TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 3 Jam 18 Menit 24 Detik

Pemahaman Hingga Contoh SQL Join Table

Belajar Data Science di Rumah 08-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2c35120373ebb07a91d8409798a60ea6_x_Thumbnail800.jpeg

Bahasa pemrograman merupakan salah satu keahlian yang perlu dimiliki oleh data scientist maupun praktisi data lainnya. Salah satu bahasa pemrograman yang perlu dikuasai adalah Structured Query Language atau biasa disebut dengan SQL. SQL ini merupakan bahasa query yang biasa digunakan untuk mengakses sistem basis data relasional. Dalam SQL terdapat berbagai fitur yang bisa digunakan antara lain SQL join table.. Kira-kira apa itu SQL join table dan bisa digunakan untuk apa? 


Bahasa SQL merupakan bahasa pemrograman yang sudah sering digunakan oleh para developer dan menjadi favorit para praktisi data. Bahasa SQL muncul pada tahun 1970 yang awalnya bernama SEQUEL. Lalu pada tahun 1986, IBM menggunakan SEQUEL untuk berbagai proyek database dan kemudian SEQUEL diubah menjadi SQL agar mudah dieja. Namun semakin tahun SQL tetap semakin populer dan sering digunakan banyak orang. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait SQL, yuk simak artikel berikut ini!


 1. Pengertian SQL

SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa pemrograman yang berguna untuk mengakses, mengubah, memanipulasi data yang berbasis relasional. Bahasa SQL ini secara umum memiliki 5 perintah dasar yang biasa digunakan dalam database adalah DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), DQL (Data Query Language), DCL (Data Control Language), dan TCL (Transactional Control Language). SQL bisa juga digunakan untuk menghapus data dalam database.


SQL



Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Join SQL

Dalam SQL terdapat berbagai fungsi SQL, salah satunya adalah fungsi join. Fungsi join ini berfungsi untuk menggabungkan tabel yang saling berhubungan melalui kolom-kolom. Fungsi join ini adalah fungsi yang dibutuhkan oleh para praktisi data. Mungkin jika data yang akan digabungkan sedikit kita bisa menggabungkannya dengan cara manual. Namun jika data yang akan digabungkan mencapai ratusan, ribuan atau bahkan lebih maka fungsi ini akan sangat diperlukan agar lebih efisien.


SQL


3. Jenis Fungsi Join

Dalam penggunaannya, fungsi join memiliki berbagai jenis yang bisa digunakan sesuai keperluan. Beberapa jenis join table SQL yaitu 1) inner join, berfungsi untuk mengambil semua baris dari beberapa tabel yang ingin digabungkan dengan syarat tabel-tabel tersebut memiliki key kolom yang sama, 2) left join, menampilkan semua data yang ada pada tabel sebelah kiri, 3) right join, menampilkan semua data yang ada pada tabel sebelah kanan. 4) full join, menampilkan keseluruhan baris dari kedua tabel


4. Contoh Penggunaan

Setelah mengetahui pengertian dari SQL join dan beberapa jenis yang bisa digunakan, alangkah baiknya kita mengerti contoh penggunaan fungsi join SQL agar lebih mudah dimengerti. Sebagai contoh mudah kita akan menggunakan contoh penggunaan jenis inner join dengan sintaks umum seperti berikut


SQL

adapun contoh penggunaannya dalam suatu kasus adalah sebagai berikut

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Penggabungan data dalam beberapa tabel yang saling berhubungan seringkali dbutuhkan dalam berbagai permasalahan. Hal tersebut dapat diatasi dengan mudah dan cepat dengan menggunakan fungsi-fungsi yang ada di dalam bahasa SQL. Kamu bisa coba belajar SQL dari dasar di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami. 


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :