TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 28 Menit 4 Detik

Pecahkan Rahasia String dengan Fungsi Split Python

Belajar Data Science di Rumah 07-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-01-2023-09-08-103953_x_Thumbnail800.jpg

Hai, teman-teman! Apakah kalian tahu bahwa Python, bahasa pemrograman yang menyenangkan, memiliki alat rahasia yang bisa membantu kita dalam memecah-mecah kata dan kalimat? Alat itu disebut "split," dan dalam artikel ini, kita akan belajar cara menggunakannya.


String Split Python adalah operasi yang melibatkan string atau data berbentuk teks. Fungsi string split dalam Python merupakan fungsi yang cukup sering digunakan, dimana kita bisa membagi string yang panjang menjadi string yang lebih kecil.


Tenang saja, split ini tidak merusak apapun seperti yang kamu lihat di film-film, tapi malah sangat membantu dalam pemrograman. Mari kita mulai memecahkan rahasia ini bersama-sama!


1. Apa itu Fungsi Split

Python


Pertama-tama, mari kita pelajari apa itu fungsi split. Fungsi split adalah cara untuk membagi sebuah string (baris teks) menjadi beberapa bagian yang lebih kecil berdasarkan suatu karakter tertentu, seperti spasi, koma, atau tanda titik. Ini sangat berguna ketika kita ingin mengambil kata-kata atau data dari sebuah kalimat atau data yang panjang.


Contohnya, jika kita punya kalimat "Hari ini adalah hari yang cerah," kita bisa menggunakan split untuk membagi kalimat ini menjadi kata-kata terpisah, seperti "Hari," "ini," "adalah," "hari," "yang," dan "cerah."


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menggunakan Spasi Sebagai Pemisah

Salah satu cara paling umum untuk menggunakan fungsi split adalah dengan menggunakan spasi sebagai pemisah. Ini akan memecah string menjadi kata-kata yang terpisah berdasarkan spasi. Contohnya, jika kita punya kalimat "Saya suka belajar Python," kita dapat menggunakan split untuk mendapatkan kata-kata "Saya," "suka," "belajar," dan "Python."


3. Menggunakan Karakter Khusus Sebagai Pemisah

Python


Selain spasi, kita juga bisa menggunakan karakter khusus lain sebagai pemisah. Misalnya, jika kita punya data yang dipisahkan oleh koma, kita bisa menggunakan split dengan koma sebagai pemisah. Contohnya, jika kita punya data "apel, jeruk, pisang," kita dapat menggunakan split dengan koma sebagai pemisah untuk mendapatkan data "apel," "jeruk," dan "pisang."


4. Menghitung Jumlah Bagian yang Dihasilkan

Saat kita menggunakan fungsi split, kita juga bisa menghitung berapa banyak bagian yang dihasilkan dari pemecahan string. Ini akan membantu kita dalam mengelola data yang dihasilkan. Misalnya, jika kita ingin tahu berapa banyak kata dalam sebuah kalimat, kita bisa menghitung jumlah bagian yang dihasilkan oleh split.


5. Menyimpan Hasil dalam List

Hasil dari split biasanya disimpan dalam bentuk list. List adalah cara Python untuk menyimpan beberapa item dalam satu variabel. Dengan menyimpan hasil split dalam list, kita bisa mengakses dan mengelola data tersebut dengan lebih mudah.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Sekarang kita telah mengungkap rahasia fungsi split dalam Python. Fungsi ini adalah alat yang sangat berguna dalam pemrograman dan dapat membantu kita mengelola dan memanipulasi data dengan lebih baik.


Jadi, jangan ragu untuk mencoba sendiri dan mulai memecah-mecah kata dan kalimat. Dengan memahami split, kita akan menjadi pemrogram Python yang lebih tangguh! Ayo, mulailah belajar Python dan terus eksplorasi dunia pemrograman yang menarik ini!


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.


Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab.id dan ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :