SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 59 Menit 30 Detik

Pemanfaatan Google BigQuery dalam Ilmu Data Science

Belajar Data Science di Rumah 31-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-05-3-2023-08-01-232038_x_Thumbnail800.jpg

Ilmu Data Science merupakan ilmu yang sifatnya teknikal, sehingga untuk bisa menjadi praktisi data dibutuhkan skill yang mumpuni, termasuk dalam hal penguasaan tools yang mungkin akan sering digunakan. Penggunaan tools ini bertujuan agar pekerjaan praktisi data menjadi lebih mudah dan lebih efektif dibandingkan harus melakukan perhitungan manual. Hal ini juga mengingat bahwa data yang diolah berjumlah sangat banyak.


SQL adalah salah bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh praktisi data untuk mengakses data yang ada di dalam database. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk memproses bahasa SQL ini. Salah satunya adalah Google BigQuery yang merupakan salah satu platform data warehouse yang berbasis cloud. Seperti namanya, ini merupakan salah satu produk Google. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai pemanfaatan Google BigQuery dalam Ilmu Data Science. Yuk, simak pembahasannya!


1. Skalabilitas dan Kinerja yang Luar Biasa

Data Science

Salah satu fitur utama Google BigQuery adalah skalabilitas dan kinerjanya yang luar biasa. Dibangun di atas infrastruktur Google yang canggih, BigQuery dapat mengolah data dalam skala yang sangat besar dengan cepat. Hal ini memungkinkan para praktisi data, khususnya Data Scientist untuk menjalankan query yang kompleks pada dataset yang besar tanpa mengalami penurunan kinerja. Dengan kinerja yang cepat, analisis data dan pemodelan machine learning menjadi lebih efisien dan dapat diselesaikan dengan lebih cepat.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Integrasi Mudah dengan Data dan Tools Lainnya

Data Science

Selain bisa mengolah data dalam skala besar dengan cepat, Google BigQuery sangat mudah untuk terintegrasi dengan berbagai sumber data dan tools lainnya. Platform ini dapat mengimpor dan mengekspor data dari dan ke Google Cloud Storage, Google Sheets, Google Drive, dan banyak lagi. Tidak hanya itu, Google BigQuery juga bisa terintegrasi dengan berbagai bahasa pemrograman seperti Python, R, dan SQL, sehingga memungkinkan para praktisi data untuk menggunakan tools dan bahasa favorit mereka dalam analisis data.


3. Analisis Data Real-time

Data Science

Google BigQuery mendukung penuh analisis data yang dilakukan secara real-time. Dengan integrasi Google BigQuery dengan tools analisis data real-time seperti Apache Kafka atau Google Pub/Sub, para praktisi data dapat menganalisis data streaming secara langsung dan mendapatkan insight yang real-time juga. Sehingga hal ini sangat bermanfaat dalam konteks analisis data yang membutuhkan respons cepat seperti analisis layanan pelanggan dan deteksi anomali.


4. Kolaborasi dan Akses yang Mudah

Data Science

Google BigQuery menyediakan fitur kolaborasi yang kuat. Para praktisi data dapat berkolaborasi dengan rekan tim dalam mengakses dan menganalisis data dengan berbagi akses yang aman dan terkelola dengan baik. Fitur ini sangat penting dalam proses kerjasama tim untuk menyelesaikan project Data Science yang kompleks. Selain itu, Google BigQuery juga menyediakan sistem pengelolaan akses yang canggih yang memungkinkan pengaturan role dan izin akses secara fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Google BigQuery menjadi senjata ampuh bagi para Data Scientist dalam menggali kekayaan data dan menganalisisnya dengan cepat dan efisien. Dengan skalabilitas dan kinerja yang luar biasa, BigQuery memungkinkan analisis data yang kompleks pada dataset besar tanpa mengalami penurunan kinerja. Kamu juga bisa mulai mempelajari analisis data dengan menggunakan Google BigQuery dengan mengikuti Bootcamp Data Analyst with SQL & Python yang diselenggarakan oleh DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login