Raih Beasiswa & Jadi Data Analyst untuk Petinggi Perusahaan di Indonesia

Mode yang Diterapkan Python Untuk File Operation

Belajar Data Science di Rumah 30-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6147b668e04ae5e7f7241ac4b305e6e5_x_Thumbnail800.jpeg

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer di kalangan data scientist maupun developer. Karena kepopulerannya, banyak orang mulai tertarik untuk mempelajari Python karena dinilai ramah bagi pemula. Untuk terbiasa mengenali bahasa pemrogramannya atau dikenal dengan istilah sintaks, maka pemula sebaiknya mempelajari hal dasar terlebih dahulu. Salah satunya mengetahui mode operasi yang dapat digunakan di Python.


Sahabat DQ bisa mulai belajar dengan membaca dan menulis di file di Python. Python memberikan beragam mode operasi sesuai kebutuhan pengguna untuk menangani file. Dimulai dari membaca, mengedit, menghapus, dan beragam kegiatan yang berkaitan dengan file. Kali ini Sahabat DQ akan belajar secara spesifik tiga mode operasi yang sering digunakan yaitu membuka, membaca, dan menulis file di Python. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!


1. Tipe File Pada Python

Ada dua macam tipe file pada Python dan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Kedua tipe tersebut yaitu binary file dan text file. File pada umumnya yang sering kalian dapatkan pada sistem di komputer adalah binary file. Contoh binary file yaitu:

  • Document files: .pdf, .doc, .xls

  • Image files: .png, .jpg, .gif, .bmp

  • Video files: .mp4, .3gp, .mkv, .avi

  • Audio files: .mp3, .wav, .mka, .aac

  • Database files: .mdb, .accde, .frm, .sqlite

  • Archive files: .zip, .rar, .iso, .7z

  • Executable files: .exe, .dll, .class

Semua binary file mengikuti format tertentu. Kalian dapat membuka beberapa binary file di editor teks normal tetapi tidak dapat membaca konten yang ada di dalam file. Itu karena semua binary file akan dikodekan dalam format biner, yang hanya dapat dipahami oleh komputer atau mesin. Untuk menangani binary file seperti itu, kalian memerlukan jenis perangkat lunak khusus untuk membukanya. Misalnya, kalian memerlukan Microsoft Word untuk membuka binary file .doc. Demikian juga, kalian memerlukan perangkat lunak pembaca pdf untuk membuka file biner .pdf dan memerlukan perangkat lunak editor foto untuk membaca file gambar dan sebagainya.


Jenis kedua yaitu text file. File jenis ini tidak memiliki kode khusus dan dapat dibuka di editor teks normal itu sendiri. Sebagai contohnya yaitu:

  • Web standards: html, XML, CSS, JSON

  • Source code: c, app, js, py, java

  • Documents: txt, tex, RTF

  • Tabular data: csv, tsv

  • Configuration: ini, cfg, reg


Baca juga : Python Array : Memahami Kegunaan Array Dalam Python


2. Mode Untuk Membuka File

Python memiliki mode berupa open() untuk membuka file. Dibutuhkan minimal satu argumen seperti yang disebutkan dalam sintaks di bawah ini. Mode open() mengembalikan objek file yang digunakan untuk mengakses metode lainnya. Sintaks open() adalah:

Python

Pada sintaks tersebut, file_name adalah nama file atau lokasi file yang ingin dibuka dan file_name harus disertai dengan extension dari file tersebut. Sebagai contoh, test.txt – istilah test adalah nama file dan .txt adalah extension dari file tersebut. Mode dalam sintaks fungsi open akan memberi tahu Python sebagai operasi apa yang ingin dilakukan pada file.

Python

Contohnya seperti berikut ini.

Python

Dalam contoh di atas, kalian akan membuka file bernama 'test.txt' yang ada di lokasi 'C:/Documents/Python/' dan membuka file yang sama dalam mode baca-tulis yang lebih fleksibel.


3. Mode Untuk Membaca File

Untuk membaca file dengan Python, kita harus membuka file dalam read mode. Berikut tiga cara yang dapat kalian lakukan untuk membuka file Python: 

  • read([n])

  • readline([n])

  • readlines()

Mari kita cek masing-masing cara dengan salah satu contoh berikut.

Python

Jika menggunakan read([n])

Berikut contoh read mode yang bisa kalian ketikkan.

Python

Output yang dihasilkan adalah: Hello

Jika menggunakan readline([n])

Dengan menggunakan fungsi ini kita dapat membaca isi file secara baris demi baris.

Python

Maka akan dihasilkan output seperti berikut ini.

Python

Jika menggunakan readlines()

Di sini kita membaca semua baris yang ada di dalam file teks termasuk karakter baris baru.

Python

Sehingga akan didapatkan output seperti berikut ini.

Python


Baca juga : Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


4. Mode Untuk Menulis File

Untuk menulis data ke dalam file, kita harus membuka file dalam write mode. Kalian harus sangat berhati-hati saat menulis data ke dalam file karena menimpa konten yang ada di dalam file yang ditulis sebelumnya, dan semua data sebelumnya akan dihapus. Ada dua mode yang bisa digunakan, yaitu:

  • write(string)

  • writelines(list)

Jika menggunakan write(string)

Berikut contohnya.

Python

Akan dihasilkan output seperti berikut ini.

Python

Namun, jika kalian ingin menuliskan dua baris kalimat, maka gunakan agar tidak dilanjutkan menyamping. Perhatikan contoh berikut.

Python

Dengan cara ini akan diperoleh output berupa berikut ini.

Python

Jika menggunakan writelines(list)

Kita langsung simak contoh penggunaannya di gambar berikut ini, ya.

Python

Kode di atas menulis daftar data ke dalam file 'test.txt' secara bersamaan. Berikut output yang akan kalian dapatkan.

Python

 

Mode operasi di Python tentunya beragam. Masih ada jenis lainnya yang belum dibahas pada penjelasan di atas. Nah, untuk menambah pemahaman dan pengetahuan kalian, website DQLab menawarkan modul pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Dengan diawali dengan dasar-dasar pemrograman, penggunaan fungsi lainnya, serta praktik penyelesaian masalah di industri, Sahabat DQ akan lebih mahir dalam menggunakan Python dan siap berkarir di bidang data. Tunggu apa lagi, segera daftar atau Sign Up, yuk!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya  

Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :