PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 4 Jam 21 Menit 9 Detik

Pelatihan Pemrograman Data Scientist dari DQLab

Belajar Data Science di Rumah 06-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a6a8689f561fdbebc068424317c8a851_x_Thumbnail800.jpeg

Di era big data seperti saat ini, istilah yang sering kita dengar adalah ‘data science’. Ilmu ini merupakan ilmu yang berfokus pada pengolahan big data untuk mendapatkan insight menarik yang digunakan di berbagai bidang industri. Seseorang yang memahami data science disebut dengan data scientist. Besarnya peluang karir di bidang data science menjadi salah satu penyebab menjamurnya pelatihan data scientist, baik yang gratis maupun berbayar. 


Pelatihan data scientist membantu calon praktisi data untuk meningkatkan skill data science yang akan digunakan dalam pekerjaan sehari-hari, mulai dari basic statistika dan matematika, machine learning, hingga bahasa pemrograman. Salah satu tools yang akan sering digunakan oleh seorang data scientist untuk menyelesaikan tugas sehari-harinya adalah bahasa pemrograman, seperti R atau Python. Salah satu platform yang menyediakan pelatihan data scientist secara gratis adalah DQLab. Apa itu DQLab dan pelatihan apa saja yang bisa kita ikuti? Yuk kita simak bersama artikel ini sampai akhir!


1. Apa Itu DQLab?

Data Scientist

DQLab adalah platform pembelajaran data science online berbahasa Indonesia. Salah satu fitur menarik yang dimiliki DQLab adalah live code editor  berbasis browser sehingga kita bisa mempelajari dan mempraktikkan data science tanpa menginstal perangkat lunak apa pun di komputer. DQLab didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara dan PHI-Integration dengan tujuan untuk menghasilkan talenta data untuk mencapai data driven Indonesia di era industri 4.0. DQLab telah bekerja sama dengan berbagai industri dan praktisi data untuk menciptakan dan menyusun materi pembelajaran praktis menggunakan R dan Python sebagai bahasa pemrograman utama.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Free Modul Introduction to Data Science with R

Modul 'Introduction to Data Science with R' ini membahas dasar bahasa pemrograman R yang akan dikerjakan dengan menggunakan DQLab Live Code Editor. Modul ini disusun untuk beginner yang baru mengenal dasar-dasar data science dan bahasa pemrograman R. modul praktis ini sangat cocok digunakan sebagai langkah awal menjadi data scientist. Modul yang dimentori Xeratic ini akan membahas data science dan R secara singkat, kegunaan R dan perusahaan dunia yang menggunakannya, variabel dalam R, dan perhitungan sederhana menggunakan R. Bagi seorang beginner, modul ini akan sangat berguna karena akan menjelaskan elemen-elemen bahasa pemrograman R secara detail dan menyeluruh.


Data Scientist


3. Free Modul Introduction to Data Science with Python

Data Scientist

Sama seperti modul sebelumnya, modul 'Introduction to Data Science with Python’ ini membahas dasar bahasa pemrograman Python yang akan dikerjakan dengan menggunakan DQLab Live Code Editor. Dalam modul ini, kita akan diperkenalkan bahasa pemrograman Python sebagai salah satu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas dalam ranah data science. Modul dengan mentor Xeratic ini berisi penjelasan dan sejarah singkat Python, quiz, library python untuk data science, struktur dan variabel python, dan masih banyak materi lainnya. Sebagai bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh data scientist di seluruh dunia, python adalah tools yang harus dikuasai oleh seorang data scientist beginner agar dapat terjun ke berbagai dunia industri. 


4. Bangun Portfolio 

Portfolio adalah senjata ampuh yang bisa kita gunakan untuk bersaing saat proses rekrutmen. Portfolio akan ‘mengkomunikasikan’ project-project yang pernah kita kerjakan sehingga recruiter mengetahui sampai sejauh mana pemahaman kita sebagai data scientist dibandingkan kandidat lainnya. Dengan mengerjakan modul dan project dari DQLab, kita bisa mulai membangun portfolio yang akan digunakan oleh recruiter untuk menilai kemampuan data science kita berdasarkan project yang telah kita selesaikan. Strong portfolio akan menjadi added value kita untuk berkarir di dunia data. Tidak hanya portfolio di bidang data science, kita juga bisa membangun portfolio di bidang data analysis, loh!

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Penasaran dengan modul-modul di atas? Ingin tahu ruang lingkup data science dan apa dampaknya bagi berbagai lini industri? Yuk akses modul-modulnya di platform DQLab! Platform belajar online ini berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login