PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 4 Jam 27 Menit 18 Detik

Pahami Perintah Dasar SQL dalam Sistem Operasi Dasar

Belajar Data Science di Rumah 13-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/04c63d13c42e6564cbbc6725d75a4809_x_Thumbnail800.jpeg

Penggunaan bahasa SQL merupakan salah satu kebutuhan bagi para praktisi data. Untuk mengatasi permasalahan data dalam jumlah besar, praktisi data membutuhkan bantuan bahasa pemrograman yang sesuai. Dalam prosesnya, terdapat berbagai sistem operasi SQL yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang paling penting untuk menjalankan komputer yang diibaratkan sebagai penjaga gerbang yang mengawasi siapa saja yang masuk ke dalam sistem.


SQL atau kepanjangan dari Structured Query Language merupakan bahasa komputer standar yang digunakan untuk berinteraksi dengan suatu sistem database atau lebih tepatnya sistem manajemen database relasional Jadi, user dapat menambahkan, mengubah, mengupdate, mencari dan menghapus data dari suatu sistem database dengan menggunakan SQL. Kira-kira apa saja operasi pada SQL yang dapat kita terapkan? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Pengertian Sistem Operasi

Dalam dunia teknologi, istilah sistem operasi tentunya bukanlah hal yang asing lagi. Sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak. Sistem operasi memiliki berbagai fungsi seperti melakukan proses booting, manajemen proses, loading, execution, manajemen memori, keamanan data, manajemen risiko, kontrol perangkat, dan masih banyak lainnya. 


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Data Definition Language (DDL)

Data definition language merupakan perintah dasar dalam SQL yang berguna untuk membangun kerangka database. Terdapat beberapa perintah penting di dalam DDL yaitu create (perintah untuk membuat beberapa kebutuhan), alter (perintah untuk mengubah struktur tabel yang sudah dibuat), dan drop (perintah untuk menghapus database maupun tabel).


3. Data Control Language (DCL)

Data control language merupakan perintah dasar dalam SQL yang berfungsi untuk mengontrol data dan server database, seperti manipulasi user dan priviledges. Dalam DCL, terdapat dua perintah penting yaitu grant dan revoke. Grant merupakan perintah yang digunakan untuk memberi hak akses dari admin ke pengguna, yaitu hak untuk membuat, mengambil, mengubah dan menghapus data. Adapun revoke merupakan perintah untuk mencabut hak akses yang sebelumnya telah diberikan kepada pengguna. Sehingga dapat dikatakan dua perintah penting ini memiliki fungsi yang berlawanan.


4. Data Manipulation Language (DML)

Data manipulation language merupakan perintah dasar SQL yang berguna untuk memanipulasi database. Dalam DML terdapat beberapa perintah penting yang dapat digunakan yaitu insert (perintah untuk memasukkan data baru ke dalam tabel), select (perintah untuk mengambil dan menampilkan data dalam tabel), update (perintah untuk memperbarui data dalam tabel) dan delete (perintah untuk menghapus data dari tabel).


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Penggunaan perintah dasar dalam SQL tentunya perlu dipahami lebih dekat untuk memudahkan pengguna dalam mengakses maupun membuat atau memanipulasi data. Bahasa SQL dasar dapat kamu pelajari di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login