Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Pelatihan Excel dengan Fungsi DATEVALUE

Belajar Data Science di Rumah 09-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-08-2023-11-09-100826_x_Thumbnail800.jpg

Excel menawarkan berbagai fungsi untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah fungsi dalam menghitung waktu.


Ada banyak sebenarnya rumus Excel yang digunakan untuk menghitung waktu, jarak antara dua waktu yang saling bersamaan misalnya waktu mulai dan waktu selesai, jarak antara dua tanggal yang saling berhimpitan antara tanggal awal dengan tanggal akhir. Namun, artikel kali ini kita akan fokus ke satu rumus yaitu rumus DATEVALUE pada Excel.


Fungsi DATEVALUE pada excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan mengubah data tanggal dalam bentuk teks ke bilangan serialnya di dalam spreadsheet. Pada DATEVALUE, 1 Januari 1900 merupakan bilangan 1 dalam angka serial excel.


Angka serial tanggal setelahnya mengikuti penambahan hari dari 1 Januari 1900 tersebut. Jika kamu memasukkan waktu sebelum 1 Januari 1900, maka formula ini akan menghasilkan error #VALUE..


Jika kamu adalah seorang pemula yang baru mengenal Excel, kamu bisa mencoba untuk mempelajari rumus ini. Sederhana dan mudah caranya! Kamu bisa ikuti artikel ini sebagai latihan kamu dalam mempelajari rumus-rumus Excel. So, simak artikelnya sampai habis ya sahabat DQLab!


1. Fungsi DATEVALUE

Fungsi DATEVALUE dalam Excel digunakan untuk mengubah teks yang mewakili tanggal dalam sel menjadi nilai tanggal yang dapat digunakan dalam perhitungan atau analisis lebih lanjut.


Fungsi ini berguna ketika Anda memiliki data tanggal dalam bentuk teks dan ingin menggunakannya dalam perhitungan atau fungsi Excel yang memerlukan nilai tanggal. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Sintaks DATEVALUE

Berikut adalah sintaks dan contoh penggunaan fungsi DATEVALUE:

Excel

Keterangan:

teks_tanggal: Ini adalah teks yang mewakili tanggal yang ingin Anda ubah menjadi nilai tanggal. Teks ini harus sesuai dengan format tanggal yang dikenali oleh Excel, seperti "dd/mm/yyyy" atau "mm/dd/yyyy."


3. Contoh Penggunaan DATEVALUE

Misalkan Anda memiliki tanggal dalam sel A1 yang berbentuk teks seperti "17/08/2017". Anda ingin mengubahnya menjadi nilai tanggal sehingga Anda dapat melakukan perhitungan atau memformat ulang tanggal tersebut.


Anda dapat menggunakan fungsi DATEVALUE seperti ini:

Excel

Sumber Gambar: Kelas Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Hal yang Perlu diperhatikan dalam penggunaan DATEVALUE

Perlu diingat bahwa DATEVALUE akan mengubah teks yang sesuai dengan format tanggal yang dikenali oleh pengaturan regional Excel di komputer Anda. Jadi pastikan bahwa teks tanggal yang Anda berikan sesuai dengan format yang diharapkan oleh Excel di komputer Anda. Fungsi DATEVALUE sangat berguna dalam membersihkan dan memproses data tanggal yang masuk dalam format teks.


Yuk eksplorasi penggunaan ChatGPT untuk membuat berbagai rumus excel bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python.


Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login