PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 17 Jam 37 Menit 6 Detik

Pelajari 4 Fungsi Teks dalam Excel Berikut

Belajar Data Science di Rumah 11-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-08-2023-12-11-155401_x_Thumbnail800.jpg

Dalam proses analisis data, kita sering dihadapkan pada data dengan format teks yang masih perlu dirapikan. Baik secara format huruf kapital, penggunaan tanda baca, atau bahkan harus menggantinya dengan data yang baru karena salah input. Excel bisa kalian gunakan untuk melakukan proses tersebut.


Pada Excel terdapat fungsi teks yang memiliki beragam rumus untuk melakukan data cleansing untuk format teks. Nah, dalam artikel ini kita akan belajar 4 rumus dasar. Mulai dari CONCATENATE sampai REPLACE. Setiap rumus tentunya memiliki peran masing-masing. Yuk, langsung simak dan praktikkan fungsi tersebut!


1. CONCATENATE

CONCATENATE dalam Excel adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk menggabungkan atau menyatukan dua atau lebih teks atau nilai dalam satu sel. Dengan ini, kalian bisa menghasilkan teks atau string yang lebih lengkap dengan menggabungkan informasi dari beberapa sel atau nilai. Fungsi CONCATENATE dalam Excel memiliki rumus umum sebagai berikut.

Excel


Dengan text1 adalah parameter yang wajib diisi, merupakan teks atau nilai pertama yang akan digabungkan. Sedangkan [text2] merupakan parameter opsional, dapat berupa teks atau nilai tambahan yang ingin digabungkan dengan text1.


Anda dapat menambahkan parameter ini sebanyak yang diinginkan. Perhatikan contoh berikut ini.

Excel


Kita menggabungkan teks dari sel A dan sel B menggunakan fungsi CONCATENATE. Karena data tersebut belum memiliki spasi, supaya lebih rapi kita juga menambahkan spasi dalam rumusnya.


2. LOWER

LOWER dalam Excel adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mengkonversi semua huruf dalam teks menjadi huruf kecil. Fungsi ini berguna ketika kalian ingin memastikan konsistensi format teks atau melakukan perbandingan teks tanpa memperhatikan huruf besar atau kecil. Rumus umum LOWER adalah:

Excel


Dimana text adalah parameter yang wajib diisi dan merupakan teks yang ingin dikonversi menjadi huruf kecil. Perhatikan contoh berikut.

Excel


3. PROPER

PROPER dalam Excel adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mengonversi teks sehingga huruf pertama setiap kata dalam teks berubah menjadi huruf kapital, sementara huruf lainnya menjadi huruf kecil. Fungsi ini dapat dimanfaatkan ketika kalian ingin memperbaiki format penulisan kata-kata dalam sebuah teks. Rumus umum PROPER adalah:

Excel


Dengan text adalah parameter yang wajib diisi dan merupakan teks yang ingin diubah formatnya. Yuk perhatikan contohnya berikut ini.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


4. REPLACE

REPLACE dalam Excel adalah fungsi yang digunakan untuk menggantikan sebagian teks dalam suatu sel dengan teks lainnya. Fungsi ini memerlukan beberapa argumen, termasuk teks awal, posisi awal karakter yang ingin diganti, jumlah karakter yang akan diganti, dan teks pengganti. Rumus umum REPLACE adalah:

Excel


Supaya paham penggunaannya, perhatikan contoh berikut ini.

Excel


Sebagai contoh, jika kita memiliki nilai "apple pie" di sel A2 dan ingin mengganti kata "apple" dengan "cherry", kita dapat menggunakan rumus REPLACE seperti di atas. Hasilnya di sel B2 akan menjadi "cherry pie", di mana fungsi REPLACE telah menggantikan kata "apple" dengan "cherry" pada posisi awal karakter pertama hingga kelima.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Masih ada banyak fungsi yang bisa kalian pelajari lagi loh di Excel. Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut? 

Excel


Kalian bisa mulai belajar di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Jangan lupa ikuti pula Bootcamp Data Analyst with Excel!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login