Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Mode Script Python untuk Membuat Program Terpisah

Belajar Data Science di Rumah 24-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/726c96c7-ae06-490c-bfea-38f5d7c067b6-2023-07-28-104548_x_Thumbnail800.jpeg

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan praktisi data. Meskipun telah ada sejak tahun 1990-an awal, namun Python masih tetap bisa mempertahankan eksistensinya. Hal ini juga didukung oleh Python yang terus memberikan update sehingga bahasa pemrograman ini bisa beradaptasi dengan perubahan. Dalam menjalankan Python, kita tentunya akan membutuhkan mode operasi Python.


Di Python, istilah "mode operasi" tidak merujuk pada mode operasi yang terkait dengan kriptografi. Kriptografi adalah ilmu atau seni tentang mengamankan komunikasi dan data dengan menggunakan teknik-teknik matematika dan algoritma khusus, sehingga hanya pihak-pihak yang sah yang dapat membaca atau memahami informasi yang dikirimkan. Sebagai gantinya, mode operasi dalam konteks Python akan mengacu pada cara pengoperasian Python. Dalam artikel ini akan dibahas salah satunya, yaitu mode script. Yuk, simak pembahasannya! 


1.Apa itu Mode Script Python?

Python

Pict by Java T Point

Salah satu mode operasi yang bisa digunakan adalah mode script. Mode script ini merupakan mode operasi di mana kita akan menuliskan program Python dalam file terpisah yang dapat dieksekusi dari command atau terminal. Mode ini memungkinkan kita untuk menyusun program secara terstruktur dalam satu atau beberapa file yang berbeda dan dijalankan sesuai dengan kebutuhan. Mode operasi script ini, biasanya akan digunakan untuk program yang rumit dan kompleks.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Membuat Script Python

Untuk membuat script Python, kita hanya perlu menuliskan kode Python di dalam file dengan ekstensi .py. Kita dapat menggunakan editor teks biasa atau IDE (Integrated Development Environment) untuk menulis dan menyimpan program Python Anda. Misalkan kita akan membuat program sederhana dengan nama hello.py, maka di editor teks kita bisa menuliskan programnya dan menyimpannya dengan nama hello.py.

print("Halo, dunia!")

Setelah script tersebut tersimpan, kita dapat menjalankannya dengan menggunakan interpretor Python dari command atau terminal. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah berikut:

python hello.py

Maka outputnya adalah:

Python


3. Mode Script vs Mode Interaktif

Python

Credit : Pinterest

Perbedaan utama antara mode script dan mode interaktif adalah dari cara kode Python dieksekusi. Pada mode script, program Python akan dieksekusi dari berkas script yang telah disimpan terlebih dahulu. Semua perintah di dalam skrip dieksekusi secara berurutan, dan hasilnya akan ditampilkan. Sementara dengan mode interaktif, kita bisa berinteraksi dengan Python baris per baris tanpa harus menyimpan program dalam berkas script terlebih dahulu. Setiap perintah langsung dieksekusi dan hasilnya ditampilkan pada layar.


4. Keuntungan Menggunakan Mode Script Python

Python

Dalam menggunakan mode operasi tertentu, pastinya akan ada keuntungan yang akan didapatkan. Berikut adalah keuntungan jika menggunakan mode script Python:

  • Portabilitas. Program Python yang ditulis dalam mode script dapat dijalankan di berbagai platform tanpa perlu melakukan perubahan.

  • Kode Lebih Terstruktur. Dalam mode script, kita dapat menyusun kode Python ke dalam berbagai berkas script terpisah, membuatnya lebih mudah dikelola dan dipelihara.

  • Otomatisasi Tugas. Mode skrip memungkinkan kita untuk membuat program otomatisasi yang dapat dieksekusi secara terjadwal atau berdasarkan kejadian tertentu.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLab.  DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login