan. Nilai default-nya adalah -1, yang merupakan "all occurrences"


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Split dengan Iterasi

Pada contoh kali ini kita akan menggunakan kalimat ‘DQLab_is_the_best’ dan membagi setiap kalimat berdasarkan karakter underscore mulai dari satu kata, dua kata, hingga keseluruhan kata. Berikut adalah contoh membagi kalimat menjadi beberapa kata dengan iterasi.

Python


3. Menggunakan Library Intertools

Pada cara kedua ini, kita akan menggunakan library intertools. Output yang dihasilkan akan sama dengan poin nomor dua. Hanya saja, pada artikel kali ini kita perlu mengimport fungsi accumulate. Berikut adalah contoh split text dengan intertools.

Python


4. Menggunakan Library re dan String Slicing

Terakhir, kita juga bisa membagi beberapa kalimat menjadi beberapa bagian dengan library re dan string slicing untuk membuat substring. Berikut adalah contoh penggunaan library re dan string slicing untuk membagi kalimat menjadi beberapa bagian. Output yang dihasilkan akan sama dengan dua point sebelumnya.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Yuk pelajari berbagai fungsi dan library python yang banyak digunakan di dunia industri bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login