Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Pahami dan Kasai Tugas Data Scientist Berikut

Belajar Data Science di Rumah 20-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-02-2023-11-20-142957_x_Thumbnail800.jpg

Salah satu profesi yang cukup populer akhir-akhir ini adalah praktisi data. Profesi praktisi data ini terbagi menjadi beberapa profesi lagi yaitu seperti data scientist, data analyst, dan juga data engineer. Profesi ini merupakan salah satu profesi yang memiliki tanggung jawab yang penting dalam sebuah perusahaan, hal ini karena mereka memiliki tanggung jawab untuk mengolah data perusahaan yang berguna untuk mengembangkan sebuah perusahaan.


Data yang diolah ada berbagai macam seperti data penjualan produk, data karyawan, data pelanggan, dan data lainnya sesuai dengan permasalahan yang ada pada perusahaan tersebut. Nantinya data-data tersebut akan tersimpan dalam database perusahaan.


Nah, salah satu profesi yang memiliki tugas untuk mengolah data ini adalah data scientist. Seorang data scientist akan diberikan tugas untuk mengolah data dengan tujuan agar mendapatkan informasi baru berupa insight yang berguna bagi perusahaan.


Maka dari itu, skill analisis data, pemahaman akan data, dan juga memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan hasil temuan harus dimiliki dan dikuasai dengan baik oleh seorang data scientist. Selain itu data scientist memiliki tugas-tugas yang lain.


Apa sajakah itu? DQLab sudah merangkumnya pada artikel di bawah ini. Mari kita simak pembahasannya!


1. Meneliti dan Mengumpulkan Data

Tugas yang pertama dari seorang data scientist ini adalah dapat mengumpulkan data dan juga meneliti data tersebut dari masalah yang didapati. Biasanya untuk permasalahan yang harus diselesaikan oleh seorang data scientist ini adalah permasalahan yang belum pernah ditemui oleh perusahaan sebelumnya.


Hal ini dikarenakan seorang data scientist haruslah mengembangkan sebuah inovasi baru dan juga terobosan baru untuk perusahaan dan mereka juga harus mulai menyelesaikan masalah tersebut. 

Data Scientist

Credit by Suara.com


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


Untuk bisa memahami akan permasalahan data yang ada, data scientist perlu meneliti data tersebut. Dengan melakukan penelitian tersebut, diharapkan mereka dapat menyimpulkan data apa yang dibutuhkan dan juga bisa memastikan apakah data tersebut valid atau tidak. Barulah setelah meneliti data, seorang data scientist melakukan pengumpulan data, seperti data primer dan juga data sekunder. 


2. Mengolah Big Data

Tugas lainnya yang tidak kalah penting adalah mengolah big data. Big data sendiri adalah data yang jumlahnya sangat besar, beragam, dan juga waktu terkumpulnya terbilang singkat. Tujuan dari mengolah big data ini adalah untuk bisa menemukan sebuah informasi yang ada di balik data tersebut.


Data scientist akan mengambil data dengan menggunakan query, mengolah datanya dengan menggunakan tools seperti SPSS, lalu memvisualisasikannya dengan menggunakan tools visualisasi data seperti MatLab. 

Data Scientist

Credit by SEVIMA


3. Melakukan Analisis Data

Tugas selanjutnya dari seorang data scientist adalah melakukan analisis data. Untuk melakukan analisis data ini, data science bisa menggunakan tools untuk membantu mereka dalam bekerja seperti machine learning dan juga statistical method.


Statistical Method memiliki fungsi untuk melakukan analisis regresi, varians, dan juga multivariat yang memiliki tujuan untuk menemukan variabel, pola tertentu, tren, dan juga bisa digunakan untuk memperkirakan nilai di masa yang akan datang. Sedangkan machine learning digunakan untuk membuat sebuah prediksi dan juga klasifikasi tertentu untuk bisa menemukan solusi dari sebuah masalah.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Merancang Machine Learning

Machine learning adalah salah satu metode pembelajaran mesin yang dimana sebuah mesin dapat mempelajari data secara otomatis tanpa adanya bantuan dari manusia. Data scientist disini memiliki peran untuk merancang machine learning.


Dengan merancang machine learning, perusahaan mampu mengolah data dan juga menganalisis datanya dengan lebih cepat dan bisa memprediksi dengan berdasarkan data yang ada. 

Data Scientist

Credit by Udacity


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login