2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 42 Menit 38 Detik

Mulai Self Learning dengan Coding Python Mudah

Belajar Data Science di Rumah 01-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-01-2024-05-01-110644_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman yang sedang hangat diperbincangkan. Mungkin diantara kalian sudah tidak asing dengan bahasa pemrograman yang satu ini. Python banyak dibicarakan oleh para programmer karena bahasa ini mampu membangun website dan software, mengotomatisasikan sebuah tugas, dan juga bisa digunakan untuk alat analisis data dengan menggunakan script kodenya. 


Python juga sudah menjadi pilihan terbaik untuk para programmer saat ini.. Hal ini dikarenakan bahasa ini sangatlah fleksibel dan juga sangat user friendly. Bahasa ini juga cocok untuk kalian para pemula yang ingin belajar coding, karena bahasa ini sudah menggunakan bahasa yang mirip dengan bahasa manusia. Pada setiap bahasa pemrograman pastinya memiliki bentuk coding yang beragam, salah satunya adalah python ini. Nah, pada artikel kita kali ini, kita akan membahas coding sederhana dari bahasa pemrograman python ini. Mari kita simak beberapa contoh coding sederhana tersebut!


1. Menghitung Luas Segitiga

Contoh coding python yang pertama adalah menghitung luas segitiga. Jadi, kalian bisa membuat coding sederhana menggunakan python ini untuk menghitung luas dari sebuah segitiga. Untuk sintaksnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini. 

Python


Fungsi ‘hitung_luas_segita’ adalah fungsi yang mengambil dua buah parameter yaitu alas dan tinggi dan mengembalikan luas segitiga. Fungsi ‘main’ sendiri adalah fungsi utama program. Disini, pengguna diminta untuk memasukkan panjang alas dan tinggi segitiga dengan menggunakan fungsi ‘input()’. Kemudian, fungsi ‘hitung_luas_segitiga’ dipanggil dengan parameter yang dimasukkan pengguna dan hasilnya akan disimpan ke dalam variabel ‘luas_segitiga’. Hasilnya nanti akan ditampilkan kepada pengguna. 


Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Konversi Suhu

Program sederhana selanjutnya adalah mengkonversi suhu dari celcius ke fahrenheit. Kalian bisa membuat program untuk mengubah suhu celcius ke fahrenheit dengan menggunakan bahasa ini. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa lihat pada contoh di bawah ini. 

Python


Untuk mengambil satu parameter, pengguna bisa menggunakan fungsi ‘celsius_ke_fahrenheit’ dan dengan menggunakan fungsi ini juga bisa mengembalikan suhu yang sudah dikonversi ke fahrenheit. Untuk fungsi ‘main’ sendiri menjadi fungsi utama pada program ini. disini, pengguna diminta untuk memasukkan suhu dalam celsius dengan menggunakan fungsi ‘input()’, kemudian fungsi ‘celsius_ke_fahrenheit’ dipanggil dengan suhu yang dimasukkan pengguna sebagai parameter dan hasil konversinya akan disimpan di dalam variabel ‘fahrenheit’.


Python


3. Menjumlahkan Dua Angka

Kalian juga bisa membuat contoh program sederhana dengan menggunakan python ini untuk menghitung jumlah dua angka. Untuk caranya, kalian bisa menggunakan fungsi input untuk menuliskan angka. Untuk fungsi input ini hanya bisa menghasilkan format string. Agar bisa dijumlahkan, kalian harus mengubah inputan tersebut untuk menjadikan format angka dengan fungsi int. Selanjutnya adalah kalian bisa menggunakan operator + untuk menjumlahkan kedua angka dan tampilkan dengan fungsi print.

Python


Untuk hasilnya seperti berikut ini.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Menyelesaikan Persamaan Kuadrat

Untuk membuat contoh program ini kalian perlu mengimpor sebuah modul yang bernama cmath. Modul ini berguna untuk menyelesaikan perhitungan matematika yang rumit. Nah, untuk menghitung persamaan kuadrat kalian bisa mengkombinasikan modul cmath ini dengan menggunakan fungsi sqrt. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa lihat pada contoh di bawah ini.

Python


Untuk hasilnya seperti dibawah ini.

Python


Gimana sahabat DQ? Terbukti bukan bahasa python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 


Python


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login