GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 34 Menit 54 Detik 

Penerapan Bahasa Pemrograman Python dalam Aplikasi

Belajar Data Science di Rumah 12-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4a57c08c5a3c518c5cd61f8b9eb6bdcd_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan dan cukup populer pada masa kini. Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat mengeksekusi beberapa penggunaan secara langsung. Terdapat banyak kegunaan python, salah satunya adalah membuat aplikasi dengan Python. Salah satu alasan bahasa Python digunakan dalam pembuatan aplikasi dikarenakan bahasanya yang cukup mudah dipahami dan mudah dipelajari.


Pada masa kini dengan adanya aplikasi memudahkan kita dalam kegiatan keseharian. Baik itu dalam bidang pendidikan, hiburan, bisnis, kuliner, belanja, dan lain-lain. Tentunya hal tersebut tidak lepas dari bahasa pemrograman. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang digunakan dibalik pembuatan aplikasi mulai dari yang sederhana hingga rumit. Pada artikel kali ini kita akan mengenali penerapan bahasa pemrograman Python dalam pembuatan aplikasi.


1. Dropbox


Dropbox merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mensinkronkan beberapa perangkat. Adapun data-data yang disimpan biasanya berupa gambar, video, audio, dokumen program dan juga aplikasi. Hal ini tentunya memudahkan antar pekerja dalam suatu instansi atau perusahaan. bahasa pemrograman Python merupakan salah satu bahasa yang berperan penting dalam pembuatan Dropbox. Bahasa Python dipilih dalam pembuatan Dropbox dikarenakan sederhana dan fleksibel.


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. Facebook


Facebook merupakan salah satu media sosial yang bisa menghubungkan kita dengan kerabat atau teman-teman dari jauh. Dengan adanya facebook dapat memungkinkan kita berinteraksi dengan pengguna facebook lainnya. Facebook diluncurkan pada bulan Februari tahun 2004 yang berkantor pusat di California, Amerika Serikat. Terdapat beberapa bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan Facebook seperti PHP, C, C++, Erlang dan lain-lain, namun yang paling mendominasi adalah bahasa pemrograman Python.




3. Spotify


Siapa dari kalian yang suka mendengarkan musik dan podcast? Jika kalian hobi mendengarkannya, umumnya mengenali aplikasi Spotify bukan? Spotify merupakan layanan streaming musik, podcast yang menyediakan sangat banyak lagu dengan kategori apapun dan konten-konten dari dalam negeri maupun luar negeri. Aplikasi ini dirilis pada bulan Oktober tahun 2008 dan dibuat dengan kurang lebih 80% menggunakan bahasa pemrograman Python yang bertugas dalam hal sistem back-end dan analitik.


4. Instagram


Instagram merupakan salah satu media sosial yang saat ini sangat banyak digunakan oleh orang dalam berbagai kalangan usia. Bahkan bayi yang baru lahir saat ini memiliki akun instagram yang dikelola oleh orang tuanya. Hal ini dikarenakan instagram merupakan aplikasi yang digunakan untuk berbagi foto dan video yang dapat dilihat oleh banyak orang. Instagram merupakan aplikasi pengembangan dari Facebook. Dalam instagram juga tersedia beberapa fitur untuk mempercantik gambar serta fitur untuk mengirim pesan atau direct message. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Python yang berdampingan dengan bahasa pemrograman React Native.



Baca juga : Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


5. Yuk, Pelajari Kompetensi Dasar Bahasa Python untuk Persiapan Membuat Aplikasi!


Untuk mengetahui lebih lanjut terkait tata cara menggunakan bahasa pemrograman Python dalam pembuatan aplikasi kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module Introduction to Data Science with Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!