Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Pelatihan Excel: 4 Aspek Utama Materi dalam Pelatihan

Belajar Data Science di Rumah 09-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-08-2024-05-09-195921_x_Thumbnail800.jpg

Pelatihan Excel menjadi sebuah langkah krusial bagi siapapun yang ingin menguasai tool ini secara keseluruhan. Pelatihan Excel akan membuat mereka melakukan pembelajaran mengenai berbagai fitur, fungsi, dan teknik yang terdapat dalam Excel untuk mengelola data, menganalisis informasi, membuat laporan, serta membuat visualisasi data yang informatif. Adapun berbagai fungsi Excel yang sering dibahas, seperti fungsi matematika, logika, dan statistik.


Tujuan dari pelatihan Excel sendiri adalah untuk membekali peserta dengan skill dan pengetahuan yang diperlukan untuk menggunakan Excel dalam konteks profesional ataupun untuk penggunaan pribadi. Pelatihan Excel dapat diselenggarakan dalam berbagai format, termasuk kursus online, pelatihan secara tatap muka, buku panduan, tutorial video, maupun sumber daya online lainnya.


Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai aspek-aspek yang sering dipelajari di berbagai pelatihan Excel. Yuk, simak pembahasannya!


1. Fungsi dan Formula Dasar

Excel

Penggunaan fungsi dan formula akan sering dibutuhkan dalam penggunaan Excel, khususnya dalam proses analisis data. Pelatihan Excel yang baik bisa dimulai dengan memahami fungsi dan formula dasar. Fungsi yang umum dibahas seperti fungsi matematika seperti SUM, AVERAGE, dan MAX, serta fungsi logika seperti IF dan AND. Dengan memahami penggunaan fungsi-fungsi ini, peserta pelatihan akan dapat melakukan perhitungan dasar dan membuat keputusan berdasarkan kondisi tertentu dalam data mereka.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Analisis Data dan Penggunaan Tools Analisis

Excel

Sebagai praktisi data, tentunya proses analisis data dengan menggunakan Excel menjadi hal yang harus dikuasai. Biasanya dalam pelatihan Excel, setelah menguasai formula dasar maka para peserta akan belajar tentang analisis data dalam Excel. Umumnya akan dimulai dengan membahas penggunaan tools bawaan seperti filter, sort, dan pivot table untuk memfilter dan merangkum data dengan efisien. Peserta pelatihan juga akan mempelajari teknik-teknik analisis lanjutan seperti analisis regresi, analisis varians, dan lainnya dengan memanfaatkan menu Analysis Data yang harus ditambah melalui add-ins.


3. Pembuatan Visualisasi Data yang Menarik

Excel

Visualisasi data adalah keterampilan penting dalam pelatihan Excel. Peserta akan diajarkan cara membuat grafik, diagram, serta pivot table yang menarik dan informatif sehingga mereka bisa mengkomunikasikan temuan yang mereka dapatkan dengan jelas kepada rekan kerja dan para stakeholder lainnya. Untuk bisa melakukan visualisasi yang informatif, para peserta akan membutuhkan pemahaman tentang jenis grafik yang tepat untuk berbagai jenis data serta teknik formatting yang efektif.


4. Otomatisasi dan Pengoptimalan Proses Kerja

Excel

Salah satu keunggulan utama Excel adalah kemampuannya untuk mengotomatiskan tugas-tugas rutin. Dalam pelatihan Excel level advanced, biasanya peserta akan diberikan materi mengenai cara menggunakan fitur-fitur seperti macro dan VBA untuk membuat skrip-skrip yang dapat menjalankan serangkaian tugas secara otomatis. Mereka juga akan belajar tentang penggunaan formula array dan teknik pengoptimalan kinerja untuk meningkatkan efisiensi kerja mereka.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Pelatihan Excel adalah investasi yang sangat penting di dunia industri modern. Kemampuan untuk mengelola data, meningkatkan produktivitas, dan membuat keputusan yang lebih cerdas adalah aset yang sangat dihargai oleh perusahaan. 


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Data Analyst with Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login