FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 48 Menit 20 Detik 

Pelatihan Data Scientist 2023 untuk Fresh Graduate

Belajar Data Science di Rumah 10-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/48d8560c557cbfe652dead462827f89b_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi data scientist sangat membantu perusahaan dari berbagai industri untuk mengembangkan produk dan mengambil keputusan lebih lanjut berdasarkan peluang yang ada. Ini karena akibat dari perkembangan teknologi dan transformasi digital. Dengan adanya data scientist, maka keputusan lebih akurat dan berdasarkan data valid. Tidak mengherankan jika sekarang banyak lulusan baru dari latar belakang mana pun ingin berkarir menjadi data scientist


Namun, seorang data scientist membutuhkan skill yang cukup kompleks. Itulah mengapa sangat penting bagi Sahabat DQ mempersiapkan diri sedini mungkin. Saat ini beragam pelatihan data scientist sudah banyak di Indonesia. Kalian tinggal menyesuaikan dengan kapasitas diri, waktu, dan kondisi finansial. Adakah pelatihan data scientist yang mudah diikuti lulusan baru? Tentu ada, dong. Yuk simak penjelasannya!


1. Data Scientist dan Tugasnya

Data Scientist

Data scientist adalah pekerjaan yang menerapkan ilmu komputer berupa pemrograman, dengan ilmu statistika dan matematika. Tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk mengumpulkan, mengolah, menafsirkan, menganalisis, data terstruktur dan tidak terstruktur menjadi sebuah informasi. Seorang data scientist biasanya tergabung dalam sebuah tim yang memiliki tugas tertentu. Misalnya pada suatu e-commerce terdapat data scientist untuk bagian produk, bagian finansial, atau mungkin bagian HRD. Pada praktiknya data scientist bertugas memprediksi perilaku pelanggan dan mengidentifikasi peluang bisnis yang ada.


Berikut rincian tugas dan tanggung jawab seorang data scientist.

  • Mengidentifikasi sumber pengumpulan data untuk kebutuhan bisnis.

  • Memproses, membersihkan, dan mengintegrasikan data.

  • Pengumpulan data otomatis dan proses manajemen.

  • Menganalisis data dalam jumlah besar untuk memperkirakan tren dan memberikan laporan dengan rekomendasi.

  • Berkolaborasi dengan tim bisnis, teknik, dan produk.

  • Mengembangkan, mengimplementasikan, dan memelihara database.

  • Menghasilkan informasi dan wawasan dari kumpulan data dan mengidentifikasi tren dan pola.

  • Menyiapkan laporan untuk tim eksekutif dan proyek.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Skill yang Harus Dikuasai

Data Scientist

Menjadi seorang data scientist dibutuhkan keahlian khusus untuk menunjang dan mempermudah aktivitas pengolahan data. Berikut skill yang harus Sahabat DQ miliki.

  • Menganalisis data. Ini menjadi aspek utama yang dimiliki seorang data scientist. Kemampuan ini akan membantu dalam memahami data dan mengubahnya menjadi sebuah informasi yang penting bagi perusahaan.

  • Kemampuan statistik. Statistik dibutuhkan data scientist untuk mengetahui gambaran umum data yang dimiliki. Sehingga perencanaan pengolahan data lebih tepat sasaran. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan insight yang lebih mendalam dan sesuai kebutuhan.

  • Kemampuan pemrograman. Tools yang digunakan data scientist untuk menganalisis data dapat beroperasi jika diinputkan bahasa pemrograman tertentu. Inilah alasan mengapa dibutuhkan kemampuan setidaknya satu bahasa pemrograman. Beberapa bahasa tersebut yaitu Python, R, dan lainnya. Adapun pemrograman dengan penggunaan bahasa seperti python ini berfungsi untuk memudahkan para data scientist untuk mengatur atau mengorganisir kumpulan data yang tidak terstruktur.

  • Kemampuan manajemen database. Data yang diolah oleh seorang data scientist tentunya dalam jumlah besar dan perlu disimpan dalam sebuah database. Untuk mengekstraknya dibutuhkan pemahaman Structured Query Language (SQL) dan manajemen database.

  • Pemahaman bisnis. Sering kali seorang data scientist berada dalam diskusi atau rapat bisnis yang ditugaskan untuk mengomunikasikan ide-ide kompleks dan membuat keputusan organisasi (perusahaan) berdasarkan data. Dengan memiliki pemahaman bisnis yang kuat, ini akan mempermudah Sahabat DQ menyampaikan ide atau informasi yang relevan.  


3. Hal yang Dipertimbangan Untuk Belajar Data Scientist

Data Scientist

Kalian mulai tertarik untuk menjadi seorang data scientist? Berdasarkan penjelasan sebelumnya, diketahui banyak sekali skill yang dibutuhkan oleh seorang data scientist. Maka kalian juga perlu belajar secara bertahap untuk mempersiapkan diri. Jika kalian memiliki waktu yang terbatas bisa memulai dengan belajar secara otodidak dan online. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Desain modul pembelajaran. Bagi kalian yang pemula tentu akan kesulitan jika modul pembelajaran yang diberikan terlalu sulit. Oleh karena itu penting untuk memahami garis besar materi yang akan dipelajari pada kursus online tersebut. Ada baiknya memilih kursus yang menyediakan pembelajaran dari basic, technical, advance, dan study case.

  • Kredibilitas kursus online. Ini sudah pasti perlu dipertimbangkan karena kualitas pembelajaran didukung dari kredibilitas kursusnya. Biasanya kursus yang kredibel memiliki tutor yang berpengalaman pula. Sehingga sangat membantu kalian jika terdapat kesulitan selama proses pembelajaran.

  • Kemudahan mengakses kursus. Hal ini juga perlu diperhatikan karena tujuan dari kursus online memudahkan pengguna untuk belajar dengan waktu yang terbatas yang dimilikinya. Fitur seperti live code editor juga akan memudahkan karena pengguna tidak perlu install aplikasi lainnya saat praktik.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Pelatihan Data Scientist di DQLab

Mulai bingung memilih tempat pelatihan atau kursus yang tepat? DQLab adalah jawaban bagi kalian. Semua kemudahan dan kualitas yang diberikan akan membantu Sahabat DQ mempersiapkan diri menjadi data scientist. DQLab juga menyediakan sejumlah modul pembelajaran gratis, loh untuk kalian coba praktikkan. Sehingga kalian memiliki gambaran umum belajar melalui DQLab.


Data Scientist


Jika kalian terdaftar sebagai member Platinum, kalian bisa mengakses semua modul pembelajaran. Mulai dari R, Python, SQL, dan Excel. Skill kalian akan lebih matang lagi.


Data Scientist


Yuk, segera lakukan Sign Up dan persiapkan diri untuk menjadi seorang data scientist profesional bersama DQLab!


Penulis: Dita Feby

Editor: Annisa Widya

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :