3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 4 Menit 6 Detik

Pahami Ini, Sebelum Belajar Cara Menggunakan Chat GPT

Belajar Data Science di Rumah 05-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-09-2023-12-05-131558_x_Thumbnail800.jpg

Dengan adanya perkembangan pada industri yang semakin canggih setiap waktunya, OpenAI muncul dengan mengembangkan sebuah terobosan dan kini sedang hangat dibicarakan yaitu Chat GPT. Chat GPT ini sedikit berbeda dengan chatbot pada umumnya, jadi Chat GPT ini adalah chatbot berbasis Machine Learning yang digunakan untuk membantu menghasilkan ide konten, esai, dan juga menyelesaikan pertanyaan matematika maupun excel.


Platform Chat GPT ini sudah memantapkan posisinya dalam berbagai perusahaan industri berbasis teknologi dan juga internet. Tetapi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Chat GPT ini dan keunggulan apa saja yang dihadirkannya? Bagaimana cara menggunakannya? Mari kita simak pembahasannya pada artikel kali ini ya!


1. Apa itu Chat GPT?

Chat GPT atau Generative Pre-training Transformer adalah kecerdasan buatan yang memiliki cara kerja dengan menggunakan format percakapan. Chat GPT ini adalah produk dari perusahaan Ai non profit yang bernama Open AI. Produk semacam chatbot ini diklaim bisa melakukan berbagai macam tugas dalam waktu yang singkat. Tugas-tugas yang ditanyakan kepada Chat GPT ini umumnya seputar pekerjaan seperti rumus excel, coding, dan lain sebagainya. 


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner



2. Kelebihan dan Kekurangan Chat GPT

Adapun kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh Chat GPT ini apa sajakah itu?

  • Kelebihan:

  1. Memiliki kecepatan dalam memberikan jawaban dan sifatnya yang sangat responsif

  2. Jawaban yang disajikan cukup menggunakan bahasa yang cukup mudah dipahami oleh manusia.

  • Kekurangan:

  1. Kredibilitas dan juga keabsahan dari jawabannya tidak bisa dijadikan landasan sepenuhnya.

  2. Informasi yang masih terbatas dan hanya bisa mencari informasi maksimal tahun 2021.

  3. Untuk beberapa pertanyaan masih kurang kontekstual seperti apa yang kita inginkan.


3. Cara Menggunakan Chat GPT

Cara menggunakan Chat GPT ini sebenarnya sangatlah mudah. Jika kalian belum mengetahuinya dan ingin mencoba Chat GPT ini, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Bukalah browser kalian dan ketik Open AI

  2. Kemudian, kalian bisa klik Sign Up dan silahkan masukkan akun pribadi milik kalian, proses ini bisa kalian lakukan dengan Email, Google Account maupun Microsoft Account.

  3. Setelah sign up, kalian akan langsung masuk ke dalam halaman chat.

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


  1. Pada halaman chat inilah kalian bisa bertanya kepada AI, permasalahan apa saja yang ingin kalian ketahui solusinya. Misal kalian ingin mencari tahu rumus dari rata-rata sebuah data excel, kalian bisa langsung bertanya kepada Ai ini.

Artificial Intelligence




4. Manfaat Chat GPT

Chat GPT juga memiliki beberapa manfaat seperti:

  1. Menyediakan Informasi

    Manfaat dari Chat GPT ini adalah menyediakan informasi dengan hanya mengajukkan pertanyaan tentang topik yang diinginkan dengan menggunakan kata-kata kunci yang kemudian akan menjadi perintah.


  1. Memberikan Saran

    Selain menyediakan informasi, Chat GPT ini juga mampu menjadi tempat pemberi saran yang cukup baik. Seperti bertanya saran tempat makan yang kalian inginkan, rekomendasi film terbaru, dan lain sebagainya.


  1. Meningkatkan Produktivitas

    Tugas-tugas yang kalian miliki dapat diselesaikan dengan cepat dengan menggunakan Chat GPT ini. Hal ini akan mendorong kalian menjadi lebih produktif. Beberapa tugas kalian akan menjadi lebih mudah selesai dengan dibantu dengan Chat GPT ini. Tetapi kalian juga harus memeriksa kembali jawaban yang diberikan apakah akurat atau tidak.


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :