PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 39 Menit 14 Detik 

Mode Operasi Script vs Interactive dalam Python

Belajar Data Science di Rumah 29-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a1e05d0fe60e60a9c01200915aa43b96_x_Thumbnail800.jpeg

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang memungkinkan praktisi data bekerja lebih cepat. Sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi, Python dipercayakan oleh data enthusiast karena keterbacaan kode dan pengguna dapat mengekspresikan hanya dengan sedikit baris kode. Ketika menjalankan suatu program, tentunya bahasa tersebut harus diubah bentuknya agar dapat diterima dan diproses oleh komputer. 

Kode-kode ini berisi berbagai macam instruksi yang dikenal dengan sintaks dan semantik. Nantinya sintaks ini akan diinput dalam program komputer. Kemudian akan direspon oleh perubahan sistem atau pemrograman yang ada. Hal ini juga sama dengan apa yang dilakukan oleh bahasa pemrograman Python.

Dalam python, terdapat dua mode operasi yang dapat diterapkan untuk menjalankan kode program yaitu Mode Operasi Script dan Interaktif. Keduanya ini pastinya memiliki perbedaan khususnya dalam hal operasi coding yang sudah kita tuliskan. Mode interaktif biasa dikenal dengan command line interpreter. Interactive mode sangat membantu untuk menguji dan menjalankan berbagai script Python. Sedangkan mode script dapat langsung melakukan eksekusi dengan menggunakan script di bagian Shell prompt. 

Kira-kira yang membedakan antara kedua mode ini? Ada baiknya kalian perlu tahu juga nih sahabat DQLab sebelum menjalankan coding program dalam bahasa pemrograman Python. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.


1. Mode Operasi Interaktif Python

Mode operasi interaktif Python adalah fasilitas yang disediakan oleh Python dimana pengguna dapat dengan leluasa menuliskan kodenya secara interaktif. Kita bisa memasukkan langsung perintah berupa kode yang telah disediakan. Kemudian, kita akan mendapatkan ouptut dari hasil sintaks yang sudah dituliskan sebelumnya. Mode interaktif sangat nyaman untuk menulis baris kode yang sangat pendek. 

Mode interaktif Python dikenal pula sebagai REPL. REPL merupakan singkatan dari Read, Evaluate, Print, Loop. Berikut adalah penjabarannya:

  • Fungsi READ untuk membaca input dari pengguna dan menyimpannya di memori penyimpanan

  • Fungsi EVALUATE digunakan dalam mengevaluasi input dan mendapatkan output yang diinginkan. 

  • Fungsi PRINT digunakan untuk menampilkan hasil dari kode yang sudah diketikkan

  • Fungsi LOOP digunakan untuk mengeksekusi loop selama eksekusi seluruh program dan berakhir ketika program berakhir

Mode ini sangat membantu bagi pemula dalam belajar bahasa pemrograman karena membantu dalam hal mengevaluasi kode baris demi baris dan memahami eksekusi kode dengan baik.

Dalam menjalankan bahasa pemrograman Python dengan mode interaktif, kita dapat menggunakan Command prompt di Windows, terminal di Linux dan macOS. Mari kita lihat eksekusi kode melalui command prompt dengan contoh berikut 

Untuk menjalankan python di command prompt ketik “python”. Kemudian cukup ketik pernyataan Python pada >>> prompt. Saat kita mengetik dan menekan enter, kita dapat melihat output di baris berikutnya

Python

Berikut adalah outputnya:

Python


Baca Juga: Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Mode Operasi Script Python

Mode operasi kedua adalah script Python. Dalam mode script Python, program Python dapat ditulis dalam file. File ini kemudian dapat disimpan dan dieksekusi menggunakan command prompt. Kita dapat melihat kode kapan saja dengan membuka file dan mengedit menjadi cukup mudah karena kita dapat membuka dan melihat seluruh kode sebanyak yang kita inginkan. Berbeda dengan mode interaktif, mode script cocok untuk menulis potongan kode yang panjang. File yang dibuat dalam skrip yang secara default disimpan di folder instalasi Python dan ekstensi untuk menyimpan file python adalah py. 

Kamu perlu membuka IDE (Integrated Development Environment) seperti PyCharm atau Visual Studio Code. Untuk menjalankan kode kamu bisa menggunakan command prompt atau terminal dengan perintah python print.py. Perlu diperhatikan print.py bisa disesuaikan dengan nama file yang sudah dibuat.

Python


3. Mode Operasi Idle Python

IDLE merupakan singkatan dari Integrated Development and Learning Environment. Sederhananya, IDLE Python tidak lain adalah teks editor bawaan Python. Ketika kita menginstall Python maka IDLE sudah langsung terinstall secara otomatis. Melalui IDLE kita bisa menjalankan kode Python dalam interactive mode maupun script mode. Keunggulan IDLE Python adalah kita bisa membuat sebuah file dan langusng menjalankannya.


Baca Juga: Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Perbedaan antara Mode Operasi Interaktif dan Script dalam Python

Kalau misalnya ditanya, apa perbedaan antara mode operasi interaktif dengan mode script dalam bahasa pemrograman Python. Dalam mode script, program Python ditulis dalam file. Interpreter Python dapat membaca file dan kemudian mengeksekusinya dan memberikan hasil yang diinginkan. Program dikompilasi di command prompt. Pada mode interaktif Python, pernyataan ditulis dalam command prompt dan hasilnya diperoleh dengan cara yang sama.

Jadi gimana sudah paham kan mode operasi apa saja yang diterapkan dalam Python. Kalau misalnya kalian penasaran dengan bagaimana cara mengoperasikan bahasa pemrograman Python, lebih lanjut kalian bisa belajar di DQLab. Disini kamu bisa mencoba modul gratis dari kita nih sahabat DQLab yaitu Introduction to Data Science with Python. Kalian bisa mulai coba deh modulnya dan asah kemampuan coding kamu biar makin jago! 


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :