FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 1 Menit 49 Detik 

Pemula Wajib Tahu, Apa Itu Teknik Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 11-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8b3f9fdb4b4078cc29fbdab4f1724ea6_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data merupakan metode untuk memproses data menjadi sebuah informasi yang lebih mudah dipahami. Bagi seseorang yang sudah lama berkarir di bidang data, pekerjaan ini adalah pekerjaan mereka setiap harinya. Dari data yang ada mereka akan dengan mudah menentukan teknik analisis apa yang akan digunakan. Seperti melakukan uji korelasi antar variabel, melakukan analisis regresi, dan lain sebagainya. Setelah selesai dengan proses analisa, mereka akan memvisualisasikan data menjadi data yang lebih mudah di pahami.


Teknik analisis data bukanlah teori yang sulit untuk dipelajari. Meskipun teknik analisis data ada bermacam-macam jenis dan metodenya, kalian hanya akan menggunakan satu atau dua jenis dari teknik ini. Nah, untuk memilih jenis atau metode yang akan kalian gunakan, tentunya kalian perlu memahami dasar dari analisis data itu sendiri. Bagi kalian yang baru mulai belajar analisis data dan masih bingung apa itu analisis data, kalian tidak perlu khawatir karena di bawah ini kita akan membahas seputar apa itu analisis data.


Yuk, simak artikel dibawah ini!


1. Definisi Analisis Data

teknik analisis data

Sebelum membahas lebih dalam mengenai teknik analisis data, kalian sudah tahu belum sih definisi dari analisis data? Analisis data merupakan sebuah proses mengolah data mentah menjadi sebuah informasi baru. Proses pengolahan ini dilakukan agar data yang sudah ada menjadi data yang lebih mudah dimengerti dan dapat memberikan solusi bagi suatu permasalahan, baik itu permasalahan penelitian atau permasalahan bisnis pada perusahaan. 


Sedangkan definisi dari teknik analisis data merupakan kegiatan menganalisa suatu penelitian atau permasalahan yang sedang dikerjakan dengan cara memeriksa keseluruhan datanya. Proses analisis data dapat dilakukan dengan cara melihat catatan dokumen pendukung, melihat hasil uji test, mendengarkan atau melihat hasil wawancara dengan responden dan lain sebagainya. Tujuan dari proses ini adalah untuk mendapatkan data yang mudah dipahami dan dapat ditarik sebuah kesimpulan.


Baca juga: Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif yang Perlu Pemula Tahu


2. Jenis Teknik Analisis Data

teknik analisis data

Setelah memahami definisi dari teknik analisis data, sekarang kita akan membahas mengenai jenis-jenisnya. Pada dasarnya teknik analisis data dibagi menjadi dua jenis tergantung pada jenis data yang digunakan. Yang pertama adalah teknik analisis data kuantitatif dan yang kedua adalah teknik analisis data kualitatif. 


  1. Teknik analisis data kuantitatif

    Data kuantitatif merupakan data numerik yang datanya dapat dihitung secara akurat. Salah satu contohnya adalah hasil survey pengunjung toko roti. Pada dasarnya teknik ini akan menggunakan model statistik untuk mengolahnya. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan teknik analisis deskriptif untuk menggambarkan kondisi di lapangan. Atau kalian juga dapat menggunakan teknik analisis inferensial. Pemilihan teknik ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan analisa kalian ya.

  1. Teknik analisis data kualitatif

    Data kualitatif merupakan data yang bersifat non numerik. Jika kalian sedang melakukan penelitian yang menggunakan data-data kualitatif, kalian dapat menggunakan beberapa teknik analisa seperti teknik analisis konten, teknik analisis naratif, dan teknik analisis wacana.


3. Teknik Pengolahan Data

teknik analisis data

Terdapat beberapa tahapan pada proses pengolahan data. Yang pertama kalian akan melakukan pengumpulan data. Pada tahap ini kalian akan mengumpulkan data-data apa saja yang kalian butuhkan. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, dan observasi. Setelah data-data yang kalian butuhkan terkumpul, langkah selanjutnya adalah melakukan penyuntingan atau editing.


Pada tahap ini kalian dapat memeriksa kembali kelengkapan data dan pengisian data yang telah dilakukan oleh responden kalian. Jika dirasa masih ada yang kurang kalian dapat bertanya kembali hingga dirasa data sudah lengkap.


Langkah selanjutnya adalah kalian akan mulai melakukan proses pengkodean atau coding. Pada tahap ini kalian akan melakukan proses klasifikasi dan identifikasi variabel-variabel penelitian kalian. Jika proses pengkodingan sudah selesai, tahap selanjutnya kalian membuat tabulasi. Pada tahap ini kalian akan menyusun data kedalam bentuk tabel sehingga data-data yang kalian dapatkan lebih rapi dan mudah dipahami.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Cara Menganalisis Data

teknik analisis data

Jika kalian sudah selesai melakukan tahapan pengolahan data. Berikutnya kalian akan mulai melakukan analisis dan menafsirkan data menjadi sebuah informasi yang mudah dipahami. Untuk memilih teknik analisisnya kalian dapat menggunakan teknik analisis kuantitatif atau kualitatif tergantung jenis penelitian kalian. Metode penelitian pun juga harus kalian sesuaikan dengan data yang kalian punya. Proses analisa ini sangat penting karena tanpa adanya tahap ini kalian akan sulit menemukan jawaban dari permasalahan yang sedang kalian teliti. 


Untuk mendapatkan gambaran dari hasil analisis data itu seperti apa, kalian dapat membaca beberapa literatur seperti jurnal-jurnal penelitian yang ada di perpustakaan, google atau web-web lainnya. Dengan begitu kalian akan lebih paham mengenai teori analisis data. 


Namun bagi kalian yang masih penasaran dan ingin memperdalam skill mengenai analisis data, kalian dapat menambah ilmu dan skill kalian dengan belajar bersama di DQLab. Dengan belajar di DQLab tidak hanya ilmu yang didapat, tapi kalian juga dapat menambah sertifikat yang dapat kalian gunakan untuk menambah portofolio kalian. Banyak banget kan manfaat yang akan kalian dapatkan. Yuk, segera daftarkan dirimu di DQLab.id!


Penulis : Winda Sarah Audina  

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :