Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Pahami Fungsi String Split pada Python

Belajar Data Science di Rumah 18-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-01-2023-09-13-170646_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer digunakan oleh berbagai kalangan dengan keperluan masing-masing. Bahasa python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang bisa dipelajari oleh para pemula.


Bahasa pemrograman python memiliki beragam fungsi atau fitur yang bisa digunakan, salah satunya adalah string split. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa hal terkait fungsi python pada string split. 


Bahasa python termasuk ke dalam bahasa favorit para programmer. Tidak hanya digunakan untuk menganalisis data, bahasa python ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat games, mengembangkan website, dan lainnya.


Python memiliki beberapa kelebihan seperti bersifat open source, bisa digunakan diberbagai sistem operasi komputer, mendukung Internet of Things (IoT), dan masih banyak lainnya.


1. Pengertian String Split

Pada bahasa python terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan, salah satunya seperti string split python. String split merupakan salah satu fungsi dalam python yang berguna untuk membagi data string menjadi daftar string setelah memecah string yang diberikan oleh pemisah yang sudah ditentukan.


Jika fungsi tersebut tidak memiliki pemisah yang ditentukan, maka fungsi tersebut akan menggunakan spasi putih secara default. 

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Parameter String Split

Pada saat membuat program python dengan menggunakan fungsi split, terdapat tiga parameter yang dapat digunakan agar proses eksekusi program lebih optimal, yaitu:

  • separator, merupakan parameter yang berfungsi sebagai pemisah yang mana separator ini telah ditentukan sebelumnya. Jika pemisah tidak ditentukan dalam fungsi split, maka otomatis spasi putih yang akan digunakan sebagai pemisah

  • maxsplit, merupakan parameter yang digunakan untuk menentukan berapa kali string dapat diputus

  • return, parameter ini berguna untuk mengembalikan daftar string setelah fungsi split memecah string dengan pemisah yang ditentukan


Python


3. Cara Kerja String Split

String split dalam python seringkali dibutuhkan pengguna untuk berbagai kepentingan. String split ini memiliki cara kerja dengan memindai string atau baris yang diberikan berdasarkan separator yang nantinya akan dianggap sebagai parameter dalam fungsi split.


Jika separator tidak diteruskan sebagai parameter ke fungsi split(), white space dalam string atau baris yang diberikan dianggap sebagai pemisah oleh fungsi split(). Berapa kali string atau baris tertentu harus dipecah (nilai max) juga dapat ditentukan menggunakan fungsi split().


Jika kita tidak menentukan nilai ini, seluruh string atau baris akan dipindai dan dipisahkan berdasarkan separatornya. Fungsi split() nantinya akan mengembalikan substring sebagai elemen list.


4. Contoh Penggunaan String Split

String split python memiliki beberapa cara penggunaan, beberapa diantaranya adalah dengan 

  • menggunakan default argument, ketika tidak memasukkan argumen maka fungsi berjalan secara default di mana pemilihan separatornya adalah spasi sedangkan maxsplit tidak terbatas

  • menggunakan argumen separator, seperti separator koma, separator titik, dan separator simbol

  • menggunakan argumen separator dan maxsplit


Pada artikel kali ini kita akan mengenali contoh penggunaan string split dengan menggunakan separator ‘dan’.

Python

Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Bahasa python memiliki berbagai kegunaan dalam dunia data. Dalam bahasa python pun memiliki berbagai fitur yang diperlukan dalam coding, seperti string split python.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login