3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 20 Menit 29 Detik

Pelatihan Transformasi Data dengan Excel Power Query

Belajar Data Science di Rumah 29-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-08-2024-01-29-155123_x_Thumbnail800.jpg

Excel Power Query merupakan fitur canggih yang telah mengubah cara data analyst memanipulasi dan mentransformasi data di dalam aplikasi Excel. Dengan kelebihan yang dimiliki, fitur ini memungkinkan kalian untuk mengimpor, membersihkan, dan mengubah format data dari berbagai sumber dengan cepat dan efisien. Meski demikian, beberapa versi Excel yang lama mungkin akan sedikit kesulitan mengimplementasikannya karena terbatas.


Dalam pelatihan Excel Power Query ini, kalian akan belajar dengan lebih mendalam tentang fitur-fitur yang tersedia, dan bagaimana menggunakannya secara optimal untuk mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk analisis lebih lanjut. Dengan menguasai fitur tersebut, kalian akan lebih mahir dalam pemrosesan dan transformasi data menggunakan Excel. Yuk, simak caranya!


1. Power Query dan Kegunaannya

Excel

Power Query adalah sebuah add-in yang memperluas kemampuan pengolahan data kalian di dalam Excel. Add-in Power Query membantu kalian untuk mengambil, mengubah, dan menggabungkan data dari berbagai sumber secara langsung di dalam worksheet Excel.


Fitur ini akan melakukan beberapa proses seperti mengakses, mengimpor, dan mentransformasi data dari berbagai sumber seperti berkas Excel, basis data SQL, file teks, folder, situs web, sumber data online seperti OData, SharePoint, serta berbagai aplikasi bisnis seperti Salesforce, Dynamics 365, dan banyak lagi.


Power Query menyediakan interface yang intuitif yang disebut Query Editor. Di situ kalian dapat melihat dan mengedit langkah-langkah transformasi data yang diterapkan. Kalian juga dapat melakukan berbagai operasi transformasi data seperti menghapus kolom yang tidak diperlukan, menggabungkan dan memisahkan kolom, mengubah tipe data, menerapkan filter, penggantian nilai, penggabungan tabel, penghitungan, dan banyak lagi. Tidak hanya itu, kalian juga dapat menambahkan langkah-langkah transformasi tambahan atau menyusun ulang langkah-langkah yang ada.


Berikut ini penjelasan lebih detail tentang Power Query dan manfaatnya:

  • Power Query membantu kalian untuk menggabungkan data dari berbagai sumber yang berbeda. Kalian dapat mengimpor data dari berkas Excel, database, sumber data online seperti situs web atau API, file teks, dan sumber data lainnya

  • Power Query dapat digunakan untuk membersihkan dan mentransformasi data untuk analisis lebih lanjut atau laporan. Kalian dapat menghapus baris atau kolom yang tidak diperlukan, mengubah format tanggal dan waktu, mengubah tipe data, menggabungkan kolom, memisahkan nilai teks, melakukan penghitungan, dan menerapkan aturan penggantian atau filter pada data.

  • Kalian juga dapat mengatur pembaruan data secara otomatis. Data yang diimpor atau diolah dalam query fitur ini, dapat diperbarui saat file Excel dibuka atau pada waktu yang diinginkan.

  • Power Query memungkinkan pengolahan data yang luas dan kompleks. Kalian dapat mengimpor dan mengolah jutaan baris data dengan efisiensi yang tinggi.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Keunggulan Power Query

Excel

Sebagai fitur tingkat lanjut yang mampu mengolah jutaan baris data, berikut kelebihan yang dimilikinya.

  • Integrasi dengan berbagai sumber data: Power Query memungkinkan kalian untuk mengimpor data dari berbagai sumber. Termasuk berkas Excel, basis data, file teks, sumber data online, dan aplikasi bisnis lainnya. Sehingga kalian dapat menggabungkan data dari sumber yang berbeda secara efisien.

  • Transformasi data yang kuat: Power Query membantu kalian membersihkan, mengubah format, dan melakukan transformasi pada data. Kalian dapat melakukan berbagai operasi transformasi seperti penghapusan kolom atau baris yang tidak diperlukan, penggabungan kolom, pemisahan nilai teks, perhitungan kolom baru, penggantian nilai, dan banyak lagi. Sehingga kalian dapat mempersiapkan data secara efisien sebelum digunakan untuk analisis atau pelaporan.

  • Kompatibilitas dengan berbagai aplikasi: Power Query tidak hanya terbatas pada Excel. Kalian juga dapat menggunakan Power Query dalam aplikasi Power BI, Power Automate, dan SQL Server Integration Services (SSIS). Sehingga kalian lebih mudah untuk mengintegrasikan alur kerja dan proses data di berbagai aplikasi Microsoft.


3. Kelemahan Power Query

Excel

Meski demikian, fitur ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Di antaranya yaitu:

  • Keterbatasan fungsi: Meskipun Power Query menyediakan banyak fungsi transformasi data yang kuat, beberapa fungsi kompleks mungkin tidak tersedia secara langsung di Power Query. Sehingga, kalian mungkin perlu menggunakan bahasa pemrograman M (Power Query Formula Language) untuk membuat transformasi yang lebih kompleks.

  • Kinerja yang lambat pada data yang sangat besar: Saat mengolah data yang sangat besar, Power Query dapat menjadi kurang responsif dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan transformasi data.

  • Keterbatasan fitur di Excel versi lama: Beberapa fitur dan kemampuan Power Query mungkin tidak tersedia atau terbatas pada versi Excel yang lebih lama. Jadi, jika kalian menggunakan versi tersebut, kalian mungkin mengalami keterbatasan dalam penggunaan Power Query.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Latihan Penggunaan Power Query

Excel

Berikut adalah tutorial mudah menggunakan Power Query di Excel.


Langkah 1: Mengimpor Data dengan Power Query

  • Buka Microsoft Excel dan buka lembar kerja baru.

  • Pada tab "Data" di menu utama, pilih "From Table/Range" jika data kalian berada di dalam tabel Excel, atau "From File" jika kalian ingin mengimpor data dari berkas eksternal seperti CSV atau Excel.

  • Akan muncul jendela "Power Query Editor"

Langkah 2: Membersihkan dan Mentransformasi Data

  • Di Power Query Editor, gunakan berbagai tools transformasi yang tersedia untuk membersihkan dan mentransformasi data. Misalnya, kalian dapat menghapus kolom yang tidak diperlukan, mengubah tipe data, menggabungkan kolom, atau menghapus baris yang tidak relevan.

  • Untuk menggunakannya klik kanan pada header kolom atau gunakan opsi yang tersedia di bagian "Transform" di ribbon menu. Kalian juga dapat menambahkan langkah-langkah transformasi baru dengan mengklik tombol "Add Column" atau "Custom Column".

Langkah 3: Menyusun Langkah Transformasi

  • Di Query Editor, kalian dapat melihat langkah-langkah transformasi yang diterapkan pada data di bagian "Applied Steps" di sebelah kanan jendela

  • Jika kalian perlu mengubah urutan transformasi, cukup klik dan seret langkah transformasi ke posisi yang diinginkan.

  • Kalian juga dapat menghapus langkah transformasi yang tidak perlu dengan mengklik kanan langkah dan memilih "Remove".

Langkah 4: Menerapkan Data ke Lembar Kerja Excel

  • Setelah selesai melakukan transformasi, klik "Close & Load" di pojok kanan atas Power Query Editor.

  • Data yang telah diolah akan diimpor kembali ke lembar kerja Excel di lokasi yang telah ditentukan.

  • Kalain dapat memformat, menganalisis, atau memvisualisasikan data tersebut seperti biasa di Excel.


Masih ada beragam hal lagi yang bisa kalian lakukan di Excel untuk proses analisis data. Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut? 

Excel


Kalian bisa mulai belajar di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :