DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 53 Menit 58 Detik 

Microsoft Excel Menjadi Tools yang Digunakan Data Analyst, Yuk Intip Kegunaannya

Belajar Data Science di Rumah 10-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ed33eb6df2c75619f6801907a8fa956f_x_Thumbnail800.jpg

Dalam mempersiapkan dan berkompetisi di revolusi industri 4.0, sudah banyak perusahaan menggunakan Big Data. Kegunaannya sangat berarti dalam peningkatan bisnis yang dijalankan stakeholders. Namun, menyimpan atau mengolah Big Data sendiri tidaklah mudah sehingga memerlukan sebuah aplikasi software yang bisa membantu dalam pengerjaannya salah satunya adalah Microsoft Excel. Excel menjadi salah satu tools dasar dan salah satu kriteria keterampilan yang harus dimiliki jika kamu ingin menjadi Data Analyst. Dalam bentuknya yang paling dasar, Excel bisa menyimpan titik data pada setiap cell dalam spreadsheet. Spreadsheet dalam Excel akan mengatur data mentah yang didapatkan ke dalam format yang mudah untuk dibaca dan mengekstrak menjadi wawasan yang dapat ditindak lanjuti. Tidak hanya membantu membuat perhitungan pada kumpulan data besar, namun juga Excel bisa melakukan komunikasi dengan cara visualisasi data. 


Untuk mempelajari lebih lanjut fungsi dari Microsoft Excel, pada artikel DQLab kali ini akan membantu kamu mengetahui fungsi apa saja pada fitur Excel yang bisa membantu kamu bahkan Data Analyst gunakan sekalipun. Penasaran apa saja fiturnya? Yuk langsung saja simak artikel berikut!


1. Pivot Table

Pivot table sendiri merupakan sebuah metode untuk mengatur besarnya kumpulan dataset menjadi lebih mudah dan rinci dalam melakukan statistik nantinya. Penggunaannya sendiri untuk mengungkapkan trend dan tautan (links) diantara data. Pivot table fitur paling populer diantara fitur-fitur lainnya dalam Excel untuk melakukan analisis. Karena dengan Pivot table kamu dapat menggunakan SUM, AVERAGE, COUNT, dan mengeksekusi perhitungan lainnya berdasarkan pilihan dalam mengolah data. Mengenali pola dalam kumpulan data mungkin cukup relatif mudah, namun kompleksitas kumpulan data yang volumenya besar membutuhkan upaya yang ekstra untuk menemukan polanya. Dengan demikian, Pivot Table menjadi tools yang membantu seorang Data Analyst untuk meringkas suatu kelompok data dalam beberapa menit.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Visualisasi Data

Tak heran, banyak kriteria pekerjaan seorang Data Analyst memberikan satu poin khusus yaitu memiliki keterampilan dalam visualisasi data atau terampil dalam mengkomunikasikan data baik secara verbal atau menggunakan medium. Dalam Excel, sudah mendapatkan fitur untuk mengolah data menjadi sebuah visual data yang bisa dipahami orang banyak orang baik melalui bentuk grafik, warna, dan lainnya. Adapun beberapa charts atau grafik yang sudah disediakan dalam Microsoft Excel, diantaranya ada Column Charts, Pie Charts, Line Charts, Scatterplots, Waterfall, Combo, dan lainnya. Penggunaan pada tiap charts pun juga disesuaikan pada dataset yang kamu miliki, sehingga akan mempermudah kamu dalam mempresentasikan data.


3. VLOOKUP

Adapun tools yang bisa digunakan dalam Excel yaitu VLOOKUP. VLOOKUP sendiri fungsi populer, karena berfungsi untuk menyatukan dua kumpulan data dan membantu kamu dalam menemukan data informasi yang lebih spesifik namun dalam susunannya secara vertikal. Mudahnya untuk memahami pengertian VLOOKUP seperti kamu melihat sebuah menu makanan di sebuah restoran, kamu akan melihat daftar menu terlebih dahulu kemudian baru melihat harga dari makanan tersebut. Syntax dalam VLOOKUP yaitu:


=VLOOKUP(“lookup_value”, lookup_range, column_number, [match])


4. IF dalam Analisis

IF berguna untuk membantu dalam membuat skenario yang berbeda dan membantu dalam membandingkan hasil. Dengan menggunakan tools ini dalam melakukan analisis, kamu bisa menggunakan beberapa kumpulan nilai yang berbeda pada suatu rumus atau beberapa rumus untuk ‘menjelajahi’ berbagai hasil. Penggunaanya seperti menganalisis dua anggaran yang masing-masing mengasumsikan tingkat pada pendapatan tertentu. Dalam Excel sudah menyediakan beberapa alat berbeda untuk membantu kamu dalam melakukan analisis pada berbagai jenis kumpulan data sesuai kebutuhanmu. 


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Implementasikan Ilmunya dan Mulai Merajut Karir Bidang Data Science Bersama DQLab!

Dengan kamu sudah mengenal lebih dalam dari beberapa fungsi yang ada pada fitur Excel, maka saatnya kamu memulainya! Jangan khawatir, pembelajarannya bisa kamu lakukan sendiri baik menggunakan medium yang ada di internet atau kamu bisa mengikuti kursus online dengan pembelajaran yang lebih terstruktur. Jika kamu mencari tempat kursus online, DQLab menjadi solusi yang tepat untuk kamu! Dengan daftarkan dirimu melalui signup di DQLab, jangan lupa untuk menikmati module GRATIS pembelajaran ilmu Data Science yaitu “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R” dan tentunya masih banyak module lainnya yang bisa kamu pelajari dan implementasikan pada industri kerja nyata sekalipun! Selamat mencoba Sahabat Data DQLab!



Penulis: Agnes Nurlisa

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!