FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 28 Menit 31 Detik 

Pahami Sistem Operasi SQL dengan 5 Perintah Dasarnya

Belajar Data Science di Rumah 26-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/71e8df2f3f73158728efc4d6222907e3_x_Thumbnail800.jpeg

SQL atau Structured Query Language adalah bahasa query yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data. SQL merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar untuk DBMS. Banyak pekerjaan yang membutuhkan keterampilan SQL, sebab SQL sangat berkaitan erat dengan pengelolaan data. Maka dari itu, tidak heran jika tools ini merupakan salah satu syarat wajib apabila ingin berkarir di dunia data. 


Secara umum, bahasa SQL memiliki 5 perintah dasar yang biasanya dipakai dalam database administrator yaitu DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), DQL (Data Query Language), DCL (Data Control Language) dan TCL (Transactional Control Language). Dari semua perintah yang ada dalam SQL memiliki query yang berbeda-beda sahabat DQLab. 


Query adalah permintaan data dari database. Permintaan ini bisa dalam bentuk tabel database atau kombinasi tabel menggunakan kode yang disebut dengan bahasa query. Dengan demikian, sistem bisa memahami dan memproses kueri yang sesuai. Dalam perintah SQL, kita bisa melakukan banyak sekali perlakuan dengan query yang ingin kita ketikkan. Mulai dari pemilihan (SELECT), tindakan (action), atau keduanya. 


Pemilihan bisa mengambil informasi dari sumber data, dan tindakan berfungsi untuk manipulasi data, misalnya untuk menambah, mengubah, atau menghapus data. Nah, kira-kira apa saja perintah yang ada di dalam bahasa pemrograman SQL. Kali ini, kita akan bahas lebih lanjut terkait sistem operasi SQL beserta perintahnya.


1. DDL

Kita masuk perintah dasar yang pertama sahabat DQLab yaitu DDL (Data Definition Language). DDL merupakan perintah (QUERY) dalam SQL yang berfungsi untuk membuat dan membangun database serta membuat tabel itu sendiri. Perintah yang ada dalam Data Definition Language berguna untuk membuat kerangka dari data yang akan dibuat DDL meliputi CREATE, ALTER dan DROP.


SQL


CREATE

Perintah CREATE dalam SQL berfungsi untuk membuat database maupun tabel dalam basis data SQL. Perintah CREATE sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan pembuatan database. Kamu bisa mengombinasikan berbagai perintah SQL guna membuat kerangka database.

Contoh:

CREATE DATABASE nama_database

CREATE TABLE nama_table.


ALTER

Lanjut, ada perintah ALTER. Perintah ALTER berfungsi untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat. Adapun diantaranya yakni mengubah nama tabel, menambah kolom, mengubah kolom, menghapus kolom, dan memberikan atribut pada kolom.

Contoh:

ALTER TABLE nama_tabel ADD nama_kolom datatype

ALTER TABLE nama_tabel DROP COLUMN nama_kolom


DROP

Perintah DROP berfungsi untuk menghapus database dan tabel yang telah dibuat. Apabila kamu mengeksekusi perintah ini, data yang telah terisi didalamnya otomatis akan terhapus.

Contoh:

DROP DATABASE nama_database.

DROP TABLE nama_table.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. DML

Perintah dasar SQL yang kedua adalah DML (Data Manipulation Language). DML adalah sebuah perintah (Query) SQL yang digunakan untuk memanipulasi data dalam database. Ada beberapa contoh perintah yang seringkali dipakai dalam Data Manipulation Language yaitu INSERT, SELECT, UPDATE, dan DELETE. Berikut adalah masing-masing penjelasannya:


SQL


INSERT

Perintah ini digunakan untuk memasukkan atau menginputkan sebuah data baru ke dalam sebuah tabel. Perintah INSERT hanya dapat dijalankan apabila user membuat database dan tabel. 

Contoh:

INSERT INTO nama_table SET nama_kolom=”variabel1”,

nama_kolom=”variabel2”

INSERT INTO nama_tabel VALUES (data1, data2, dst….)


SELECT

Perintah ini digunakan untuk memilih dan menampilkan data dari tabel atau beberapa tabel dengan penggunaan relasi, pengambilan dari beberapa tabel. Kamu bisa memakai operasi JOIN yang ada di SQL. Mulai dari LEFT JOIN SQL, RIGHT JOIN dan lain-lain.

Contoh:

SELECT nama_kolom1, nama_kolom2 FROM nama_tabel

SELECT*FROM nama_tabel order by kolom_dipilih ASC.


UPDATE

Perintah UPDATE digunakan untuk merubah atau menyunting data pada sebuah tabel. Dalam perintah ini kamu perlu menyertakan sintaks WHERE. Apabila tidak maka semua kolom akan berubah.

Contoh:

UPDATE nama_tabel SET kolom1=data1, kolom2=data2…WHERE kolom=data.


DELETE

Perintah DELETE dalam SQL ditujukan untuk menghapus data dari sebuah tabel ataupun database. Sama halnya dengan perintah UPDATE, pada perintah DELETE juga menyertakan sintaks WHERE jika tidak maka semua data anda akan terhapus.

Contoh:

DELETE FROM nama_tabel WHERE kolom=data.


3. DCL

Data Control Language (DCL) adalah perintah dalam SQL yang berfungsi untuk melakukan kontrol terhadap data dan memanipulasi dari hak akses database itu sendiri. Jadi, DCL digunakan untuk mengatur hak akses (Privilage) dan memanipulasi USER Database. Adapun contoh dari Data Control Language adalah GRANT dan REVOKE. 


SQL


GRANT

Perintah ini dipakai untuk memberikan hak akses oleh admin ke salah satu pengguna. Nah, hak akses ini bisa dari hak membuat database maupun tabel (CREATE), mengambil data (SELECT), menghapus data (DELETE), mengubah data (UPDATE). Perintah GRANT dapat digunakan untuk membuat admin dalam sebuah database.


REVOKE

Selain perintah GRANT, ada juga perintah REVOKE yang biasanya dipakai dalam Data Control Language. Jika pada perintah GRANT, pengguna mengizinkan pengguna lain untuk melakukan sharing berupa ubah data dan lain-lain. Namun, lain halnya dengan perintah REVOKE. Perintah ini justru mencabut hak akses dari user.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. DQL

Lanjut, ada DQL yang merupakan perintah atau bahasa SQL yang digunakan untuk melakukan query ke database. Perintah DQL atau Data Query Language ini juga bisa dikategorikan sebagai perintah DML. Contoh perintah DQL salah satunya adalah SELECT. SELECT dipakai untuk mendapatkan data dari tabel.


SQL


5. TCL

Terakhir ada TCL yang merupakan salah satu perintah dalam SQL. TCL atau Transactional Control Language merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan sistem transactional dalam database. 


SQL


Biasanya digunakan untuk melakukan query lebih dari satu tabel dalam sekali waktu. Kemudian data akan tersimpan apabila semua query tidak terjadi error. Contoh perintah TCL diantaranya:

  • Perintah COMMIT digunakan untuk melakukan transaksi

  • Perintah ROLLBACK digunakan untuk membatalkan transaksi


6. Sistem Operasi SQL

SQL ini digunakan untuk mengelola database dengan cara memberikan beberapa fungsi tersendiri dalam sebuah website yang ingin kita kelola databasenya. Bahasa ini sering dipakai oleh beberapa programmer backend, dikarenakan fungsi utama dari SQL ini adalah mengolah data maupun informasi dari user.

Fungsi dari SQL ini adalah bisa mengakses dan juga memanipulasi database, kedua SQL ini mampu dalam mengeksekusi sebuah query dalam database, ketiga SQL dapat mengambil data yang berasal dari database, ke empat SQL juga memiliki fungsi untuk membuat sebuah database baru jadi kalian tidak perlu repot harus menggunakan software lain untuk membuat sebuah database, dengan menggunakan SQL kalian cukup mudah dalam membuat sebuah database baru.


Nikmati trilogi modul Fundamental SQL menarik  lainnya bersama DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun.


Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :