PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 43 Menit 27 Detik

Orkestrasi Alur Data dalam Asah Skill Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 13-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-04-2023-09-13-161844_x_Thumbnail800.jpg

Data Engineer dituntut untuk memiliki segenap kemampuan khususnya dalam hal basis data dan data pipeline. Menjadi seorang data engineer melibatkan pekerjaan dengan data, basis data, dan alur data (data pipelines) untuk memastikan bahwa data dikumpulkan, disimpan, dan diproses dengan efektif untuk analisis dan pelaporan.


Melihat urgensi tersebut, beberapa keterampilan tampaknya perlu diasah dan dipersiapkan lebih matang agar pekerjaan yang berhubungan dengan data engineer bisa teratasi dengan baik dan semuanya berjalan dengan terstruktur.


Apalagi sejalan dengan teknologi yang kian canggih dan masif ini membuat pengetahuan tentang alat untuk mengatur alur data, mengotomatisasi, dan menjadwalkan alur kerja sangatlah penting. Hal ini sama saja dengan seorang calon data engineer memiliki pengetahuan soal orkestrasi alur data dalam menunjang pekerjaannya.


Orkestrasi alur data sangat penting dalam keterampilan seorang data engineer karena berperan dalam mengotomatisasi, mengelola, dan menjadwalkan alur kerja data secara efisien. Dengan demikian, orkestrasi alur data tidak hanya meningkatkan efisiensi dan konsistensi dalam pengelolaan alur kerja data, tetapi juga membantu Anda mengatasi kompleksitas yang terkait dengan tugas data engineering yang melibatkan banyak langkah dan ketergantungan.


Skill orkestrasi alur data merupakan satu keterampilan penting yang memungkinkan Anda untuk mengelola dan mengoptimalkan alur kerja data dengan efisien dalam lingkungan yang terus berubah dan skalabilitas yang bervariasi. Lalu apa saja pentingnya keterampilan orkestrasi data dalam menunjang pekerjaan sebagai data engineer? Simak selengkapnya yuk sahabat DQLab!


1. Otomatisasi Proses

Otomatisasi proses dalam orkestrasi alur data adalah salah satu aspek kunci yang memungkinkan data engineer untuk mengelola dan menjalankan alur kerja data secara efisien dan efektif. Otomatisasi proses adalah kunci untuk mengoptimalkan orkestrasi alur data dan menjalankan tugas data engineering secara efisien.


Dengan otomatisasi yang baik, Anda dapat meminimalkan intervensi manual, meningkatkan akurasi, mengurangi kesalahan, dan memastikan bahwa alur kerja data berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang diinginkan atau dalam respons terhadap peristiwa tertentu.

Data Engineer

Sumber Gambar: Avi Networks


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Jadwal Pekerjaan

Jadwal pekerjaan (job scheduling) dalam orkestrasi alur data adalah aspek kunci yang sangat penting. Ini memungkinkan data engineer untuk mengatur dan menjadwalkan eksekusi tugas-tugas dalam alur kerja data secara otomatis pada waktu yang ditentukan atau dalam respons terhadap peristiwa tertentu.


Dengan jadwal pekerjaan yang tepat, alur kerja data dapat dijalankan secara konsisten pada interval yang diinginkan. Misalnya, Anda dapat menjadwalkan alur kerja ETL untuk berjalan setiap hari pada pukul 2 pagi untuk mengambil dan mentransformasi data baru. 


Dengan menggunakan jadwal pekerjaan dalam orkestrasi alur data, seorang data engineer dapat mengoptimalkan pengelolaan alur kerja data, meningkatkan efisiensi, mengurangi kesalahan, dan memastikan bahwa tugas-tugas data dijalankan secara konsisten sesuai dengan kebutuhan bisnis.


3. Kesiapan untuk Lingkungan Cloud

Kesiapan untuk lingkungan cloud dalam orkestrasi alur data adalah keterampilan yang sangat penting dalam dunia data engineering saat ini. Lingkungan cloud, seperti AWS (Amazon Web Services), Azure, dan Google Cloud Platform, menyediakan berbagai layanan yang memungkinkan Anda untuk mengelola, menyimpan, dan memproses data dengan skala yang besar.


Dengan kesiapan untuk lingkungan cloud, seorang data engineer dapat mengoptimalkan alur kerja data, mengelola sumber daya dengan lebih efisien, dan memanfaatkan berbagai fitur dan layanan yang disediakan oleh penyedia cloud untuk menjalankan tugas data engineering dengan sukses. Ini adalah keterampilan yang penting dalam era data modern.

Data Engineer

Sumber Gambar: Fivetran


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


4. Reproduksi dan Replikasi

Reproduksi dan replikasi dalam konteks orkestrasi alur data mengacu pada kemampuan untuk membuat salinan atau versi yang sama dari alur kerja data Anda di berbagai lingkungan, seperti pengembangan (development), pengujian (testing), dan produksi (production).


Ini adalah bagian penting dari praktik pengembangan perangkat lunak yang baik dan memungkinkan Anda untuk mengelola alur kerja data secara konsisten dan aman saat berpindah antar lingkungan. Orkestrasi memungkinkan Anda untuk mereplikasi alur kerja data di berbagai lingkungan, seperti pengembangan, uji, dan produksi. Ini membantu dalam pengujian dan pengembangan yang konsisten.


Jika kalian bingung harus belajar dari mana terutama tidak memiliki latar belakang IT, maka tidak perlu khawatir. DQLab bisa menjadi pilihan terbaik kalian untuk memperdalam skill yang dibutuhkan data engineer. Mengapa harus DQLab?

  • Tersedia modul gratis yang bisa diakses sehingga kalian memiliki gambaran struktur modul pembelajaran yang dirancang.

  • Tidak hanya menyediakan pembelajaran bahasa pemrograman Python, DQLab juga dilengkapi pembelajaran R, SQL, dan Excel.

  • Modul pembelajaran disusun sistematis dengan dimulai dari teori atau konsep sampai praktik.

  • Dilengkapi dengan studi kasus beragam industri sehingga kalian terlatih mengaplikasikan data science dimanapun.

  • Tidak perlu install aplikasi coding, karena DQLab menyediakan Live Code Editor yang memudahkan pemula untuk memahami data science.

  • Adanya komunitas dan mentor berpengalaman yang akan membantu kalian ketika kesulitan selama proses belajar.


Bahkan modulnya sudah diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Wah, tunggu apa lagi nih? Dengan keunggulan di atas, kalian akan siap menjadi praktisi data profesional. Yuk, segera berlangganan dan mulai perdalam pemahaman di bidang data. Sahabat DQ tinggal Sign Up di website!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login