[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 0 Menit 7 Detik 

Module Data Science Gratis untuk Belajar Data Mulai dari Nol

Belajar Data Science di Rumah 26-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/27533befcdad82cc2e3ea10717d322d0_x_Thumbnail800.jpg

Module Data Science gratis banyak dicari oleh pemula maupun profesional yang ingin mempelajari tentang data. Belajar data bisa dilakukan secara otodidak atau mengikuti kursus data science. Keuntungan mengikuti kursus data science adalah bisa belajar lebih intensif karena umumnya materi disusun agar mudah dipelajari. Jadi, bagi pemula bisa belajar data secara bertahap sehingga pemahamannya akan lebih baik. Misalnya kamu ingin belajar Python namun bingung mulai dari mana. Mungkin akan mudah jika memang kamu lebih suka belajar secara otodidak. Namun bagi pemula yang sama sekali belum pernah belajar pemrograman tentu akan bingung sebaiknya tutorial seperti apa yang dicari. Nah, dengan mengikuti kursus kamu bisa belajar dari step paling dasar.


Apa sih data science itu? Kita bahas sedikit ya. Data science adalah ilmu yang terdiri dari gabungan ilmu matematika, statistik, dan pemrograman yang bertujuan untuk memudahkan proses analisis data. Proses ini dilakukan dengan menggunakan tools tertentu yang mendukung. Contohnya seperti profesi Data Scientist akan sering menggunakan Python dan SQL. Sedangkan Data Analyst akan sering menggunakan tools yang mampu menganalisis dan menyajikan data secara interaktif seperti Tableau. DQLab adalah salah satu lembaga kursus data science yang memberikan akses module data science gratis, loh. Apa saja benefit yang bisa didapatkan dari belajar data science dengan module-module? Cari tahu di bawah ini, yuk!


1. Pengenalan Python untuk Data Science

Pemahaman mengenai Python merupakan kemampuan dasar yang harus kamu pelajari. Hal ini karena penerapan data science sering menggunakan bahasa pemrograman ini. Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berfokus pada keterbacaan kode sehingga penggunanya dapat fokus pada program yang sedang dibuat daripada penulisan kodenya. Banyak library dan packages yang disediakan Python untuk mendukung proses data science. Sama seperti R, Python juga bersifat open source.


Modul Introduction to Data Science with Python berisi 2 chapter dan 16 sub-bab yang membahas diantaranya pengenalan tentang Python, library pada Python, struktur bahasa Python, dan praktik penggunaan bahasa Python. Didampingi oleh mentor yang ahli di bidang data dengan penjelasan yang mudah dipahami dan dipelajari.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Bahasa R Juga Bisa untuk Data Science, Loh!

Tahukah kamu apa itu R? R adalah bahasa pemrograman dan software yang digunakan untuk analisis statistika dan grafik yang dibuat oleh Ross Ihaka dan Robert Gentlemen. R bersifat open source yang artinya dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis. Dahulu bahasa R hanya fokus pada analisis data, statistik, dan model grafis. Namun saat ini R lebih banyak digunakan untuk analisis data karena banyak jenis packages, test, dan tools yang memudahkan proses analisis data. Introduction to Data Science with R merupakan modul gratis yang diberikan oleh DQLab pada program free modules. 


Modul ini diantaranya berisi tentang pengenalan bahasa R, dasar pemrograman R, dan praktik penggunaan R. Materi-materi ini dapat menjadi langkah awal bagi pemula yang ingin belajar data science lebih dalam. Untuk menjalankan R kamu harus menginstall RStudio di perangkatmu. Cobalah eksplor library yang sering digunakan Data Analyst untuk melakukan analisis dan penyajian data diluar materi yang ada pada module agar kamu semakin mahir. 


3. Sertifikat Gratis

Setiap penyelesaian module di DQLab kamu akan mendapatkan sertifikat completion secara gratis. Sertifikat ini sebagai pencapaian bahwa kamu telah berhasil menyelesaikan module dan memahami kompetensi tersebut. Sertifikat DQLab yang kamu peroleh bisa diunggah di media sosial seperti LinkedIn atau Instagram untuk menarik perhatian recruiter. Apalagi jika kamu memang ingin berkarir di bidang data. Sertifikat bisa juga kamu unggah bersamaan dengan penjabaran hasil pembelajaranmu berdasarkan module terkait. 


Sertifikat-sertifikat yang kamu dapatkan memang tidak menjamin kamu akan diterima bekerja sebagai praktisi data, namun ini menjadi nilai tambah dirimu dari sisi rekruter karena kamu antusias mempelajari ilmu data dan terus upgrade skill di bidang data. 


4. Perluas Networking di Bidang Data

Mempelajari module data science secara gratis tidak hanya mendapatkan ilmu data saja namun juga bisa untuk memperluas networking di bidang data. Misalnya kamu mengerjakan module di DQLab yang disusun oleh mentor data. Setelah menyelesaikan module kamu bisa merangkumnya dalam bentuk presentasi dan unggah di LinkedIn dengan tag mentor data dari module tersebut. Kamu bisa mendapat feedback langsung dari mentor data dan menambah koneksi dengan data enthusiast lainnya yang suka dengan pekerjaanmu. Kita tidak pernah tahu, bisa saja dengan rajin upload project akan membuka banyak kesempatan untuk berkarir di bidang data. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk, Belajar Data Science untuk Langkah Awal Karirmu!

Mengawali karir di bidang data bisa dibilang gampang-gampang susah. Sekarang ini cukup banyak pesaing di bidang data karena banyak yang ingin menjadi praktisi data. Umumnya yang memiliki latar belakang IT lebih disukai, namun tidak menutup kemungkinan bagi pemula bisa berkarir sebagai praktisi data juga. Bahkan ada juga loh yang switch karir yang sama sekali tidak berkaitan dengan data science. Menarik, bukan? So, buat kamu yang ingin berkarir di bidang data, yuk mulai belajar sekarang! Daftar di DQLab.id untuk belajar data science secara intensif dan dapatkan banyak benefit lainnya. 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!