Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Mudah! Ini Contoh Hapus Elemen List pada Python

Belajar Data Science di Rumah 21-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-01-2024-02-20-161952_x_Thumbnail800.jpg

Dalam memanipulasi dataset untuk nantinya dianalisis lebih lanjut, para praktisi data sering melakukan penghapusan elemen dalam list. Penghapusan ini dilakukan karena berbagai alasan. Bisa karena adanya duplikat data di dalam satu list, atau memang ingin menghapus total semua elemen. Nah, Python memiliki beberapa metode untuk memudahkan proses penghapusan elemen sesuai dengan tujuan-tujuan tersebut. Langsung simak apa saja dan contohnya di sini!


1. Menggunakan ‘del’

Pertama, menggunakan kata kunci del untuk menghapus elemen dari sebuah list berdasarkan indeksnya. Perhatikan contoh berikut.

Python


Dalam contoh di atas, del my_list[2] digunakan untuk menghapus elemen dengan indeks 2 dari list my_list. Setelah penggunaan del, elemen tersebut tidak lagi ada dalam list, dan ukuran list secara otomatis berkurang. 


Perlu diperhatikan del adalah sebuah statement yang secara langsung memodifikasi objek yang ditunjuk. Meskipun sederhana, penggunaan del ini dapat sangat berguna dalam mengelola list, terutama ketika kita ingin menghapus elemen tertentu berdasarkan indeksnya untuk tujuan pengolahan data atau pemodelan.


Meskipun penggunaan del keyword cukup sederhana, penting untuk diingat kalau penghapusan elemen menggunakan metode ini bersifat permanen. Artinya, elemen yang dihapus tidak dapat dikembalikan. Oleh karena itu, sebelum menggunakan del, pastikan kita benar-benar ingin menghapus elemen tersebut dari list. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Menggunakan ‘remove()’

Selanjutnya kalian juga dapat menggunakan metode remove() untuk menghapus elemen dengan nilai tertentu dari sebuah list. 

Python


Dalam contoh di atas, my_list.remove(3) digunakan untuk menghapus elemen dengan nilai 3 dari list my_list. Metode remove() mencari elemen pertama dalam list yang memiliki nilai yang sesuai dengan argumen yang diberikan, dan menghapusnya dari list. Penting untuk dicatat kalau metode remove() hanya menghapus satu kemunculan pertama dari nilai yang sesuai, sehingga jika ada duplikat, hanya elemen pertama yang akan dihapus.


Penggunaan metode remove() merupakan cara yang berguna untuk menghapus elemen dari list ketika kita mengetahui nilai yang ingin dihapus namun tidak mengetahui indeksnya. Jika ada lebih dari satu elemen dalam list dengan nilai yang sama dan kita ingin menghapus semuanya, kita harus menggunakan metode atau teknik lain seperti penggunaan loop atau penggunaan metode lain seperti del atau pop.


3. Menggunakan ‘pop()’

Metode pop() bisa digunakan untuk menghapus dan mengembalikan elemen dari list berdasarkan indeksnya. Berikut contoh penggunaan pop().

Python


Dalam contoh di atas, my_list.pop(2) digunakan untuk menghapus elemen dengan indeks 2 (elemen ketiga dalam list) dari list my_list. Setelah pemanggilan pop(), elemen yang dihapus akan dihapus dari list dan nilai elemen tersebut akan dikembalikan, yang kemudian dapat disimpan dalam variabel seperti dalam contoh untuk removed_element. Metode pop() berguna ketika kita ingin menghapus elemen tertentu dari sebuah list dan juga membutuhkan nilai dari elemen yang dihapus.


Salah satu keunggulan metode pop() adalah mampu menghapus elemen dari list berdasarkan indeks. Namun, perlu diingat penggunaan pop() akan secara permanen mengubah list asli dengan menghapus elemen tersebut, dan juga menggeser indeks elemen-elemen yang berada setelah elemen yang dihapus. 


4. Menggunakan ‘clear()’

Metode clear() menghapus semua elemen dari list. Berikut contoh sederhananya. 


Python


Dari contoh di atas, my_list.clear() digunakan untuk menghapus semua elemen dari list my_list. Setelah pemanggilan metode clear(), list my_list tidak akan memiliki elemen apa pun, sehingga menjadi list kosong. Metode clear() adalah cara yang efisien dan langsung untuk mengosongkan sebuah list, tanpa perlu menghapus elemen satu per satu atau mengubah referensi list.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Nah, Sahabat DQ mulai tertarik untuk mempelajari coding Python lebih dalam lagi? Tidak hanya mampu melakukan coding sederhana seperti di atas, Sahabat DQ juga bisa loh menjadi praktisi data yang menganalisis dengan coding level tingkat lanjut.


Bagaimana persiapannya? Harus belajar darimana? Pertanyaan tersebut bisa kalian temukan jawabannya di website DQLab. Dengan modul pembelajaran yang lengkap, Live Code Editor sehingga tak perlu install aplikasi lagi, dan dilengkapi dengan beragam studi kasus, akan membuat Sahabat DQ jago melakukan coding di Python.


Menariknya lagi, DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan fitur ChatGPT nih! Fungsinya untuk apa?

  • Membantumu mendapatkan penjelasan dari code yang sedang dipelajari.

  • Membantumu menemukan code yang salah atau tidak sesuai. 

  • Memberikan alternatif solusi dari problem/error yang kalian temukan.


Jadi, tunggu apalagi? Nikmati pengalaman belajar praktis dan menyenangkan di DQLab dengan Sign Up segera di sini atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login