DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 26 Menit 30 Detik 

Pakai Excel Untuk Buat Tabel? Simak Cara Mudah dan Praktisnya Disini!

Belajar Data Science di Rumah 19-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/846130062fa5520ad33f1b14fe4e8d54_x_Thumbnail800.png

Ketika kalian memutuskan untuk menjadi salah satu profesi data, seperti contohnya Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Kalian sudah pasti akan terus berhadapan dengan data sebagai pekerjaan sehari-hari kalian. Data tersebut perlu kalian olah agar dapat disajikan kepada para pemangku kepentingan dalam perusahaan.


Karena tidak semua orang mengerti cara membaca data, salah satu tanggung jawab kalian sebagai profesi data yaitu perlu memvisualisasikan data dalam bentuk tabel, grafik atau infografis. Dengan visualisasi data, tentunya selain mudah dimengerti, penyajian kalian akan terlihat lebih rapi dan apik. Pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan kalian informasi mengenai salah satu cara menyajikan data, yaitu dengan tabel. Ayo, simak bersama!


1. Pengertian Tabel

Tabel merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Excel untuk mengelompokkan data-data. Secara umum, tabel merupakan sebuah daftar yang memuat ringkasan sejumlah data atau informasi yang saling berkaitan. Informasi tersebut dapat berupa teks atau angka yang tersusun dalam sejumlah baris dan kolom secara sistematis, dengan begitu data-data tersebut akan lebih mudah dibaca dan dipahami.


Dengan fitur yang disajikan oleh Excel tersebut, tentunya diharapkan dapat mempermudah kalian dalam mengolah dan menganalisa data, baik untuk kegiatan sehari-hari atau yang pekerjaan selalu mengolah data. Membuat tabel di Excel tidak hanya memberikan garis pembatas pada kumpulan data yang dimiliki, namun kalian benar-benar membuat kumpulan data tersebut menjadi format tabel dengan fitur tabel yang terdapat di Excel.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Jenis-jenis Tabel

Tabel sendiri memiliki beberapa jenis yang dapat dimanfaatkan ketika akan menyajikan data. Jenis-jenisnya terdiri data tabel satu arah, dua arah, dan tiga arah. Masing-masing jenis tersebut memiliki karakteristik masing-masing dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan data yang akan kalian olah. Berikut keterangan masing-masing jenis tabel.


  • Tabel Satu Arah

    Jenis tabel ini dapat kalian gunakan untuk menyajikan keterangan mengenai satu karakteristik saja, contohnya seperti jumlah, ukuran, dan lainnya yang biasa dinyatakan dalam bentuk angka. Jenis tabel satu arah ini merupakan jenis tabel paling sederhana dan sering digunakan karena mudah proses pembuatannya.


  • Tabel Dua Arah

    Untuk jenis tabel dua arah, kalian dapat menggunakannya ketika akan menyajikan hubungan antara dua karakteristik, seperti contohnya jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan umur, anggota kelas menurut jenis kelamin dan ekskul yang diikuti.


  • Tabel Tiga Arah

    Tabel tiga arah merupakan jenis tabel yang bisa digunakan untuk menyajikan data yang berhubungan dengan tiga karakteristik sekaligus, seperti contohnya data penduduk berdasarkan jenis kelamin, umur, dan kecamatan atau data mahasiswa berdasarkan asal daerah, jenis kelamin, dan umur.


3. Cara Membuat Tabel di Excel

Membuat tabel dapat kalian lakukan dengan Excel versi tahun yang berbeda, seperti contohnya Excel versi 2003, 2007, 2010 atau bahkan 2016. Cara pembuatannya hampir sama dan oleh karena itu akan lebih memudahkan kalian untuk memahami langkah-langkahnya. Dalam membuat tabel juga terdapat dua cara, yaitu dengan menu Insert Table dan Format as Table. Mari kita mulai dari menu Insert Table.


  • Blok bagian data yang ingin kalian ubah menjadi tabel.

  • Klik tombol ‘Table’ pada tab ‘Insert’--‘Group Tables’ atau untuk simpelnya kalian bisa tekan tombol Ctrl + T atau Ctrl + L.

  • Ketika muncul option box ‘Create Table’, kalian perlu memastikan bahwa data yang kalian blok sudah sesuai.

  • Apabila bagian data yang kalian blok memiliki judul kolom, maka centang bagian ‘My table has headers’ agar tidak muncul header baru di bagian atas tabel kalian.

  • Klik ‘OK’, kemudian tabel baru akan langsung muncul pada spreadsheet kalian.


Berikut untuk cara kedua, yaitu Format as Table.

  • Blok bagian data yang ingin kalian ubah menjadi tabel.

  • Klik tab’ Home’ dan bagian ‘Group Style’, kemudian pilih menu ‘Format as Table’.

  • Kalian bisa dengan bebas memilih desain tabel yang diinginkan.

  • Ketika muncul option box ‘Create Table’, kalian perlu memastikan bahwa data yang kalian blok sudah sesuai.

  • Apabila bagian data yang kalian blok memiliki judul kolom, maka centang bagian ‘My table has headers’ agar tidak muncul header baru di bagian atas tabel kalian.

  • Klik ‘OK’, kemudian tabel baru akan langsung muncul pada spreadsheet kalian.



4. Cara Menghapus Tabel di Excel

Setelah kalian memahami cara membuat tabel di Excel, kalian juga memerlukan cara dalam menghapus format tabel tersebut. Kalian dapat memilih tiga cara menghapus tabel di Excel sesuai dengan kebutuhan kalian. Pertama adalah ketika kalian ingin menghapus tabel beserta isinya, kalian bisa langsung menyeleksi seluruh tabel dan headernya jika ada, kemudian tekan tombol ‘Delete’ pada keyboard.


Cara kedua adalah ketika kalian ingin menghapus isi dari tabel saja, kalain dapat menyeleksi semua baris atau row kecuali header, kemudian tekan ‘Delete’. Dan yang terakhir adalah apabila kalian ingin menghapus tabel, namun tetap mempertahankan isi dan formatnya, kalian bisa pilih bagian mana saja pada tabel. Ketika muncul kontekstual tab ‘Table Tools-Design’, pilih tab ‘Design; dan pada group tools pilih menu ‘Convert to Range’.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Telusuri Kegunaan Excel Lebih Banyak Lagi!

Masih banyak fitur dalam Excel yang dapat kalian gunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau pekerjaan kalian. DQLab dapat memberikan kalian sesi belajar untuk lebih memahami Excel dan juga Data Science, lho! Ayo, kalian bisa langsung sign up di DQLab.id, kemudian kalian dapat langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis! Yuk perbanyak ilmu mengenai data bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :