PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 4 Jam 17 Menit 26 Detik

Pelatihan Employee dengan SQL EXISTS & IN JOIN

Belajar Data Science di Rumah 24-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-06-2023-08-24-223417_x_Thumbnail800.jpg

SQL sebagai bahasa pemrograman memiliki beragam fungsi dan operator yang bisa digunakan untuk analisis data. Salah satunya adalah SQL EXISTS. Dalam SQL, EXISTS adalah operator yang digunakan untuk menguji keberadaan baris dalam subquery. Operator ini menghasilkan nilai TRUE jika subquery mengembalikan setidaknya satu baris, dan FALSE jika subquery kosong. EXISTS umumnya digunakan dalam klausa WHERE untuk memfilter baris berdasarkan keberadaan data di subquery. EXISTS dalam SQL memiliki peran penting dalam analisis data karena memungkinkan Anda untuk melakukan kueri yang lebih kompleks dan akurat terhadap data berdasarkan kondisi keberadaan yang spesifik.


Dalam analisis data seringkali ditemukan adanya data yang memiliki kerumitan dibandingkan adanya duplikasi data. Dengan menggunakan EXISTS, Anda dapat memfilter data berdasarkan keberadaan baris di tabel lain yang memenuhi kondisi tertentu. Selain itu, penggunaan EXISTS dalam SQL juga sangat membantu khususnya dalam menghindari adanya duplikasi data. EXISTS SQL akan memastikan bahwa data yang sesuai dengan kriteria mereka sajalah yang akan ditampilkan. Tentunya rumus berikut sangatlah membantu khususnya dalam mempelajari bahasa pemrograman SQL bagi pemula. 


Kali ini, kita akan membahas tidak hanya fungsi EXISTS saja sahabat DQLab. Ada juga fungsi IN dan JOIN. Selengkapnya kalian bisa simak melalui postingan berikut ini yuk sahabat DQLab!


1. EXISTS

Operator pertama adalah EXISTS. EXISTS digunakan untuk menguji keberadaan baris dalam subquery. EXISTS menghasilkan hasil boolean (TRUE atau FALSE) berdasarkan apakah subquery mengembalikan setidaknya satu baris atau tidak. Hal ini umumnya digunakan dalam klausa WHERE untuk menghubungkan baris dari tabel lain berdasarkan kondisi keberadaan. Berikut adalah contoh sintaks dari operator EXISTS

SELECT name

FROM customers

WHERE EXISTS (SELECT 1 FROM orders WHERE orders.customer_id = customers.id);

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. IN

IN digunakan untuk membandingkan nilai dengan satu set nilai yang telah ditentukan dalam subquery atau daftar nilai yang disediakan secara langsung. Operator IN juga menghasilkan hasil boolean berupa TRUE atau FALSE berdasarkan apakah nilai yang diberikan ada di dalam daftar nilai yang diberikan. IN umumnya digunakan dalam klausa WHERE untuk memilih baris berdasarkan nilai yang cocok. Berikut adalah contoh dari penggunaan operator IN:

SELECT name

FROM products

WHERE category_id IN (SELECT id FROM categories WHERE name = 'Electronics');

SQL

Dalam contoh tersebut, kita dapat memilih produk yang memiliki kategori “Electronics”


3. JOIN

JOIN digunakan untuk menggabungkan baris dari dua atau lebih tabel berdasarkan kolom yang sesuai di antara mereka. Hal ini digunakan untuk mengambil data dari beberapa tabel dalam satu kueri. JOIN dapat digunakan dalam berbagai jenis (INNER JOIN, LEFT JOIN, RIGHT JOIN, FULL OUTER JOIN) untuk mengontrol bagaimana baris-baris yang cocok atau tidak cocok untuk diperlakukan. Berikut adalah contoh penggunaan dari sintaks JOIN:

SQL

Dalam contoh diatas, kita akan menggabungkan antara tabel pelanggan (customer.name) dengan pesanan (orders.order_date) berdasarkan kolom “customer_id”


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Perbedaan EXISTS, IN dan JOIN

EXISTS dan IN adalah dua konsep yang berbeda dalam SQL yang digunakan untuk menghubungkan data dari tabel yang berbeda atau menguji keberadaan data dalam subquery. Sementara JOIN adalah operasi yang digunakan untuk menggabungkan baris dari dua atau lebih tabel berdasarkan kolom yang sesuai.


Perbedaan utama adalah bahwa EXISTS dan IN digunakan untuk menguji keberadaan, sedangkan JOIN digunakan untuk menggabungkan baris dari tabel yang berbeda. Pemilihan metode tergantung pada kebutuhan spesifik Anda dalam kueri SQL.


Nah, jadi gimana nih sahabat DQLab? Seru banget kan untuk belajar tentang fungsi EXISTS, IN dan JOIN dengan menggunakan SQL? Bahasa SQL termasuk bahasa pemrograman yang perlu dipelajari sebelum menganalisis data. Kita bisa mempelajari bahasa SQL mulai dari dasar secara live code di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login