Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Pelatihan Excel 5 Menit dengan Fungsi RAND

Belajar Data Science di Rumah 04-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/dd5111a5ade9941cef41ae53d747d717_x_Thumbnail800.jpeg

Rumus Excel memiliki beberapa jenis fungsi yang bisa diaplikasikan dalam melakukan data analysis. Mulai dari mengurutkan data, menyeleksi data, melakukan fungsi teks dan karakter pada data, mencari nilai unik pada data, mencari nilai maksimum maupun minimum dan masih banyak lagi formula yang lain. Dengan beragamnya rumus yang disediakan oleh Excel tentu saja akan memudahkan user dalam menyelesaikan pekerjaannya. Salah satu rumus yang bisa dijadikan referensi dalam melakukan pengolahan data adalah fungsi RAND. 


Excel memiliki dua fungsi yaitu fungsi RAND dan RANDBETWEEN. Dua fungsi ini bisa dipakai untuk membuat angka acak diantara 0 dan 1 maupun angka yang lebih besar. Bisa dalam bentuk puluhan serta ratusan ke atas maupun angka-angka acak pada range tertentu. Fungsi RAND juga bisa dipakai untuk membuat angka acak berupa bilangan desimal dan bilangan asli. Keduanya bisa disebut dengan Random Generator atau pembuat angka acak di MS Excel. Biasanya dipakai untuk keperluan suatu audit, sampling, atau sekedar untuk mengumumkan pemenang undian.


Artikel ini spesial karena kita sama-sama belajar excel cuma 5 menit aja dengan mempelajari Fungsi RAND plus cara menggunakannya. So, langsung aja yuk simak artikel selengkapnya berikut ini!


1. Apa itu Fungsi RAND

Fungsi RAND merupakan fungsi yang dipakai untuk membuat angka random atau acak pada Microsoft Excel. Angka yang akan muncul dengan menggunakan fungsi ini nantinya meliputi angka lebih dari 0 hingga kurang dari angka 1. Fungsi ini memiliki kerabat dekat yaitu RANDBETWEEN. Rumus RANDBETWEEN merupakan rumus untuk membuat bilangan acak sesuai rentang angka yang kita inginkan. Jadi mau angka berapa saja sangat bisa untuk kita masukkan dalam fungsi tersebut tanpa terkecuali. Asalkan sesuai dengan batas yang sudah kita tetapkan.


Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Bentuk Umum Fungsi RAND

Pada dasarnya format penulisan ataupun bentuk umum dari fungsi RAND adalah sebagai berikut:

Excel

Keterangan:

RAND: merupakan nama rumus untuk mengacak angka diantara angka 0 hingga 1.


Rumus RAND dinilai lebih simple dan ringkas karena memang argumennya cuma satu saja. Berbeda dengan fungsi lain yang dimana kita bisa mereferensikan sel ataupun Range. Pada formula ini, kita hanya bisa mengatur batasan angka tertentu dengan menambahkan simbol asterix ataupun tanda bintang lalu disusul angka dibelakangnya. Berikut adalah penggunaan contoh pada rumus RAND

Excel

Berdasarkan formula diatas maka fungsi ini memiliki arti bahwa kita akan mengacak angka antara 0 hingga angka 10. Dengan begitu maka angka yang muncul nantinya adalah angka 0 hingga angka 10 sesuai dengan sintaks yang telah diketikkan.


3. Perbedaan RAND dan RANDBETWEEN

Lalu bagaimana dengan fungsi RANDBETWEEN? Sebelum kita membahas perbedaan antara formula RAND dengan RANDBETWEEN, kita akan membahas persamaan dari fungsi RANDBETWEEN terlebih dahulu. Pada dasarnya format penulisan ataupun bentuk umum dari fungsi RANDBETWEEN adalah sebagai berikut:

Excel

Keterangan:

  • RANDBETWEEN merupakan fungsi yang dipakai dalam Microsoft Excel untuk mengecek angka sesuai dengan rentang angka yang kita masukkan

  • AngkaTerkecil merupakan angka terkecil (batas bawah) yang ingin kita acak

  • AngkaTerbesar merupakan angka terbesar (batas atas) yang ingin kita acak.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Contoh Penggunaan Fungsi RAND dan RANDBETWEEN

It’s time to practice! Sekarang kita akan menggunakan fungsi RAND dan RANDBETWEEN. 

Fungsi RAND

Misalnya kita akan melakukan pengacakan terhadap bilangan 0-20. Tapi kita cari angka secara acak dengan fungsi RAND. Terus caranya gimana? Bukannya tadi fungsi RAND ini sifatnya terbatas? Nah, seperti yang sudah dijelaskan bahwa fungsi RAND ini secara default akan mengacak dengan batasan angka 0 hingga 1. 


Tapi pada contoh kali ini, kita mulai coba mengacak angka dimulai dari angka 0 hingga 20. Berikut adalah contoh aplikasinya:

=RAND()*20.

Rumus ini akan kita ketikkan pada salah satu sel yang nantinya akan ditampilkan hasil angka acak. Berikut adalah contohnya

Excel

Setelah itu kamu bisa tekan ENTER untuk mengetahui hasilnya. Jika salah satu hasilnya sudah keluar maka kita bisa menyalin rumusnya dengan cara tarik atau seret untuk memunculkan hasil lain pada sel yang berbeda. Berikut adalah outputnya

Excel

Setelah diacak dengan menggunakan fungsi RAND maka didapatkan hasil 17,67.


Fungsi RANDBETWEEN

Masih dalam ilustrasi yang sama, kali ini kita akan pakai fungsi yang berbeda yaitu RANDBETWEEN. Adapun rentang bilangan yang kita tentukan adalah angka 10-20. Pada RANDBETWEEN, user dapat lebih leluasa dalam menentukan berapa batas atas (angka yang paling besar) dan batas bawah (angka paling kecil). Semisal kita ingin mengacak antara angka 10-20 maka rumusnya sebagai berikut:


=RANDBETWEEN(10;20)


Masukkan angka terkecil dan angka terbesar ke dalam rumus. Jangan lupa perhatikan tanda titik koma atau pemisah diantara angka tersebut. Rumus ini akan kita ketikkan pada salah satu sel yang nantinya akan ditampilkan hasil angka acak. Berikut adalah contohnya

Excel


Setelah itu kamu bisa tekan ENTER untuk mengetahui hasilnya. Jika salah satu hasilnya sudah keluar maka kita bisa menyalin rumusnya dengan cara tarik atau seret untuk memunculkan hasil lain pada sel yang berbeda. Berikut adalah outputnya

Excel

Setelah diacak dengan menggunakan fungsi RANDBETWEEN maka didapatkan hasil 11.


Setelah dapat materinya, sekarang kamu jadi tahu gimana mudahnya belajar Excel cuma 5 menit aja. 


Gabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self-learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill Data Science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti Excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus Data Science online bersama DQLab! Kebetulan DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT & mengutamakan pembelajaran praktik langsung yang dapat diterapkan di dunia nyata. 


Kapan lagi kan belajar data science sambil chat bareng layaknya platform ChatGPT? Dijamin bakalan seru abis. Yuk langsung aja belajar bareng di DQLab yaa!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login