SAVETEMBER HEMAT MAKSIMAL! DISC. 95%
Belajar Data 6 Bulan HANYA Rp. 149K!
0 Hari 1 Jam 50 Menit 55 Detik

Operasi SQL dengan SQL Percentage of Total

Belajar Data Science di Rumah 26-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-06-2023-08-25-223752_x_Thumbnail800.jpg

SQL (Structured Query Language) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat ramah dan banyak digunakan dalam keperluan analisis data. Salah satunya dalam hal menghitung persentase. Meskipun SQL tidak secara langsung berkaitan dengan perhitungan persentase, ia sangat penting dalam mengambil dan memanipulasi data yang diperlukan untuk menghitung nilai persentase. SQL digunakan untuk mengambil data dari basis data. Dalam konteks perhitungan persentase, Anda mungkin perlu mengambil data seperti jumlah item tertentu dan total item untuk kemudian menghitung persentasenya. Perintah SELECT dalam SQL memungkinkan Anda untuk memilih data yang relevan.


Selanjutnya, dalam menganalisis data tertentu terkadang SQL juga membutuhkan operator atau bantuan pendukung dengan cara mencari nilai total atau denominasi yang akan digunakan sebagai dasar perhitungan. SQL dapat membantu Anda menghitung total dengan menggunakan fungsi agregasi seperti SUM() untuk menjumlahkan nilai-nilai tertentu. Setelah Anda memiliki data yang diperlukan dan total yang relevan, Anda dapat menggunakan SQL untuk melakukan perhitungan persentase. Anda dapat menggunakan perhitungan matematis sederhana seperti (nilai / total) * 100 untuk menghitung persentase dan menampilkan hasilnya dalam hasil query.


Pada artikel kali ini, kita akan menjelaskan dan memberikan trik bagamana cara menghitung persentase dengan menggunakan SQL. Tentunya ini juga bisa kamu jadikan sebagai bahan belajar kamu loh sahabat DQLab terutama dalam mempelajari bahasa pemrograman SQL! So, langsung simak yuk sahabat DQLab!

 

1. Menemukan Nilai Persentase dengan 2 Variabel

Khusus untuk bahasa pemrograman SQL, tidak ada operator bawaan atau formula secara spesifik dalam melakukan perhitungan persentase pada SQL. Disini kalian harus bisa bergantung dengan operasi aritmatika dasar yaitu (angka 1/angka 2 x 100) untuk menemukan persentase di SQL Server. Agar lebih jelas, mari kita coba untuk mendefinisikan 3 variabel float yaitu num1, num2, dan perc. Nantinya num2 akan dibagi dengan variabel dari num1 dan hasilnya akan dikalikan 100 dimana akan disimpan di variabel perc dan dicetak melalui console. Berikut adalah sintaksnya

SQL

Dari sintaks diatas, menghasilkan output sebagai berikut

SQL

Dapat disimpulkan bahwa hasil dari pembagian persentase tersebut adalah 33,3.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menemukan Nilai Persentase antara 2 Kolom

Trik selanjutnya adalah menemukan nilai persentase antara dua kolom. Caranya sangat mudah! Kalian cukup sasar nama kolomnya dengan menggunakan operator pembagian untuk membagi nilai dalam satu kolom dengan kolom lainnya. Hasilnya adalah daftar nilai yang sesuai dengan hasil pembagian semua nilai dalam dua kolom. Berikut adalah contohnya

SQL

Dari sintaks tersebut terdapat 5 pasang angka secara berhadapan dengan ditambahkan kueri SELECT untuk memilih semua rekaman dalam tabel atau kolom hasil. Maka, berikut adalah outputnya:

SQL

Setiap kolom memiliki hasil yang berbeda-beda tergantung pada keluaran dari setiap angkanya


3. Menemukan Persentase Melalui Subqueries

Menemukan persentase SQL di antara dua kolom sangatlah mudah. Namun, prosesnya tidak semudah menemukan persentase di seluruh baris untuk skenario yang berbeda.


Pertama-tama mari kita bahas skenario yang sangat sederhana di mana Anda harus menemukan berapa persentase nilai dalam kolom di antara semua baris dalam kolom. Berikut adalah skrip tabel skor dalam satu kolom

SQL

Pada sintaks diatas, terdapat 5 angka yaitu scores values mulai dari 15,10,20,40, dan 25. Selanjutnya akan diubah bentuknya menjadi seperti ini

SQL

Sekarang jika Anda ingin menemukan berapa persen dari jumlah total nilai dalam kolom "val" yang terdiri dari setiap nilai, Anda dapat menggunakan subkueri.


Dalam hal ini, kueri luar akan mengalikan semua nilai di kolom "val" dengan 100 yang akan dibagi dengan hasil subquery yang menemukan jumlah semua nilai di kolom "val".


Pertama-tama mari kita lihat bagaimana tampilan subkueri kita yang menghitung jumlah nilai di kolom "val".

SQL

Dengan melakukan penjumlahan atas total sum, diperoleh nilai output sebagai berikut:

Sekarang kita akan mencari persentase total untuk setiap nilai yang ada dalam kolom “val”. Berikut adalah sintaksnya

SQL

Sehingga dapat diperoleh hasil sebagai berikut:

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Menggunakan Klausa Over

Sekarang mari kita lihat contoh yang lebih kompleks untuk menemukan persentase SQL. Pertimbangkan skenario di mana untuk setiap pemasok Anda ingin menghitung persentase harga satuan untuk semua produk. Dengan kata lain, Anda ingin mengetahui persentase jumlah harga satuan untuk semua produk yang dibayarkan ke pemasok yang berbeda. Anda dapat melakukannya dengan bantuan klausa OVER sebagai berikut.


Dalam skrip di bawah ini, ID pemasok ditampilkan bersama dengan jumlah harga unit yang dibayarkan kepada semua pemasok, dan persentase harga unit yang dibayarkan kepada semua pemasok.


Untuk menghitung jumlah harga satuan, rumusnya sederhana, Anda dapat menggunakan fungsi SUM dan meneruskannya ke kolom yang berisi harga satuan.


Untuk menghitung persentase harga satuan, Anda perlu mengalikan jumlah harga satuan untuk setiap pemasok dengan 100, lalu membagi hasilnya dengan jumlah total harga satuan untuk semua pemasok. Pada skrip di bawah ini, pada penyebut, fungsi SUM dipanggil dua kali. Karena kita menggunakan operator OVER, fungsi SUM pertama hanya menjumlahkan harga untuk setiap pemasok. Untuk menemukan jumlah harga satuan yang dibayarkan kepada semua pemasok, fungsi SUM lainnya dipanggil.

SQL

Pada output di bawah ini, Anda dapat melihat ID pemasok, jumlah harga unit yang dibayarkan ke setiap pemasok, dan persentase harga unit untuk setiap pemasok.

Berikut adalah outputnya:

SQL


Nah, jadi gimana nih sahabat DQLab? Seru banget kan untuk belajar mencari nilai persentase dengan menggunakan SQL? Bahasa SQL termasuk bahasa pemrograman yang perlu dipelajari sebelum menganalisis data. Kita bisa mempelajari bahasa SQL mulai dari dasar secara live code di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :