MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 30 Menit 53 Detik 

Yuk, Pelajari Materi Data Science Secara Online Bersama DQLab Disini!

Belajar Data Science di Rumah 30-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1e9b1d2b5b62f62ab303b1d5a0216431_x_Thumbnail800.jpeg

Materi data science adalah topik yang sedang naik daun dan diperbincangkan baik oleh profesional maupun pemula. Ada banyak komunitas-komunitas yang didirikan untuk membahas data science dan menjadi tempat berkumpulnya talent-talent data yang fokus belajar data science. Data science menjadi ilmu yang menarik dipelajari saat ini karena memiliki fungsi yang bermanfaat dalam pengolahan data. Aktivitas manusia sekarang yang hampir semuanya terhubung dengan teknologi menyebabkan penumpukan data. Data tersebut dapat diolah dan kita bisa memperoleh informasi yang tersembunyi dari kumpulan data tersebut yang berpengaruh pada pengambilan keputusan.


Kepopuleran data science juga menumbuhkan banyak tempat kursus untuk mempelajari data science baik offline maupun online. Di kondisi pandemi seperti sekarang mengikuti kursus online menjadi pilihan banyak orang agar bisa menambah skill walaupun tetap dirumah saja. Kita bisa belajar kapan saja dan dimana saja tanpa bentrok dengan waktu kerja atau sekolah. DQLab adalah salah satu kursus online data science di Indonesia dengan menerapkan kurikulum yang terstruktur, memberikan sertifikat bagi yang berhasil menyelesaikan pembelajaran, hingga job connector yang memberikan peluang karir bagi talent-talent data terbaik. Lalu, apa saja yang materi data science yang harus dipelajari? Simak pembahasannya bersama dibawah ini, yuk!

1. Pahami Tipe-Tipe Data Science

Data yang diolah dengan data science tidak hanya berupa angka namun dapat berupa teks, gambar, video, dan sebagainya. Penerapan data science lebih merujuk pada big data yaitu kumpulan data dalam jumlah besar dengan jenis yang beragam dan pertumbuhan data yang relatif singkat. Tipe-tipe dalam data science yaitu structured data, unstructured data, dan semi-structured data. Structured data adalah data yang sudah terorganisir dengan baik yang bisa diolah dan dianalisis oleh perusahaan. Format data pada tipe data ini sudah seragam dan dapat dipahami oleh mesin pencari. Unstructured data adalah data dalam bentuk yang belum dikenal atau tidak terstruktur. Data pada tipe data ini dapat berupa gambar, video, teks, dan lainnya. Semi-structured data adalah data yang tidak kompleks dan tidak bisa diolah dengan tagging metadata untuk mendapatkan informasi. Ketiga tipe data di atas harus dikuasai talent data agar dapat menerapkan metode yang tepat saat mengolah data.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Visualisasi Data

Proses data science meliputi mengumpulkan data, mengolah data, memanipulasi data, menganalisis data, dan memvisualisasikan data. Sebagai talent data wajib hukumnya mempelajari bagaimana membuat visualisasi data yang baik. Tidak semua orang dapat membaca dan memahami data dalam bentuk tabel. Data yang sudah diolah akan lebih baik jika disajikan dalam bentuk yang menarik dan mudah dipahami orang lain. Visualisasi data menggunakan grafik atau plot untuk menyajikan data. Pastikan bentuk grafik yang digunakan sesuai dengan data yang akan dibuat visualisasinya sehingga informasi yang diperoleh dapat tersampaikan dengan baik dan bisa dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan. Di DQLab kamu bisa belajar bagaimana membuat visualisasi data untuk berbagai jenis data.

3. Machine Learning

Machine learning merupakan bagian dari data science. Machine learning adalah metode pembelajaran dimana mesin dapat belajar dengan sendirinya tanpa harus diprogram berulang. Semakin banyak data input yang digunakan untuk pembelajaran mesin, maka semakin bagus mesinnya. Tipe-tipe machine learning yaitu supervised learning, unsupervised learning, semi-supervised learning, dan reinforcement learning. Adapun alur kerja machine learning yaitu mengumpulkan data, eksplorasi data, pemilihan model, melatih model, evaluasi model, dan melakukan prediksi. Beberapa contoh penerapan machine learning di kehidupan sehari-hari antara lain yaitu pendeteksi wajah, rekomendasi produk, virtual assistant, segmentasi pelanggan, dan sebagainya.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!