3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 51 Menit 18 Detik

Penerapan Data Science : Model Bisnis Razor Blade

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-05-2023-12-01-202525_x_Thumbnail800.jpg

Data science memiliki manfaat dalam menunjang keberlangsungan bisnis. Hal ini dilihat dari penerapan model bisnis pada masing-masing industri. Salah satu penerapannya yaitu razor-blade. Model bisnis razor-blade merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis model bisnis dimana perusahaan menghasilkan keuntungan utama dari penjualan produk dasar dengan harga rendah. Contoh aplikasinya terletak pada produk cukur pisau, printer dan tinta, konsol game, permainan dan sejenisnya. 


Perusahaan yang menerapkan model bisnis razor-blade seringkali harus berfokus pada dua aspek utama: mengembangkan produk dasar yang menarik pelanggan dan menciptakan keterikatan pelanggan yang kuat dengan produk tambahan atau aksesori. Dengan strategi yang tepat, perusahaan dapat menciptakan aliran pendapatan yang berkelanjutan dari pelanggan yang kembali membeli produk tambahan secara berkala.


Ketika menerapkan model bisnis razor-blade, perusahaan juga sering menggunakan data pelanggan dan analisis untuk memahami perilaku pelanggan, mengidentifikasi peluang penjualan tambahan, dan meningkatkan retensi pelanggan. Itulah mengapa penerapan data science dalam model bisnis razor-blade diperlukan karena sebagai kunci untuk memaksimalkan potensi model bisnis yang telah ada saat ini.


Apa saja manfaatnya? Yuk kita bahas keterkaitan lebih jauh tentang model bisnis ini dengan data science, sahabat DQLab!


1. Analisis Kepuasan Pelanggan

Penerapan data science dalam bisnis razor-blade dapat dimulai dengan analisis kepuasan pelanggan. Dengan memanfaatkan data dari survei, umpan balik pelanggan, dan data penjualan, perusahaan dapat memahami apa yang membuat pelanggan senang atau tidak senang dengan produk mereka.


Data science memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi tren dan pola yang mungkin sulit ditemukan dengan cara manual. Informasi ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan desain produk dan meningkatkan kualitasnya.

Data Science

Sumber Gambar: Corporate Finance Institute


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Pengelolaan Persediaan

Manajemen persediaan yang efisien adalah kunci keberhasilan dalam bisnis razor-blade. Dengan data science, perusahaan dapat mengembangkan model prediksi untuk mengantisipasi permintaan pelanggan. Ini dapat membantu perusahaan dalam merencanakan persediaan dengan lebih baik, mengurangi risiko kekurangan atau kelebihan persediaan, dan meminimalkan biaya penyimpanan. Model ini juga dapat membantu dalam perencanaan produksi yang lebih efisien.


3. Segmentasi Pelanggan

Data science memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami pelanggan mereka dan mengidentifikasi segmen pasar yang berbeda. Dengan menganalisis data pelanggan, perusahaan dapat membuat strategi pemasaran yang lebih efektif.


Ini termasuk menargetkan iklan kepada kelompok tertentu yang paling mungkin membeli produk mereka, menyesuaikan produk untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar tertentu, dan meningkatkan retensi pelanggan dengan menawarkan penawaran yang sesuai.


4. Pengembangan Produk

Pengembangan produk yang didasarkan pada data dapat memberikan keunggulan kompetitif. Perusahaan dapat menggunakan data untuk memahami tren pasar dan preferensi pelanggan. Selain itu, data science dapat digunakan untuk mengidentifikasi kelemahan dalam produk yang ada dan mengembangkan solusi inovatif. Contoh penerapan ini adalah merancang pisau cukur dengan teknologi baru, desain yang lebih ergonomis, atau bahan yang lebih tahan lama.

Data Science

Sumber Gambar: CMD Ltd


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


5. Prediksi Penjualan

Data science memungkinkan perusahaan untuk membuat model prediksi penjualan yang akurat. Dengan data historis, tren, musim, dan faktor-faktor lainnya, perusahaan dapat memproyeksikan penjualan masa depan. Ini membantu dalam perencanaan anggaran, produksi, dan promosi. Dengan prediksi yang lebih akurat, perusahaan dapat menghindari kelebihan persediaan atau kekurangan stok, sehingga menghemat biaya.


Tertarik menjadi bagian praktisi data profesional? Nah kalian perlu mempersiapkan diri nih! Mulai langsung belajar di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?


  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan siapkan diri untuk berkarir di industri impian kalian! 


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :