Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Pelajari Langkah Jalankan Skrip pada Python

Belajar Data Science di Rumah 06-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-01-2024-05-04-101250_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman adalah sebuah instruksi standar yang biasa digunakan untuk memerintahkan komputer untuk menjalankan fungsi tertentu. Nah, ada salah satu bahasa pemrograman yang bisa kalian pelajari jika kalian tidak memiliki pengalaman coding sebelumnya. Bahasa tersebut adalah bahasa pemrograman Python


Bahasa Python adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi, karena sudah menggunakan bahasa manusia dalam membuat sintaksnya. Bahasa pemrograman Python ini termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak sekali dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. Hal ini dikarenakan bahasa Python ini memiliki beberapa macam keunggulan seperti bahasa yang mudah untuk dipahami, memiliki komunitas yang besar, tersedia banyak sekali library, memiliki sifat open source, dan lain sebagainya.


Nah, untuk mengawali kalian mempelajari Python ini, simak artikel berikut ini mengenai tutorial menjalankan script pada bahasa Python ini. Yuk kita lihat pembahasannya!


1. Langkah Awal Mempelajari Python

Untuk para pemula yang ingin mempelajari bahasa pemrograman Python ini. Ada baiknya kalian mengetahui beberapa langkah awal yang bisa mempermudah kalian dalam mempelajari bahasa Python ini. Untuk langkah-langkahnya antara lain:

  • Menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti komputer dan juga text editor

  • Mempelajari dasar-dasar pemrograman Python

  • Konsisten dalam belajar bahasa pemrograman

  • Bisa dengan mengikuti pelatihan ataupun bootcamp

Python

Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Apakah Python Merupakan Bahasa Pemrograman atau Bahasa Scripting?

Pada dasarnya, semua jenis bahasa scripting dianggap sebagai bahasa pemrograman. Perbedaan diantara keduanya adalah bahasa pemrograman dikompilasi sedangkan bahasa scripting diinterpretasikan. Bahasa script lebih lambat dibandingkan bahasa pemrograman dan biasanya berada di belakangnya.


Karena mereka hanya berjalan pada subset bahasa pemrograman, mereka memiliki lebih sedikit akses terhadap kemampuan lokal komputer. Python bisa disebut dengan bahasa script dan juga bahasa pemrograman karena ia memiliki fungsi sebagai kompiler dan juga juru bahasa. Standar Python bisa mengkompilasi kode Python menjadi bytecode dna kemudian menafsirkannya seperti Java dan C.


3. Interpreter Python

Interpreter adalah lapisan perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai jembatan antara program dan perangkat keras sistem agar kode tetap berjalan. Interpreter Python adalah aplikasi yang bertanggung jawab untuk menjalankan script Python. Interpreter Python bekerja pada lingkungan Read-Eval-Print-Loop (REPL). Interpreter ini akan berakhir ketika kita menggunakan perintah exit() atau quit() jika tidak, eksekusi akan terus berjalan. 


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Cara Menjalankan Script Python

Bahasa Python juga dikenal sebagai bahasa yang memiliki sintaks yang mudah untuk dipahami dan dipelajari oleh pemula. Untuk cara menjalankan script dari Python sangatlah mudah. Tentunya kita akan mengetahui struktur bahasa yang akan digunakan. Untuk langkah-langkahnya seperti berikut ini. 

  • Kalian bisa mengetik perintah “print” untuk bisa menampilkan kata apa yang ingin kalian jalankan

  • Kalian bisa menggunakan tanda petik “” diantara kata yang ingin kalian jalankan

  • Diluar tanda petik “” tadi kalian bisa menggunakan tanda buka kurung pada awal kalimat dan ditutup dengan kurung di akhir kalimat.

Python

Python

Gimana sahabat DQ? Terbukti bukan bahasa python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 


Python


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login