TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 26 Menit 33 Detik 

Penerapan Algoritma Artificial Intelligence Pada Game Online

Belajar Data Science di Rumah 21-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/927ba0375639945ffdb7a4c98bcde39b_x_Thumbnail800.jpg

Aplikasi permainan yang ada dalam komputer merupakan aplikasi yang dikenal oleh banyak orang dari yang muda sampai yang tua. Aplikasi ini cukup mudah dan menyenangkan sehingga sering digunakan untuk menghilangkan kepenatan. Penggunaan aplikasi permainan sering kali dilakukan secara personal atau seorang diri saja karena tidak ada lawan yang dapat diajak bermain bersama. Beberapa aplikasi permainan harus dilakukan setidaknya oleh dua orang pemain terutama permainan two player board games, misalnya: permainan catur, tic tac toe, janggi, battleship dan lain sebagainya. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan biasanya digunakan sebagai teknik untuk menggerakan komputer sebagai lawan bermain dalam aplikasi permainan. Tujuan AI digunakan untuk mencari pola permainan, merancang strategi, mengkolaborasikan entity dalam komputer, dan belajar dari pengalaman sebelumnya untuk mengambil keputusan. Tidak jarang pula, ketika seorang pemain game turut memainkan game berupa penyelesaian misi pada setiap levelnya.


Misalnya penggunaan algoritma artificial intelligence pada permainan catur. Dalam permainan catur dapat dilihat bahwa kesuksesan dari permainan merupakan kemenangan dari satu pemain atau pemain lainya, dimana mencari hasil yang paling maksimal dari pemain dan meminimalisir hasil dari lawan. Catur merupakan salah satu jenis two player strategy board games yang masih sangat populer sampai saat ini. Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan. Algoritma minimax merupakan salah satu algoritma yang digunakan pada permainan dua player yang memiliki AI atau pada zero sum games, seperti catur. Pada algoritma minimax, pengecekan akan dilakukan untuk mencari seluruh kemungkinan yang ada bahkan dapat dilakukan sampai akhir permainan. Penasaran ga nih sahabat data mengenai penerapan algoritma artificial intelligence pada permainan di aplikasi game online? Pada artikel DQLab kali ini, kita akan mengupas tuntas penerapan algoritma artificial intelligence pada permainan di aplikasi game online. Hal ini tentunya bermanfaat guna mengetahui sekaligus mendapatkan insight akibat penggunaan algoritma artificial intelligence di aplikasi game online. Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!


1.Algoritma Minimax Pada Permainan Catur

Algoritma minimax merupakan salah satu algoritma yang digunakan pada permainan dua player yang memiliki AI atau pada zero sum games, seperti catur. Pada algoritma minimax, pengecekan akan dilakukan untuk mencari seluruh kemungkinan yang ada bahkan dapat dilakukan sampai akhir permainan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan tersebut. Tentunya dibutuhkan resource yang berskala besar untuk menangani komputasi pencarian pohon solusi tersebut berhubung kombinasi kemungkinan untuk sebuah permainan catur pada setiap geraknya sangat banyak sekali. Pada algoritma minimax komputer akan menganalisis seluruh pohon permainan. Dan untuk setiap langkahnya, komputer akan memilih langkah yang paling membuat lawan mendapatkan keuntungan minimum, dan keuntungan maksimum bagi komputer itu sendiri. 


Dalam penentuan keputusan tersebut dibutuhkan suatu nilai atau bobot yang dapat merepresentasikan kerugian atau keuntungan yang akan diperoleh pada setiap langkah, sehingga langka yang memiliki nilai terbesar (keuntungan terbesar dan kerugian terkecil) akan dipilih. Berdasarkan penelitian dari Setiadi bahwa Aplikasi permainan catur sederhana yang dibuat dengan bahasa pemrograman java, dibuat dengan tujuan menerapkan dan menguji algoritma minimax dengan struktur data tree pada aplikasi permainan catur sederhana. Dalam aplikasi ini algoritma minimax digunakan untuk mengatur strategi permainan, Sehingga player yang menggunakan aplikasi ini seakan-akan dapat bermain dengan player lain.


Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan


2.Algoritma Dijkstra Pada Game Pacman

Pacman adalah salah satu game berbentuk labirin dimana game ini telah menggunakan artificial intelligence atau kecerdasan buatan, kecerdasan buatan tersebut tersusun dari beberapa algoritma yang disisipkan dalam program. Game pacman ini dibuat untuk memberikan tujuan kepada player untuk mengambil semua titik dan menghindari ghost yang mengejar pemain, ghost pada game pacman dapat mengejar player dengan menggunakan penerapan algoritma, salah satu algoritma yang dipakai adalah dijkstra. Algoritma dijkstra adalah salah satu algoritma yang sering digunakan untuk memecahkan masalah search problem, Algoritma dijkstra menggunakan prinsip yang hampir sama dengan algoritma greedy dimana dimulai dari titik pertama dan akan ketitik selanjutnya yang terhubung untuk sampai ke tujuan, cara membandingkan angka dimulai dari titik awal lalu melihat node selanjutnya jika terhubung maka akan mencocokan 1 jalur dengan jalur lainnya mana yang bernilai lebih kecil dan jika node tidak terhubung langsung dari titik start(yang dimulai), maka titik akan diberi simbol infinity ∞ dan jika jalur yang dilalui lebih pendek maka dijkstra dapat melakukan perubahan angka atau update angka untuk mendapatkan nilai jarak yang minimum. 


Kelebihan algoritma dijkstra dari pada lainnya adalah sering digunakan untuk menyelesaikan permasalahan rute terpendek. Permasalahan rute terpendek dalam game pacman tentunya digunakan untuk memecahkan masalah jalur yaitu dengan membuat ghost dapat menentukan rute dengan jalur terpendek yang memungkinkan untuk dilewati ghost untuk mengejar player dengan jarak yang efektif dengan begitu terciptalah solusi terbaik kepada masalah jalur yang diberikan sehingga membuat ghost dapat menangkap player. Player dituntut menghindari ghost beserta melalui map labirin yang berkelok kelok sembari mengambil semua titik


Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python


3.Algoritma A* Star Pada Game Petualangan Labirin

Game tentu memerlukan sebuah AI (Artificial Intelligence), dan AI yang digunakan dalam pembangunan Game petualangan labirin ini adalah algoritma A* (A Star) dengan euclidean distance. Algoritma ini merupakan algoritma pencarian untuk menemukan rute terpendek dengan cost paling minimum, algoritma A* mencari rute terpendek dengan menjumlahkan jarak sebenarnya dengan jarak perkiraan sehingga membuatnya optimum dan complete. Petualangan labirin merupakan Game yang menceritakan mengenai petualangan kelinci melewati sebuah labirin untuk mencari makanannya. Genre dari Game ini adalah adventure dan puzzle, dibangun dengan bahasa pemrograman java dengan tools Android Studio, AI yang digunakan adalah algoritma A* dengan euclidean distance yang digunakan pada bantuan untuk melakukan pencarian jalur guna menemukan makanan kelinci. Hasil uji dari Game Petualangan labirin ini adalah jika pemain dalam kesusahan menemukan jalur menuju makanan kelinci, maka pemain dapat menggunakan tombol bantuan yang akan dicarikan jalur terpendek oleh algoritma A* (A Star) dengan euclidean distance untuk menuju lokasi tempat makanan kelinci berada.


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       

Nikamati belajar data science secara praktis dan aplikatif bersama DQLab! Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Reyvan Maulid

    Editor : Annissa Widya Davita

    Postingan Terkait

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!