GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 8 Menit 20 Detik 

Pahami Apa Itu Big Data Analytics dan Manfaatnya Secara Mudah

Belajar Data Science di Rumah 23-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/99186a694695788dffb6d9af3d494963_x_Thumbnail800.png

Pada zaman ini dimana teknologi semakin berkembang hingga hampir seluruh kegiatan dapat dilakukan secara digital, muncul sebuah istilah yang disebut dengan big data. Big data sudah menjadi kata yang tidak asing di telinga pengembang perangkat lunak atau profesi-profesi data seperti Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer.


Penggunaan basis data sangat diperlukan agar dapat mengelola, menyimpan, memanajemen semua informasi yang berbentuk data secara terstruktur dan rapi. Maka dari itu, mari kenali lebih dalam mengenai big data, terutama big data analytics agar dapat digunakan secara maksimal. 


1. Pengertian Big Data

Big data merupakan kumpulan proses yang terdiri dari volume data berukuran besar yang terstruktur maupun tidak terstruktur dan big data dapat digunakan untuk membantu kegiatan bisnis. Karena big data merupakan pengembangan dari sistem database pada umumnya, terdapat beberapa hal yang membedakan daripada Database Management System (DBMS).


Yang membedakan adalah proses kecepatan, volume, dan jenis data yang tersedia karena lebih banyak dan bervariatif dibandingkan DBMS. Dalam big data juga dibagi lagi menjadi tiga bagian, yaitu volume, velocity, dan variety. Masing-masing bagian memiliki pengaruh dalam proses pengolahan data yang dilakukan.


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


2. Pengertian Big Data Analytics

Setelah membahas mengenai definisi dari big data, sekarang saatnya untuk membahas mengenai big data analytics. Big data analytics mengacu pada proses mengumpulkan, mengorganisasi, dan menganalisa sekumpulan big data untuk mendapatkan pola-pola dan informasi yang berguna.


Selain itu, tidak hanya membantu untuk memahami informasi yang terkandung dalam data, big data analytics juga membantu untuk mengidentifikasi data yang paling penting untuk keputusan atau strategi bisnis saat ini atau di masa yang akan datang. Pada dasarnya, big data analytics ingin menghasilkan pengetahuan dari hasil analisis data.


3. Manfaat Big Data Analytics

Karena perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis terus menerus berusaha mencari dan menemukan actionable insight atau pengetahuan yang dapat dipertanggung jawabkan dari data yang mereka miliki, big data pun dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan bisnis yang bersifat khusus.


Pertanyaannya antara lain bagaimana perusahaan dapat meningkatkan revenue, dan lain sebagainya. Big data analytics merupakan platform yang tepat untuk mendukung perusahaan dalam meningkatkan penjualan, efisiensi, dan memperbaiki operasional perusahaan sehingga pelayanan untuk pelanggan pun dapat semakin meningkat dan meminimalisasi risiko.


4. Proses Kerja Big Data Analytics

Big data analytics tidak memiliki satu aplikasi khusus yang dapat membuat big data terkumpul secara otomatis atau sendirinya. Maka dari itu terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan semuanya. Berikut cara kerja big data analytics.


  • Machine Learning

    Mesin ini dapat mencari dan mempelajari data yang akan diambil secara cepat hingga dapat menghasilkan model lain untuk menganalisis data lebih besar dan akurat.

  • Data Management

    Data perlu dikaji ulang agar data yang digunakan berkualitas tinggi dan bukan data palsu yang dibuat-buat.

  • Data Mining

    Pemeriksaan data berskala besar perlu dilakukan untuk menemukan pola-pola dalam sebuah data sehingga dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan rumit perusahaan.

  • Hadoop

    Dapat digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar karena merupakan sebuah open source software.

  • In-Memory Analytics

    Dapat digunakan untuk menganalisis secara cepat, membuat algoritma baru, menciptakan model baru, dan menghapus analisis yang dianggap keliru.

  • Predictive Analytics

    Dapat menghasilkan prediksi-prediksi yang akan terjadi di masa depan sehingga perusahaan dapat lebih percaya diri dalam mengambil keputusan.

  • Text Mining

    Dapat menganalisa tulisan yang berada di website, kolom komentar, buku, dan bagian website lainnya yang berbasis teks untuk menemukan topik baru yang dapat menciptakan koneksi antara perusahaan dan calon konsumennya.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis


5. Gali Lebih Banyak Informasi Seputar Big Data Analytics Di DQLab

Dengan mempelajari dan mulai menerapkan big data analytics, dapat dipastikan bisnis hingga pekerjaan kalian dalam bidang data akan semakin lebih mudah, efisien, dan akurat. Kalian dapat mulai belajar seluruh materi mengenai big data bersama dengan DQLab, kalian hanya perlu sign up di DQLab.id, lalu dapat langsung mengerjakan module "Introduction Data Science with Python and R" secara gratis. Yuk, daftarkan diri kalian di DQLab.id dan mulai perjalanan kalian di bidang data!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :