Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Panduan Python dengan Jenis Data Dictionary

Belajar Data Science di Rumah 02-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-01-2024-02-03-094417_x_Thumbnail800.jpg

Python kerap menjadi pilihan bagi pemula untuk belajar bahasa pemrograman. Ini karena Python memiliki sintaksis yang mudah dipahami dan dipuji karena konsistensinya. Dengan begitu, pemula jadi lebih cepat dalam memahami konsep dasar bahasa pemrograman tanpa harus terjebak dalam sintaks yang kompleks nan rumit.


Selain itu, Python dikenal sebagai "bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan sulit untuk dilupakan." Artinya, ketika seseorang memulai belajar Python, fondasi yang mereka bangun cenderung mudah diingat dan dapat diaplikasikan di berbagai konteks pengembangan perangkat lunak.


Dalam penggunaannya, Python dapat menangani berbagai jenis dan tipe data. Mulai dari integer, float, tuple, set, boolean, dictionary, dan lain-lain. Namun, kali ini pembahasannya akan merujuk kepada tipe data dictionary. Dictionary merupakan tipe data yang sangat fleksibel dan berguna dalam menyimpan data dalam bentuk pasangan kunci-nilai (key-value pairs).


Setiap elemen dalam dictionary terdiri dari kunci yang bersifat unik dan nilai yang terkait dengan kunci tersebut. Nah, kira-kira kamu penasaran tidak nih dengan penerapan jenis data dictionary pada Python. Simak yuk sahabat DQLab biar sama-sama belajar!


1. Apa itu Tipe Data Dictionary

Dictionary adalah tipe data yang sangat fleksibel dan berguna dalam pemrograman Python. Ini merupakan struktur data yang memungkinkan penyimpanan dan pengelolaan data dalam bentuk pasangan kunci-nilai (key-value pairs). Setiap elemen dalam dictionary terdiri dari dua bagian utama: kunci (key) yang bersifat unik dan nilai (value) yang terkait dengan kunci tersebut.


Salah satu keunggulan besar dictionary adalah kemampuannya untuk menyimpan dan mengakses data dengan sangat efisien. Kunci dalam dictionary memungkinkan kita untuk langsung mengakses nilai yang terkait tanpa perlu menelusuri seluruh elemen.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Ciri dan Karakteristik Tipe Data Dictionary

Berikut adalah beberapa karakteristik kunci dan nilai dalam dictionary:

  • Unik: Setiap kunci dalam dictionary harus bersifat unik, sehingga tidak ada dua pasangan kunci yang sama.

  • Immutable: Kunci harus bersifat tak dapat diubah (immutable), seperti string atau tuple. Nilai, di sisi lain, dapat berupa tipe data apa pun, termasuk list atau dictionary.

  • Mutable: Dictionary bersifat mutable, artinya kita dapat menambah, mengubah, atau menghapus pasangan kunci-nilai setelah dictionary dibuat.


3. Penerapan Dictionary dalam Pekerjaan di ranah data

Penggunaan dictionary sangat luas dalam pemrograman. Beberapa contoh penggunaannya melibatkan:

  • Pemrosesan Data: Dictionary memungkinkan representasi data terstruktur dan efisien. Misalnya, data mahasiswa dengan NIM sebagai kunci dan informasi mahasiswa sebagai nilai.

  • Konfigurasi Aplikasi: Banyak aplikasi menggunakan dictionary untuk menyimpan konfigurasi dan preferensi pengguna.

  • Pengolahan Teks dan JSON: Dictionary sangat berguna dalam mengurai dan memanipulasi data teks atau JSON, yang sering digunakan dalam pengembangan web dan ilmu data.

  • Manipulasi Struktur Data: Dalam algoritma dan struktur data, dictionary sering digunakan untuk menyimpan dan mengakses informasi dengan efisien.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Coding Sederhana tentang Data Dictionary pada Python

Dalam mendefinisikan dictionary, kita dapat menggunakan kurung kurawal ({}) dan memisahkan setiap pasangan kunci-nilai dengan tanda titik dua (:). Agar lebih jelas, berikut adalah contoh coding sederhana dari jenis data dictionary dalam bahasa pemrograman Python

Python

Selain itu, dictionary dapat diubah (mutable), artinya kita dapat menambah, mengubah, atau menghapus pasangan kunci-nilai. Contoh:

Python


Hai sahabat DQ, ingin jago dalam bahasa pemrograman Python? Atau bingung buat pilih bootcamp yang cocok dengan kebutuhan, kesibukan, dan ingin belajar lebih lanjut? Kalian bisa belajar melalui program Bootcamp Live Class yang disediakan oleh DQLab. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python.


Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang Data Science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?

  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian atau Sign Up dan nikmati semua manfaat di atas!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login