Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

ML vs AI, Berbeda Namun Sama-sama Berperan Penting

Belajar Data Science di Rumah 10-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-07-2024-05-11-092915_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini kita sedang berada di era perkembangan teknologi dimana kita juga perlu menyesuaikan perkembangan ilmu dengan hal tersebut. Machine learning seringkali disamakan dengan artificial intelligence. Padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda dan karakteristik masing-masing. Walaupun memiliki perbedaan, machine learning vs artificial intelligence sama-sama berperan penting di era perkembangan teknologi informasi seperti masa kini.


Artificial intelligence atau kecerdasan buatan serta machine learning atau mesin pembelajar penerapannya mungkin sering kita temui di dalam keseharian namun ada kalanya tidak kita sadari. Machine learning ini termasuk bagian atau cabang dari artificial intelligence. Machine learning dan artificial intelligence telah banyak digunakan dan dipelajari oleh para praktisi data, programmer maupun web developer.


Dengan demikian tidak mengherankan jika telah banyak pula tempat untuk belajar machine learning. Lalu kira-kira apakah perbedaan antara machine learning vs artificial intelligence? Yuk, simak bersama-sama!


1. Machine Learning

Machine learning atau mesin pembelajar merupakan salah satu bagian dari artificial intelligence dan memiliki berbagai algoritma yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan lebih efektif. Machine learning terbagi menjadi beberapa tipe yaitu supervised learning, unsupervised learning, semi-supervised learning dan reinforcement learning.

Machine Learning




Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan suatu sistem yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Istilah Artificial Intelligence sudah ada sejak tahun 1956. Cara kerja dari artificial intelligence adalah sesuai dengan algoritma pemrograman yang ada di dalam sistem komputer sesuai dengan apa yang telah diberikan saat pembuatannya.


Penggunaan artificial intelligence bukanlah hal baru bagi kita dan justru inovasinya yang semakin berkembanglah menjadi daya tarik yang menarik perhatian.Walau demikian, teknologi AI tidak dimaksudkan untuk menggantikan manusia.

Machine Learning


3. Kelebihan dan Kekurangan AI dan ML

Setelah mengetahui masing-masing pengertian dari ML dan AI, selanjutnya kita perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari keduanya. Beberapa kelebihan dari AI adalah dapat meningkatkan alur kerja manusia, membantu menghasilkan penemuan baru, dan dapat menganalisis data dengan hasil yang lebih akurat.


Adapun kekurangan dari AI adalah ketergantungan pada data yang diinput untuk melatih model. Kelebihan machine learning adalah pola dan tren data dapat lebih mudah diidentifikasi dan akurasi yang meningkat seiring berjalannya waktu. Kekurangan dari machine learning adalah seperti rentan terjadinya kesalahan dan memerlukan waktu agar hasilnya dapat terlihat.


4. Contoh Penerapan AI dan ML

Agar lebih memahami dengan artificial intelligence dan machine learning, sebaiknya kita mengenali beberapa contoh penerapan dari keduanya. Hal ini mungkin sudah sering kita jumpai namun kita tidak menyadarinya. Beberapa contoh penerapan dari artificial intelligence dan machine learning antara lain Deepface Facebook, rekomendasi produk di e-commerce, asisten virtual, algoritma google search, filter spam email, targeted advertising, retargeting untuk ads campaign, dll. 

Machine Learning



Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Machine learning dan artificial intelligence merupakan dua hal yang termasuk ke dalam update skill yang perlu dipelajari. Kini banyak tempat yang digunakan untuk belajar machine learning.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login